Fashion Spotlight: Adidas Menggugat Nike atas Pelanggaran Paten – Karl Lagerfeld Meluncurkan Tiga NFT Baru dengan Endless

Adidas Menggugat Nike atas Pelanggaran Paten – Karl Lagerfeld Meluncurkan Tiga NFT Baru dengan Endless (Foto: sports.yahoo.com)

Fashion spotlight kembali hadir dengan sejumlah berita menarik dari dunia mode. Mulai dari Adidas yang mengajukan gugatan terhadap Nike atas pelanggaran paten, hingga Karl Lagerfeld yang meluncurkan tiga NFT baru dengan Endless. Yuk, simak ulasan beritanya melalui fashion spotlight berikut ini!

1. Adidas Menggugat Nike atas Pelanggaran Paten

Adidas Menggugat Nike atas Pelanggaran Paten (Foto: hypebae.com)

Adidas dan Nike, dua merek sepatu terkemuka dunia, akan saling berhadapan di pengadilan. Menurut gugatan Adidas yang diajukan di pengadilan federal Texas Timur pada 10 Juni, Nike telah melanggar sembilan patennya, termasuk Nike’s Run Club, Training Club dan aplikasi seluler SNKRS dan sistem Adapt. Adidas telah mengklaim bahwa Adapt melanggar sneaker Adidas_1 2005, yang merupakan sepatu lari cerdas pertama di dunia yang merasakan dan menyesuaikan kenyamanan sepatu saat dipakai.

Di tempat lain, Adidas Confirmed dan Nike SNKRS memiliki fitur serupa. Adidas Confirmed memulai debutnya kembali pada Februari 2015, sementara SNKRS diluncurkan pada Mei 2015. “Adidas telah lama menjadi pemimpin dalam teknologi seluler, termasuk teknologi yang terkait dengan kebugaran seluler dan pembelian seluler,” bunyi gugatan itu.

“Adidas adalah yang pertama di industri ini yang secara komprehensif menghadirkan analitik data kepada para atlet.” Adidas menuntut untuk diberi imbalan dalam jumlah yang cukup untuk memberikan kompensasi atas pelanggaran Tergugat atas Patents-in-Suit, tetapi tidak kurang dari royalti yang wajar, bersama dengan bunga dan biaya.

2. Karl Lagerfeld Meluncurkan Tiga NFT Baru dengan Endless

Karl Lagerfeld Meluncurkan Tiga NFT Baru dengan Endless (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Karl Lagerfeld telah meluncurkan tiga NFT (non-fungible token) edisi terbatas baru, dalam kemitraan dengan seniman hipster street Endless. Rumah mode ini meluncurkan trio NFT terbaru dengan cat semprot langsung dan kinerja stensil di taman markas St Germain di rue Saint Guillaume, merayakan langkah terbaru merek di dunia digital. “Karl seperti yang saya suka membayangkannya, pintar, kreatif, dan bekerja tanpa henti,” ungkap Endless, setelah menyelesaikan gambar kaiser mode yang langsung dapat dikenali dengan kerah kaku yang khas, dasi hitam, nuansa, dan tatanan rambutnya.

Ketiga NFT menampilkan versi Karl berwarna pink dan beberapa koin baru, yang diproduksi terbatas oleh Monnaie de Paris. Semuanya akan tersedia untuk dibeli di pasar mode digital Web3, The Dematerialized. Semua anggota komunitas NFT Lagerfeld diberikan akses digital ke rekaman eksklusif di belakang layar. Beberapa NFT fisik disertai dengan token seni tertagih yang dikirim ke pemiliknya. Undangan acara juga dibagikan kepada anggota komunitas VIP, termasuk tujuh pemilik NFT Karl Lagerfeld X Endless pertama, yang terjual habis dalam hitungan detik setelah diluncurkan pada Desember 2021.

Seperti peluncuran koleksi NFT merek sebelumnya, pembeli NFT Karl Lagerfeld X Endless yang baru akan dapat berinteraksi dengan Karl digital di lingkungan augmented reality dan berbagi gambar dengan tagar #PoseWithKarl. Semua NFT Karl dihosting di The Dematerialized, yang beroperasi di blockchain Lukso dan dianggap ramah lingkungan karena merupakan jaringan Proof of Stake. Setiap pembelian NFT, pohon bakau ditanam di Madagaskar melalui proyek Re:Earth. Spesies pohon yang dipilih secara khusus karena mengimbangi jumlah CO2 tertinggi selama masa hidupnya.

3. Balenciaga Membuka Toko Baru di Saint-Tropez

Balenciaga Membuka Toko Baru di Saint-Tropez (Foto: ca.movies.yahoo.com)

Balenciaga telah menemukan rumah baru di Prancis, toko pertamanya di daerah Saint-Tropez dibuka bulan ini. Toko ini dikembangkan dengan interior sederhana yang terinspirasi oleh konsep “Raw Architecture” merek yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021. Toko baru ini dirancang dengan mempertimbangkan struktur yang ada di lokasi, meninggalkan permukaan beton yang sengaja dibuat mentah dan balok terbuka. Akibatnya, desain toko baru ini hanya membutuhkan sedikit atau tanpa bahan baku, hanya menambah kredensial keberlanjutannya.

Balenciaga Saint-Tropez berpadu mulus dengan lingkungan Prancisnya, dikembangkan dengan eksterior plesteran berwarna hangat dan awning putih. Jendela tertutup etalase disimpan dalam keadaan utuh dari bangunan sebelumnya, aman untuk beberapa tanda logo dan pintu masuk kaca. Toko baru ini juga menampilkan tirai besar yang terbuat dari t-shirt Balenciaga daur ulang, yang dibuat oleh seniman Pia Camil yang berbasis di Mexico City.

Tirai berwarna cerah bertujuan untuk menyandingkan interior industri toko, menciptakan perpaduan sempurna antara yang lama dan yang baru. Ruang dekonstruksi menawarkan pakaian siap pakai wanita dan pria, serta sepatu, tas, dan aksesori. Menambah estetika minimal merek, toko ini hadir dengan dinding beton, lantai, dan tirai beludru abu-abu yang sengaja dirusak. Melanjutkan tema repurposing, toko ini menampilkan berbagai tempat duduk bersahaja, dihiasi dengan kulit hitam usang.

4. Marks & Spencer Meluncurkan Tantangan Keberlanjutan Pertama untuk Start-Up

Marks & Spencer Meluncurkan Tantangan Keberlanjutan Pertama untuk Start-Up (Foto: ecotextile.com)

Marks & Spencer telah meluncurkan tantangan inovasi keberlanjutan perdananya untuk start-up dan scale-up. Pengecer Inggris mencari mitra yang berfokus pada teknologi untuk membantu membangun upaya keberlanjutannya dan mencapai tujuannya menjadi nol bersih pada tahun 2040. Marks & Spencer akan bekerja sama dengan perusahaan inovasi dan investasi True.

Kerja sama tersebut untuk menemukan ide dan teknologi yang mendorong perilaku yang lebih berkelanjutan di antara pelanggannya atau membantu pengecer mencapai efisiensi lebih lanjut dalam rantai pasokan pertaniannya. Perusahaan dapat mengajukan permohonan untuk satu atau dua dari kedua tugas, dengan solusi terbaik untuk masing-masing dipilih untuk bukti konsep dan uji coba di Marks & Spencer, dengan cakupan untuk peluncuran lebih lanjut.

“Memanggil semua start-up, kami sedang mencari inovasi atau teknologi terbaru Anda, yang akan membantu kami mengurangi dampak kami pada dunia masa depan. Sebagai imbalannya, kami dapat mengubah ide menjadi kenyataan dan menawarkan uji coba yang didukung oleh skala Marks & Spencer sebagai pengecer global, dengan dukungan dari tim inovasi Ignite kami yang berdedikasi di sepanjang jalan. Kami sangat senang mendengar semua ide Anda saat kami terus mendorong budaya inovasi di seluruh Marks & Spencer,” ungkap Stuart Ramage, kepala tim inovasi Marks & Spencer, Ignite.

5. Rixo Meluncurkan Koleksi Perhiasan yang Terinspirasi Vintage

Rixo Meluncurkan Koleksi Perhiasan yang Terinspirasi Vintage (Foto: fashionunited.nz)

Rixo telah meluncurkan koleksi kapsul perhiasan sembilan potong yang menampilkan cincin, gelang, kalung, dan anting-anting di situs webnya. Lini perhiasan vintage ini mengambil inspirasi dari harta karun yang bersumber dari pameran vintage di seluruh Eropa oleh salah satu pendiri merek Orlagh McCloskey dan Henrietta Rix, sambil mewujudkan estetika Rixo. Koleksi ini menampilkan pesona pirus berbentuk tetesan air mata dan permata kaca berwarna yang dihiasi pada potongan bergaya antik berlapis emas, serta liontin dan cakram beraksen dari ikat pinggang, kalung, dan gelang.

Kapsulnya juga telah dirancang agar serbaguna dan mencakup tautan yang dapat disesuaikan yang memungkinkan kalung diperpanjang dan ikat pinggang menjadi tinggi atau rendah. Mengomentari peluncuran perhiasan, McCloskey mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Merancang koleksi, kami ingin membuat kapsul yang bohemian dan halus, tetap setia pada akar Rixo kami. Kami jatuh cinta dengan gelang pesona antik yang kami temukan di Milan dan terinspirasi untuk merancang sendiri beberapa perhiasan yang indah.”

Rix menambahkan: “Kami senang dapat menawarkan gaya vintage #humansofrixo yang terinspirasi dan gratis untuk pakaian mereka. Orlagh dan saya sama-sama pecinta perhiasan berlapis dan dua burung murai di pameran antik, selalu mencari sabuk emas rantai cantik jadi senang akhirnya bisa menawarkan versi Rixo dari permata unik yang kami temukan. Kapsul perhiasan baru kami, kami rasa adalah aksesori yang sempurna untuk melengkapi pakaian Rixo apa pun.”

Demikianlah rangkaian berita dari fashion spotlight kali ini. Sampai jumpa di fashion spotlight berikutnya!