google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Dior Akan Menggelar Cruise Show di Athena – Saint Laurent Akan Mengadakan Peragaan Busana di Venesia

Dior Akan Menggelar Cruise Show – Saint Laurent Akan Mengadakan Peragaan Busana di Venesia (Foto: fashionunited.uk)

Fashion spotlight kembali hadir dengan berita terbaru dari dunia mode internasional. Mulai dari rencana Dior untuk menggelar pertunjukan di Athena, hingga Saint Laurent yang mengumumkan hendak menggelar peragaan busana secara fisik di Venesia. Selengkapnya disajikan dalam fashion spotlight berikut ini!

1. Dior Akan Menggelar Cruise Show di Athena

Dior Akan Menggelar Cruise Show di Athena (Foto: thevalemagazine.com)

Rumah mode asal Perancis, Dior, berencana untuk menggelar cruise show pada tanggal 17 Juni di Stadion Panathenaic di Athena, Yunani. Pertunjukan ini dilaksanakan untuk memamerkan cruise collection yang dirancang oleh direktur kreatif Dior, Maria Grazia Chiuri. Lokasi pelaksanaan pertunjukan ini bisa dibilang istimewa, mengingat Stadion Panathenaic di Athena terkenal sebagai tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade modern pada tahun 1896.

Stadion Panathenaic dulunya adalah area balap yang dibangun pada tahun 330 SM dan dibangun kembali pada tahun 144 M oleh senator Yunani-Romawi Herodes Atticus. Dior telah memperoleh izin dari otoritas setempat untuk melakukan pemotretan di berbagai situs terkenal di Yunani. Selain Stadion Panathenaic, lokasi lain yang juga menjadi tujuan pemotretan adalah Acropolis, Odeon of Herodes Atticus, Agora of Athens, kuil Poseidon, dan kuil Zeus.

Selain Dior yang memilih Yunani sebagai lokasi pertunjukan, rumah mode lain juga diberitakan tengah bersiap menggelar runway fisik. Coach dikabarkan akan menggelar pertunjukan langsung di Shanghai pada tanggal 3 Juni. Rumah mode lain yang diberitakan hendak menggelar pertunjukan fisik adalah Saint Laurent yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli di Venesia.

2. Saint Laurent Akan Mengadakan Peragaan Busana di Venesia

Saint Laurent Akan Mengadakan Peragaan Busana di Venesia (Foto: hypebae.com)

Saint Laurent mengumumkan rencananya untuk melaksanakan peragaan busana pada bulan Juli di Venesia. Peragaan busana ini merupakan pertujukan fisi pertama rumah mode asal Perancis tersebut sejak pertunjukan koleksi pakaian siap pakai wanita musim gugur/musim dingin 2020 yang digelar pada bulan Februari 2020 silam.

Pertunjukan kali ini akan menampilkan koleksi dari seniman Doug Aitken yang telah ditugaskan oleh Anthony Vaccarello, direktur kreatif Saint Laurent. Sayangnya, Saint Laurent menolak untuk berkomentar lebih lanjut mengenai acara tersebut.

Kembalinya Saint Laurent ke runway fisik tentu patut disambut. Apalagi, tahun lalu rumah mode yang dimiliki oleh Kering yang juga perusahaan induk dari Gucci, Balenciaga, dan Alexander McQueen ini, mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan langkah dan kalender mereka sendiri untuk menunjukkan koleksi mereka.

3. Valentino Akan Memamerkan Koleksi Couture di Venesia

Valentino Akan Memamerkan Koleksi Couture di Venesia (Foto: lofficielusa.com)

Mengikuti jejak Saint Laurent, Valentino juga mengumumkan akan memamerkan koleksi coutue musim gugur 2021-2022 di Venesia. Pertunjukan yang disebut dengan Valentino Des Ateliers ini akan digelar pada tanggal 15 Juli 2021 dengan sekelompok peserta dalam jumlah kecil. Acara ini rencananya juga akan disiarkan secara langsung melalui platform Fédération de la Haute Couture et de la Mode dan di saluran digital.

“Salah satu aspek paling menantang dari pekerjaan saya selama masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini adalah pemrograman ulang dari beberapa pemikiran saya yang berulang, yang tentu saja termasuk konsep dan tempat untuk pertunjukan couture saya. Mode ‘travel with your fantasy’ saat ini mendorong saya untuk bermimpi lebih keras dan lebih besar. Koleksi couture saya berikutnya akan menggunakan nama Valentino Des Ateliers dan pendekatan keseluruhan untuk proyek ini banyak berkaitan dengan nama itu sendiri,” ungkap Pierpaolo Piccioli, direktur kreatif Valentino.

“Saya telah menantang diri saya sendiri dalam mengatur simfoni dari berbagai jiwa, pikiran, dan masukan kreatif. Semua energi ini mendorong visi saya ke Venesia. Kota ini secara nyata dan spontan membangkitkan getaran seni, teater, musik, arsitektur, bioskop, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas. Itulah mengapa telah menjadi keputusan alami untuk pergi untuk ide ini. Saya seorang desainer, pencipta mode dan saya perlu membayangkan kreasi saya dalam bingkai tertentu. Venesia adalah bingkai dari koleksi Valentino Des Ateliers,” tambah Piccioli.

4. Pieter Mulier Akan Memulai Debutnya untuk Alaïa

Pieter Mulier Akan Memulai Debutnya untuk Alaïa (Foto: highxtar.com)

Alaïa mengumumkan bahwa Pieter Mulier akan meluncurkan koleksi pertamanya sebagai direktur kreatif merek tersebut pada malam Paris Couture Week. Acara ini menjadi pertunjukan pertama Alaïa sejak pendiri merek, Azzedine Alaïa, tutup usia pada tahun 2017 silam.

Pertunjukan ini juga menjadi pagelaran solo pertama Pieter Mulier setelah bertahun-tahun menjadi tangan kanan desainer Raf Simon selama menjadi direktur kreatif di Jil Sander, Dior, dan Calvin Klein. Pada pertunjukan kali ini, Alaïa akan memamerkan koleksi pakaian siap pakai dan couture pada waktu yang bersamaan untuk musim mendatang. Perlu diketahui bahwa sebelumnya Azzedine Alaïa dikenal menolak kalender mode tradisional.

Berbicara mengenai Paris Couture Week, selain kembalinya Alaïa, rumah mode Balenciaga juga dilaporkan akan menggelar pertunjukan couture pertamanya dalam 53 tahun di bawah kepemimpinan direktur kreatif Demna Gvasalia. Line up Paris Couture Week ini pastinya sangat dinantikan oleh para penggemar mode dunia.

5. Debut Koleksi Pride dari Savage x Fenty

Debut Koleksi Pride dari Savage x Fenty (Foto: highsnobiety.com)

Lini pakaian dalam milik Rihanna, Savage x Fenty, memamerkan koleksi Pride perdananya. Koleksi dan kampanye Pride pertama ini didedikasikan untuk menghormati Pride Month yang jatuh di bulan Juni. Foto kampanye baru ini dipotret oleh Quil Lemons dan dibintangi oleh Ahmad Kanu, Aya Brown, Dexter Mayfield, Eliseo Equihua, Gigi Goode, Jaslene Whiterose, Jazzmyne Robbins, Jazzelle Zanaughtti, MaryV Benoit, Noah Carlos, Rahquise Bowen, Yusef Williams dan Zachary Tye Richardson.

Tak hanya mengambil keuntungan dari penjualan koleksi Pride, Savage x Fenty juga akan menyumbangkan pendapatannya ke berbagai badan amal LGBTQ. Beberapa badan amal yang menjadi target, antara lain GLAAD, Audre Lorde Project, The Caribbean Equality Project, INC., Trans Latin@ Coalitions, dan Trans Wellness Center.

Terdapat 25 karya baru yang ada dalam koleksi ini. Semua karya dibuat untuk merayakan komunitas LGBTQIA+. Koleksi ini memiliki ukuran inklusif dengan bra mulai dari 30A hingga 42H, serta ukuran XS hingga 3X. Selain bra, tersedia pula smoking jackets, celana dalam crotchless, jockstraps, dan multi-colored kitty whip.

Nah, demikianlah ulasan berita seputar dunia fashion internasional di fashion spotlight. Bagi para penggemar mode, jangan lupa untuk mencatat kalender peragaan busana agar tak ketinggalan pertunjukannya. Pastikan pula untuk selalu update berita dari dunia mode hanya di fashion spotlight!