google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Burberry Meluncurkan Kolaborasi dengan DAB Motors – Gucci Kembali ke Landasan Pacu Milan pada 2022

Burberry Meluncurkan Kolaborasi dengan DAB Motors – Gucci Kembali ke Landasan Pacu Milan pada 2022 (Foto: pocket-lint.com)

Fashion spotlight kembali hadir dengan sejumlah berita menarik dari dunia mode. Mulai dari merek mode mewah Burberry yang meluncurkan sepeda motor listrik eksklusif hasil kolaborasi bersama DAB Motors, hingga kembalinya Gucci ke landasan pacu Milan pada tahun 2022 mendatang setelah sempat absen selama 2 tahun dari kalender resmi. Yuk, simak ulasan beritanya melalui fashion spotlight berikut ini!

1. Burberry Meluncurkan Kolaborasi dengan DAB Motors

Burberry Meluncurkan Kolaborasi dengan DAB Motors (Foto: hypebeast.com)

Burberry telah meluncurkan kolaborasi dengan DAB Motors, sepeda motor listrik eksklusif bernama Concept-E RS Burberry Edition, bersama dengan pilihan edisi terbatas yang dikuratori oleh Riccardo Tisci. Sepeda motor ini tidak mengeluarkan suara, tidak meninggalkan bau dan tidak ada emisi di udara. Menurut keterangan rumah mode Inggris tersebut, sepeda motor ini telah dirancang, direkayasa dan dibangun seluruhnya di pabrik DAB Motor di Bayonne, Prancis, menggunakan model manufaktur yang berkelanjutan.

Metode produksi lokal ini menghasilkan lebih sedikit limbah dan memiliki jejak karbon yang lebih rendah jika dibandingkan dengan manufaktur massal tradisional di industri sepeda motor. Produksi ini juga menggunakan manufaktur aeronautika terkemuka di industri untuk memperpanjang siklus hidup sepeda. Menurut keterangan Burberry, sepeda motor listrik perkotaan ini telah dibuat untuk menjadi gesit, menyenangkan untuk dikendarai dan memiliki jejak yang lebih ringan di bumi.

Burberry juga menambahkan bahwa kolaborasi ini sesuai dengan komitmennya untuk berinovasi dan melampaui dalam menemukan cara yang lebih berkelanjutan untuk memenuhi keinginan eksplorasi. Desainnya adalah versi legal pertama dari sepeda motor konsep listrik pabrikan Prancis dan tersedia dalam dua warna dan fitur bodywork logo yang dipesan lebih dahulu, sadel monogram TB yang dijahit tangan dengan kulit Burberry terbaik dan setang yang dapat disesuaikan. Sepeda motor listrik Concept-E RS Burberry Edition tersedia untuk dibeli melalui DAB Motors.

2. Gucci Kembali ke Landasan Pacu Milan pada 2022

Gucci Kembali ke Landasan Pacu Milan pada 2022 (Foto: topstargossip.com)

Setelah absen selama dua tahun, Gucci mengumumkan kesiapannya untuk kembali tampil di landasan pacu Milan pada tahun 2020 mendatang. Berita ini disampaikan oleh CEO rumah mode Italia tersebut, Marco Bizzarri pada Pambianco Fashion Summit pada hari Selasa kemarin. Dalam rilisnya, merek andalan Kering ini merinci bahwa kembalinya ke Milan Fashion Week akan berupa pertunjukan yang dijadwalkan pada Februari 2022, dua tahun setelah presentasi terakhirnya di kalender resmi. Gucci juga merencanakan dua pertunjukan lainnya, yaitu di akhir musim semi dan September 2022.

Serupa dengan rumah mode lain, termasuk Saint Laurent dan Bottega Veneta, yang juga merupakan bagian dari Kering, label Italia itu menjauh dari kalender mode resmi selama pandemi. Gucci memilih untuk mengungkapkan koleksinya di tempat dan waktu lain melalui formay yang baru. Pada Mei 2020, direktur kreatif Alessandro Michele mengumumkan ingin mengikuti ritmenya sendiri untuk pertunjukan landasan pacu di masa depan. “Saya merasakan kebutuhan mendesak untuk mengubah banyak hal dalam cara saya bekerja,” tulisnya di akun Instagram-nya.

Menyusul pengumuman tersebut, Michele kemudian meluncurkan koleksi pertamanya melalui video pada bulan Juli 2020. Kemudian, disusul dengan koleksi lainnya pada November dengan festival beberapa film pendek. Tahun ini, koleksi Aria sekali lagi disiarkan secara langsung melalui pertunjukan online pada bulan April. Sementara untuk koleksi terbarunya, rumah mode mewah tersebut kembali ke acara fisik dengan pertunjukan landasan pacu yang diselenggarakan di Hollywood pada awal November.

3. Missoni Akan Merilis Kolaborasi dengan Supreme

Missoni Akan Merilis Kolaborasi dengan Supreme (Foto: breakinglatest.news)

Supreme telah mengungkapkan kolaborasi yang akan segera diluncurkan bersama merek mewah Italia, Missoni. Kolaborasi ini akan menghasilkan koleksi pakaian untuk musim gugur dan musim dingin. Koleksi kolaborasi ini merupakan lini pakaian siap pakai yang nyaman, memadukan estetika streetwear yang terinspirasi dari Supreme dengan pola zigzag khas Missoni dan gaya multi-warna. Koleksi ini membentuk rangkaian pakaian rajut dan pakaian luar alternatif.

Label mode asal New York ini mengumumkan melalui Instagram resminya dengan sebuah postingan yang menyatakan bahwa koleksinya terdiri dari jaket, sweater, polo, hooded sweatshirt, dan bucket hat. Sweater dan jaket bomber berlapis termasuk dalam potongan yang ditawarkan. Koleksi item fashion hangat tersebut menampilkan pemandangan abstrak dengan skema warna khas Missoni. Potongan tambahan termasuk huruf co-branded, baik bordir di bagian belakang item atau diterapkan ke dalam pakaian sebagai bagian dari pola rajutan.

Koleksi kolaborasi antara Missoni dan Supreme ini rencananya akan dirilis pada tanggal 18 November. Sementara itu untuk rilis Jepang ditetapkan dua hari kemudian. Kolaborasi ini menjadi karya kemitraan baru mengikuti kerja sama antara Tiffany & Co. dan Supreme yang telah terlaksana baru-baru ini. Supreme sebelumnya telah melakukan siklus berkelanjutan dari beragai kolaborasi besar pada tahun lalu. Kemitraan tersebut antara lain dengan Timberland, The North Face, dan True Religion.

4. Louis Vuitton Mengekspor Landasan Pacunya ke Shanghai dan Miami

Louis Vuitton Mengekspor Landasan Pacunya ke Shanghai dan Miami (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Louis Vuitton akan membawa pertunjukan landasan pacu ke penjuru dunia yang berlawanan, yang ditawarkan dalam versi baru dan terinspirasi oleh presentasi aslinya. Minggu ini, label andalan LVMH tersebut mendarat di Shanghai, untuk menampilkan koleksi pakaian wanita Nicolas Ghesquière untuk Musim Semi/Musim Panas 2022. Koleksi ini akan direvisi dan diperbarui dengan tampilan baru, sebelum terbang ke Florida pada akhir bulan untuk mempersembahkan penawaran pakaian pria terbaru dari Virgil Abloh. Kedua acara tersebut juga akan disiarkan langsung melalui internet.

Melakukan versi virtual eksklusif Paris Fashion Week selama pandemi, beberapa rumah mewah yang telah berinvestasi dalam pertunjukan fisik sebagian besar akhirnya memutuskan untuk melakukan pertunjukan tertutup. Hal ini membuat keputusan untuk mereproduksi presentasi di Asia, di mana pandemi lebih berhasil dikelola. Mengingat dampak yang positif dari langkah ini terhadap penjualan lokal, Louis Vuitton telah kembali ke konsep tersebut, yang sebenarnya pertama kali dicoba oleh merek tersebut pada tahun 2019, dengan pertunjukannya di Seoul.

Kali ini, rumah mode mewah tersebut memperluas idenya ke Amerika serta ke format baru, dengan pertunjukan berdasarkan presentasi landasan pacu Paris. Louis Vuitton melaksanakan pertunjukan pakaian wanita di Shanghai pada 17 November, yang berlangsung di Shipyard Repair Docks, di Sungai Huangpu. Pertunjukan kedua adalah untuk pakaian pria di Miami pada 30 November yang digelar pada sebuah tongkang di dekat Marine Stadium. Pertunjukan kedua ini menjadi promosi ideal untuk toko pakaian pria baru Louis Vuitton di Miami Design District.

5. Fendi Meluncurkan Baju Anak Make-A-Wish

Fendi Meluncurkan Baju Anak Make-A-Wish (Foto: fashionunited.nz)

Fendi telah bekerja sama dengan organisasi nirlaba, Make-A-Wish International, untuk meluncurkan t-shirt eksklusif yang akan dijual sebagai bagian dari lini Fendi Kids. Pakaian unisex keluaran label mewah Italia tersebut tersedia mulai 18 November di butik Fendi Kids, toko di toko dan situs e-commerce merek, di seluruh Eropa, Timur Tengah dan Asia. Hasil penjualan koleksi tersebut akan dikumpulkan untuk dana bagi yayasan. Semua hasil penjualan kaos unik ini akan disumbangkan melalui Make-A-Wish International.

Inisiatif ini diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran lebih lanjut tentang pentingnya memberi kembali, mendukung misi Make-A-Wish untuk mengabulkan keinginan anak-anak dengan penyakit kritis. T-shirt berwarna putih tersebut menampilkan maskot beruang Fendi Kids yang mengenakan t-shirt kuning khas Fendi, dengan logo FF dan logo Make-A-Wish. T-shirt tersebut akan tersedia untuk anak laki-laki dan perempuan junior hingga usia 14 tahun, serta untuk lini bayi.

Demikianlah rangkaian berita seputar mode dari fashion spotlight kali ini. Jangan lupa untuk selalu update berita terbaru dari dunia mode melalui fashion spotlight. Sampai jumpa di ulasan berita berikutnya!