google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Daniel Lee Keluar dari Bottega Veneta – Valentino Ungkap Kemasan Baru yang Ramah Lingkungan

Daniel Lee Keluar dari Bottega Veneta – Valentino Ungkap Kemasan Baru yang Ramah Lingkungan (Foto: lifestyleasia.com)

Fashion spotlight kembali hadir dengan sejumlah berita menarik dari dunia mode. Mulai dari Kering yang memberikan pengumuman mengejutkan mengenai keluarnya Daniel Lee dari rumah mode Bottega Veneta, hingga merek mewah Valentino yang mengungkap kemasan baru sebagai langkah keberlanjutannya. Yuk, simak ulasan berita selengkapnya melalui fashion spotlight berikut ini!

1. Daniel Lee Keluar dari Bottega Veneta

Daniel Lee Keluar dari Bottega Veneta (Foto: lofficielusa.com)

Grup mewah Kering telah mengkonfirmasi bahwa direktur kreatif Bottega Veneta, Daniel Lee, akan keluar dari label mewah Italia tersebut. Menurut Kering, pengumuman mengejutkan ini merupakan hasil keputusan bersama antara kedua belah pihak. Hingga saat ini alasan kepergian Lee belum diumumkan, namun kabar keluarnya desainer bintang begitu saja dari label di awal masa jabatannya tentu menimbulkan tanda tanya. Apalagi saat ini Lee dinilai berhasil menaikkan penjualan merek dengan desainnya yang menembus industri di semua eselon.

Daniel Lee menjabat sebagai direktur kreatif merek sejak 1 Juli 2018, berhasil membawa energi baru dan berkontribusi besar pada momentum yang dinikmati Bottega Veneta saat ini. “Saya sangat berterima kasih kepada Daniel karena telah membawa semangat dan energinya ke Bottega Veneta. Visi tunggalnya membuat warisan merek relevan untuk hari ini dan mengembalikannya ke pusat dunia mode. Saya ingin mengucapkan terima kasih secara pribadi atas bab unik yang telah dia tulis dalam sejarah panjang Bottega Veneta.” kata François-Henri Pinault, Ketua dan CEO Kering.

“Waktu saya di Bottega Veneta merupakan pengalaman yang luar biasa. Saya bersyukur telah bekerja dengan tim yang luar biasa dan berbakat dan saya selamanya berterima kasih kepada semua orang yang menjadi bagian dari penciptaan visi kami. Terima kasih kepada Francois-Henri Pinault atas dukungannya, dan atas kesempatannya untuk menjadi bagian dari kisah Bottega Veneta,” komentar Daniel Lee mengenai kepergiannya. Sebagai tindak lanjut atas keluarnya Lee dari Bottega Veneta, Kering mengatakan tim kreatif baru akan diumumkan pada waktunya.

2. Valentino Ungkap Kemasan Baru yang Ramah Lingungan

Valentino Ungkap Kemasan Baru yang Ramah Lingungan (Foto: valentino.com)

Valentino telah meluncurkan kemasan identitas merek baru yang disebutnya sebagai langkah yang diperlukan di jalur merek menuju keberlanjutan. Rebranding yang berfokus pada keberlanjutan ini mencakup tas belanja putih yang menampilkan logo timbul merah kontras tinggi dan lapisan merah yang diproduksi dengan kertas daur ulang 55 %, yaitu 40% dari limbah pascakonsumen, sedangkan 15% dari daur ulang bahan produksi yang ditolak. Tersedia pula kotak yang disesuaikan dengan VLogo, dibuat dari karton dan kertas tisu dari hutan yang dikelola secara lestari.

Untuk alat tulis butik dan kartu ucapan, rumah mode Italia ini akan memiliki pendekatan yang lebih eksperimental dengan potongan yang terbuat dari 75% bambu dan 25% linter kapas. Hang tag juga memiliki komposisi yang sama di bagian depan, sedangkan bagian belakang menggunakan kertas daur ulang sebesar 55%. Kemudian untuk pakaian dan kantong debu, Valentino akan memastikan bahwa masing-masing dibuat dengan 100% katun daur ulang. Masing-masing juga akan menampilkan logo bordir dan timbul yang lebih besar yang direplikasi pada perangkat keras.

Pendekatan berkelanjutan juga mencakup kotak hadiah yang berisi aksesori, yang terbuat dari 100% karton daur ulang dan 55% kertas daur ulang. Lalu, penutup tas belanja tahan air yang diproduksi dalam 100% bahan transparan daur ulang. Pita putih dengan ton-sur-ton logo, tersedia dalam 3 ukuran berbeda untuk pembungkus tas dan hadiah, akan 100% didaur ulang. Simbol daur ulang ditampilkan di bagian bawah kotak untuk menyoroti perjalanan berkelanjutan merek tersebut. Kemasan baru ini tersedia di butik dan platform e-commerce Valentino mulai November 2021.

3. Champion Meluncurkan Koleksi Kolaborasi Stranger Things

Champion Meluncurkan Koleksi Kolaborasi Stranger Things (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Champion telah mengungkapkan koleksi pertama Stranger Things, yang merupakan proyek kolaborasi terbaru merek tersebut melalui kemitraan resminya dengan Netflix. Koleksi ini menggabungkan karya-karya yang terinspirasi oleh perguruan tinggi dari seri dan estetika merek 80-an. Koleksi tersebut menawarkan nostalgia mode dengan referensi budaya dan sinematik yang diakui oleh penggemar Stranger Things. Stranger Things sendiri merupakan serial televisi populer asal Amerika Serikat yang mulai tayang sejak tahun 2016.

Item dalam kolaborasi ini mencakup hoodies Champion klasik, celana olahraga, jaket varsity, dan kaus yang tersedia dalam rona tebal kuning zesty dan teal. Tersedia pula tee bermerek “Hawkins” dalam warna hitam dan abu-abu, serta kaos putih berpasangan yang disesuaikan dengan kolaborasi Champion dan Stranger Things logo. Koleksi Champion bersama Stranger Things tersebut tersedia untuk dibeli saat ini melalui situs web www.championstore.com dan akan tersedia untuk dibeli di toko Champion’s London.

Sebelumnya pada bulan ini, Netflix telah mengumumkan bahwa musim keempat dari serial fiksi ilmiah dan horor Stranger Things akan hadir pada musim panas 2022. Netflix juga telah membagikan teaser yang mengumumkan semua judul episode untuk musim mendatang. Pengungkapan ini adalah bagian dari perayaan Stranger Things Day Netflix pada 6 November, yang memperingati hilangnya Will Byers yang diperankan oleh Noah Schnapp pada seri episode pertama pada tahun 2016.

4. Chiara Ferragni Meluncurkan Lini Make-up

Chiara Ferragni Meluncurkan Lini Make-up (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Bintang media sosial Italia, Chiara Ferragni, telah menambahkan dimensi baru pada mereknya dengan merilis koleksi make-up pertamanya. Influencer muda asal Italia ini telah mengumumkan peluncurannya di Instagram, di mana ia memiliki lebih dari 25 juta pengikut. Lini make-up pertama Ferragni ini terutama mencakup lipstik dan eyeshadow dalam berbagai warna. Koleksi ini tersedia di e-shop Chiara Ferragni dan di wewangian Douglas di Italia, Spanyol dan Portugal, serta di e-shop rantai wewangian di Jerman.

Toko Douglas juga berencana untuk mengadakan pop-up corner khusus untuk make-up Chiara Ferragni di masa mendatang. Sebagai seorang pengusaha yang cerdas, Ferragni telah menampilkan berbagai kategori produk, mulai dari pakaian siap pakai wanita hingga barang-barang kulit, perhiasan, dan pakaian anak-anak, dengan label Chiara Ferragni Collection miliknya. Pada bulan September, influencer mode berusia 34 tahun ini telah menjalin kerja sama dengan perusahaan Safilo untuk meluncurkan lini kacamata pertamanya.

Ferragni pertama kali menjadi perhatian dunia mode pada 12 Oktober 2009, tepatnya pada usia 22 ketika meluncurkan The Blonde Salad, sebuah blog mode dan seni hidup. Ia adalah salah satu blogger pertama di Italia yang memposting foto pakaiannya, yang sering kali dipotret di jalan-jalan Milan. Berbagai kelompok mewah telah membuka pintu mereka ke Ferragni. Pada bulan April, kelompok mode Italia Tod’s menunjuknya ke dewan direksi, beberapa hari yang lalu, Louis Vuitton memilihnya sebagai wajah kampanye sepatu slingback hak tinggi barunya, LV Archlight Slingback.

5. Billy Porter Menjadi Pembawa Acara British Fashion Awards

Billy Porter Menjadi Pembawa Acara British Fashion Awards (Foto: highsnobiety.com)

Billy Porter telah ditunjuk sebagai tuan rumah dari British Fashion Award 2021. Ia adalah ikon mode yang baru-baru ini terlihat di seri terobosan FX Pose sebagai Pray Tell yang tak ada bandingannya. Porter memiliki kedekatan yang lama dengan industri fashion, mendobrak dinding gender dan menggunakan fashion sebagai sarana ekspresi diri dan komunikasi. Upacara mode kali ini akan membagikan penghargaan kepada lima belas pemimpin perubahan, para desainer, merek, kreatif, dan individu yang menciptakan perubahan positif dalam industri fashion.

Terdapat tiga kategori penghargaan, yaitu Lingkungan, Manusia dan Kreativitas. Penghargaan prestasi luar biasa juga akan diberikan kepada Tommy Hilfiger, yang memberikan kontribusi luar biasa bagi industri mode global dan komitmen untuk menciptakan juara merek inklusif orang-orang dari semua latar belakang dan pengalaman. Acara penghargaan mode ini menjadi acara bertiket terbuka untuk umum dalam rangka penggalangan dana untuk BFC Foundation. British Fashion Awards 2021 akan berlangsung pada Senin 29 November di Royal Albert Hall, London.

Perlu diketahui, bahwa badan amal BFC Foundation telah mendukung pertumbuhan dan kesuksesan industri mode Inggris di masa depan dengan berfokus pada Bakat, Pendidikan, Pemberian Hibah, dan Pendampingan Bisnis. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan dan peluang sehingga industri mode tetap beragam dan terbuka untuk semua, dengan membantu desainer berbakat di semua tahapan karir mereka dari tingkat sekolah hingga menjadi merek fashion global. Tahun ini badan amal BFC Foundation telah mendukung inisiatif dan bakat 33 desainer.

Demikianlah rangkaian berita dari fashion spotlight kali ini. Jangan lupa untuk selalu update berita menarik seputar dunia mode hanya di fashion spotlight. Sampai jumpa di fashion spotlight berikutnya!