google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Barbie Bermitra dengan Balmain untuk Koleksi Baru – Nike Menggugat Lululemon Karena Pelanggaran Paten

Barbie Bermitra dengan Balmain untuk Koleksi Baru – Nike Menggugat Lululemon Karena Pelanggaran Paten (Foto: businesswire.com)

Fashion spotlight kembali hadir dengan sejumlah berita baru dan menarik dari dunia mode. Mulai dari Barbie yang bermitra dengan Balmain untuk meluncurkan koleksi pakaian siap pakai dan NFT, hingga Nike yang mengajukan gugatan kepada Lululemon dengan tuduhan pelanggaran paten. Yuk, simak ulasan beritanya melalui fashion spotlight berikut ini!

1. Barbie Bermitra dengan Balmain untuk Koleksi Baru

Barbie Bermitra dengan Balmain untuk Koleksi Baru (Foto: highsnobiety.com)

Mattel, Inc. telah mengumumkan peluncuran kemitraan antara Barbie dengan rumah mewah Prancis, Balmain. Kedua merek tersebut telah berkumpul untuk menghadirkan lini busana dan aksesori siap pakai, serta kreasi tiga token non-fungible (NFT) yang unik dari avatar Barbie dan Ken. Setiap karya seni digital hadir dengan potongan Barbie x Balmain eksklusif, yang menyatukan koleksi digital dan fisik. Koleksi NFT akan tersedia melalui Mattel Creations, melalui lelang online yang diselenggarakan oleh MintNFT. Peluncuran NFT ini adalah bagian dari ekspansi Barbie ke metaverse.

Mattel menandai tempatnya di ruang virtual melalui pengembangan platform e-commerce pada tahun 2020, untuk karya seni digital seputar Barbie. Sebagai bagian dari kemitraan, lini kolaboratif ready-to-wear mengambil pengaruh dari estetika Balmain selama dekade terakhir, yang didirikan oleh direktur kreatifnya Olivier Rousteing. Koleksi 50 plus menggabungkan ciri khas Barbie dan Balmain, menawarkan berbagai desain nostalgia 90-an dengan sentuhan “Barbie pink”. Koleksi ini akan tersedia di toko Balmain, situs e-commerce, Mattel Creations, dan pengecer mulai 13 Januari.

“Seperti yang terlihat dari gambar kampanye kami, Barbie dan Balmain memulai petualangan multikultural, inklusif, dan selalu penuh kegembiraan,” kata Rousteing, dalam sebuah pernyataan. “Untuk kolaborasi ini, kami membangun koleksi terbaru Gaya Prancis Baru Balmain, sekali lagi menunjukkan bahwa Balmain terinspirasi oleh keindahan yang benar-benar beragam dan menarik yang ditemukan di jalan raya dan jalan Paris hari ini. Koleksi ini juga menolak batasan gender yang sewenang-wenang, ini adalah koleksi unisex yang hampir 100 persen,” pungkasnya.

2. Nike Menggugat Lululemon Karena Pelanggaran Paten

Nike Menggugat Lululemon Karena Pelanggaran Paten (Foto: sports.yahoo.com)

Nike, Inc. telah mengajukan gugatan terhadap Lululemon Athletica Inc. terkait pelanggaran enam paten Nike, Inc. oleh produsen Lululemon untuk penjualan Mirror Home Gym dan aplikasi terkait. Menurut sebuah laporan oleh Reuters, kasus tersebut meliputi, antara lain, teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menargetkan tingkat pengerahan tenaga tertentu sambil bersaing dengan pengguna lain dan merekam kinerja mereka sendiri.

“Paten yang dipermasalahkan terlalu luas dan tidak valid. Kami yakin dengan posisi kami dan berharap untuk mempertahankannya di pengadilan,” ungkap Lululemon dalam sebuah pernyataan kepada Reuters. Dalam surat 10 Desember 2021 kepada Nike, seorang pengacara Lululemon mengatakan perusahaan yang berbasis di Vancouver, British Columbia itu “menghormati kekayaan intelektual” bahkan ketika menolak klaim Nike.

Gugatan tersebut diajukan ke Pengadilan Distrik AS di Manhattan. Nike dilaporkan menuntut ganti rugi tiga kali lipat atas dugaan pelanggaran yang disengaja, dan klaim lainnya. Lululemon Athletica Inc. telah membeli perusahaan Mirror dengan harga sekitar $453 juta, pada Juli 2020. Mirror adalah perusahaan kebugaran tempat orang dapat berolahraga di rumah, menawarkan platform olahraga interaktif tempat kelas langsung dan sesuai permintaan dapat diikuti.

3. H&M Mengungkap Tidak Akan Membuka Toko di Metaverse

H&M Mengungkap Tidak Akan Membuka Toko di Metaverse (Foto: prestigeonline.com)

H&M mengungkap bahwa tidak akan membuka toko di metaverse, meskipun berbagai laporan media mengklaim sebaliknya. Berita tersebut dikonfirmasi oleh seorang juru bicara kepada FashionUnited, bahwa telah terjadi kesalahpahaman dan H&M tidak akan membuka toko di platform metaverse Ceek City. Kesalahpahaman tersebut bermula dari sebuah tweet awal pekan ini, yang menunjukkan toko virtual H&M pada platform Ceek City.

Tweet tersebut menyatakan bahwa toko virtual tersebut dipresentasikan ke pengecer Swedia, tetapi tidak mengatakan bahwa toko tersebut dibuat bekerja sama dengan H&M. Ceek juga mengklarifikasi di saluran Twitter-nya sendiri bahwa video yang dilihat sebelumnya adalah tentang konsep yang dipresentasikan kepada H&M. “Kami saat ini sedang dalam pembicaraan dengan orang-orang di H&M untuk mewujudkannya, tetapi saat ini belum,” jelas Ceek.

Bukan rahasia lagi bahwa berbagai rumah mode telah terjun ke metaverse dengan merilis berbagai koleksi NFT. Desember melihat sprint metaverse sejati di dunia mode dengan perusahaan seperti Balenciaga, grup mode Italia OTB dan Adidas, yang mengumumkan langkah tambahan di dunia virtual. Beberapa bahkan mendirikan industri khusus untuk mengembangkan produk dan pengalaman untuk metaverse.

4. Crocs dan Guess Akan Menghadiri Konferensi ICR 2022

Crocs dan Guess Akan Menghadiri Konferensi ICR 2022 (Foto: icrconference.com)

Merek alas kaki Crocs dan label premium Guess telah ditambahkan ke dalam jadwal padat konferensi ICR mendatang. Konferensi tersebut dijadwalkan akan berlangsung secara virtual mulai tanggal 10 hingga 12 Januari. Acara ini menyatukan tim manajemen perusahaan publik dan swasta, investor institusi, analis riset, bankir investasi, dan media terpilih, dengan tujuan akhir untuk berbagi dan memahami tren konsumen dan prospek perusahaan publik.

Konferensi ini memiliki fokus utama pada konsumen, akan tetapi baru-baru ini menjadi diperluas ke real estat dan teknologi. ICR merupakan sebuah firma komunikasi dan penasihat, yang membantu mitra dalam mencapai tujuan bisnis dan membangun kesadaran melalui pasangan veteran pasar modal dan profesional komunikasi senior. Hendak dilakukan secara fisik, namun akhirnya perusahaan tersebut mengumumkan langkah terakhir untuk mengadakan acara secara virtual karena lonjakan kasus omicron yang sedang berlangsung.

Konferensi ini akan menjadi yang kedua kalinya acara tersebut tidak akan berlangsung secara fisik. Dalam konferensi tersebut, Guess akan diwakili oleh chief executive officer, Carlos Alberini, chief financial officer, Katie Anderson, dan Fabric Benarouche, wakil presiden, keuangan dan hubungan investor. Selain Crocs dan Guess, peserta lain yang juga akan menghadiri acara tersebut, antara lain Urban Outfitters, On, Abercrombie and Fitch Co., Savage X Fenty, Strauss Group dan American Eagle Outfitters.

5. Prada dan Adidas Meluncurkan Koleksi Re-Nylon

Prada dan Adidas Meluncurkan Koleksi Re-Nylon (Foto: latestbreakingnewsvideo.com)

Adidas dan Prada menyoroti keberlanjutan dengan rilisan koleksi terbaru dari kolaborasi berkelanjutannya. Koleksi ini menata ulang pakaian olahraga dan alas kaki mewah dengan tekstil Re-Nylon khas merek Italia yang dapat didaur ulang. Koleksi Adidas for Prada Re-Nylon akan diluncurkan secara global pada 13 Januari. Kolaborasi kali ini akan memadukan kode estetika setiap merek, yaitu menggabungkan keahlian Prada dengan warisan dan inovasi pakaian olahraga Adidas.

Kolaborasi antara kedua merek pertama kali diluncurkan pada tahun 2019, dan untuk pertama kalinya, koleksi terbaru meliputi pakaian siap pakai, aksesori, dan tas, serta siluet Adidas Forum High and Low yang ditinggikan. Koleksi 21 potong ini juga menandai peralihan Prada dari nilon murni ke Re-Nylon, yang dicapai pada akhir tahun 2021. Setiap bagian telah dibuat di Italia oleh Prada menggunakan tekstil inovatif, yang dibuat melalui daur ulang sampah plastik yang dikumpulkan dari lautan dan limbah serat tekstil.

Kolaborasi pertama Adidas dan Prada termasuk sepatu kets Adidas Originals Superstar edisi terbatas berwarna putih berhiaskan logo Prada hitam dan tas bowling yang serasi. Koleksi tersebut diikuti penawaran sneaker Superstar lainnya, dengan jalur warna baru, yaitu hitam monokrom, putih x hitam, dan perak krom x putih. Koleksi Adidas for Prada Re-Nylon akan tersedia di butik Prada serta di situs web Prada dan Adidas. Peluncurannya disertai aktivasi digital unik, di mana penggemar dapat berpartisipasi dalam metaverse bersama Adidas dan Prada melalui co-creation open-source.

Demikianlah ulasan berita dari fashion spotlight kali ini. Jangan lupa untuk selalu update berita terbaru seputar dunia mode hanya di fashion spotlight. Sampai jumpa di fashion spotlight berikutnya!