google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Lee Jeans Perkenalkan Pewarnaan Ramah Lingkungan – Adut Akech Menjadi Duta Merek Global Estée Lauder

Lee Jeans Perkenalkan Pewarnaan Ramah Lingkungan – Adut Akech Menjadi Duta Merek Global Estée Lauder (Foto: lee.com)

Sejumlah berita terbaru dari dunia mode kembali hadir di minggu pertama bulan Juni ini. Mulai dari Lee Jeans yang memperkenalkan teknik pewarnaan ramah lingkungan barunya, hingga model Adut Akech yang dinobatkan sebagai duta merek global Estée Lauder.

1. Lee Jeans Perkenalkan Pewarnaan Ramah Lingkungan

Lee Jeans Perkenalkan Pewarnaan Ramah Lingkungan (Foto: denimsandjeans.com)

Merek jeans denim asal Amerika, Lee Jeans, mulai menerapkan proses pewarnaan inovatif yang disebut dengan ‘Crystal Clear’. Proses pewarnaan ini merupakan teknik pewarnaan ramah lingkungan, sebab lebih hemat air secara drastis dan mengurangi jumlah bahan kimia yang dibutuhkan untuk mewarnai denim. Dengan demikian, proses pewarnaan ini mendukung kemudahan dalam daur ulang air.

Perlu diketahui bahwa warna indigo tidak menempel pada kain atau benang, sehingga mengharuskan penggunaan bahan tambahan untuk pewarnaan. Proses Crystal Clear ini menggunakan bahan organik, sehingga membuat air aman digunakan kembali. Sehingga, lebih sedikit limbah yang dihasilkan serta air yang digunakan. Metode keberlanjutan ini juga minim energi yang berdampak lebih rendah terhadap lingkungan.

Peluncuran proses pewarnaan baru ini merupakan bagian dari inisiatif ‘For A World That Works’, yang menggabungkan komitmen merek dalam menerapkan langkah keberlanjutan. Selain pewarnaan ramah lingkungan, Lee Jeans juga menggunakan serat daur ulang dan organik. Koleksi merek ini juga dirancang dengan tambalan belakang biodegradable serta perangkat keras daur ulang.

2. Adut Akech Menjadi Duta Merek Global Estée Lauder

Adut Akech Menjadi Duta Merek Global Estée Lauder (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Estée Lauder mengumumkan duta merek global terbarunya, Adut Akech. Sebagai bagian dari kemitraan, model asal Sudan Selatan tersebut akan tampi dalam kampanye tata rias serta perawatan kulit di berbagai media. Kampanye pertama sekaligus debutnya sebagai duta merek akan dimulai pada bulan Juli 2021. Adut Akech sendiri dikenal sebagai peenang penghargaan Model of the Year di The Fashion Awards 2019 serta termasuk dalam daftar TIME100 Next 2019.

Sebelumnya, Adut Akech telah berperan sebagai ekslusif global untuk debut Anthony Vaccarello untuk Yves Saint Laurent Anthony pada tahun 2016. Langkah tersebut membuka kesempatan lain, termasuk menjadi muse beberapa desainer terkenal, seperti Pierpaolo Piccioli dari Valentino dan mendiang Karl Lagerfeld dari rumah mode Chanel. Ia juga telah memeragakan busana untuk merek-merek mode papan atas, seperti Calvin Klein, Prada, Alexander McQueen, dan Miu Miu.

Selain itu, ia juga bergabung dalam kampanye merek papan atas lainnya, seperti Fendi, Chanel, Givenchy, Bottega Veneta, dan Marc Jacobs. Adut Akech juga membintangi beberapa sampul dan editorial untuk majalah Vogue dan lainnya. Beberapa fotografer terkenal juga pernah bekerja sama dengannya, seperti Tyler Mitchell, Tim Walker, Steven Meisel, dan Inez & Vinoodh. Dengan pengumumannya sebagai duta merek, Adut Akech telah bergabung dalam daftar talent global Estée Lauder mengikuti Carolyn Murphy, Diana Penty, Grace Elizabeth, Ana de Armas, Anok Yai, Bianca Brandolini D’Adda, Karlie Kloss, Kōki serta Yang Mi.

3. Givaudan Bermitra dengan Tmall Alibaba

Givaudan Bermitra dengan Tmall Alibaba (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Givaudan Group, produsen parfum dan aroma nomor satu di dunia mengumumkan kemitraan barunya dengan situs e-commerse China milik Alibaba, Tmall. Bergabungnya perusahaan asal Swiss ini bertujuan untuk mempercepat proses pembuatan parfum dengan menganalisa data perilaku konsumen. Givaudan juga memberikan perhatian bahwa permintaan konsumen untuk parfum yang dirancang secara lokal di pasar China tergolong tinggi.

Perusahan dengan basis di Jenewa ini mengungkapkan dalam siaran pers bahwa kemitraan ini akan melibatkan pendirian laboratorium. Pendirian laboratorium ini bertujuan untuk mempersingkat proses pengembangan produk. Laboratorium baru tersebut nantinya diharapkan mampu memotong durasi desain dari 40 minggu menjadi 4 minggu saja untuk produk parfum halus.

Kolaborasi ini juga telah mengarah pada penciptaan lini wewangian baru yang terinspirasi karya sastra klasik Tiongkok, ‘Journey the West’, termasuk pewangi ruangan, dua eaux de parfum, serta seri krim tangan dan tubuh. Tak dapat dipungkiri bahwa langkah ini diambil karena China adalah salah satu pendorong pertumbuhan utama Givaudan Group.

4. Zara Membuka Flagship di Mal Cardiff St David

Zara Membuka Flagship di Mal Cardiff St David (Foto: walesonline.co.uk)

Zara membuka flagship regional baru berukuran besar di mal Cardiff St David. Toko baru ini berukuran 36.500 kaki persegi dengan dua lantai. Selain Zara, merek lain yang juga di bawah Inditex, seperti Bershka dan Stadivarius juga akan bergabung di toko ini. Mulai dibuka minggu ini, flagship baru tersebut akan menampilkan rangkaian lengkap pakaian wanita, pakaian pria, serta pakaian anak-anak.

Toko ini juga merupakan flagship dengan konsep terbaru dari Zara yang menampilkan ‘Automated Collection Point’ barunya. Konsep ini memungkinkan pelanggan untuk membuat koleksi produk dengan cepat serta mendorong langkah baru ke toko. Selain itu, konsep ini juga menyediakan layanan mandiri serta pengembalian dana khusus untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

“Peluncuran Zara, bersama dengan merek internasional lainnya yang baru-baru ini bergabung dengan St David’s, menunjukkan masa depan yang menarik untuk tujuan tersebut dan menekankan daya tariknya kepada pengecer terkemuka. St David’s telah membuktikan ketahanannya selama setahun terakhir, dan dengan perusahaan seperti Zara sekarang dibuka, kami terus memperkuat penawarannya,” ungkap Russell Loveland, direktur portofolio senior di pemilik properti Landsec.

5. Nike Luncurkan Sneaker Air Max 90 Baru dengan Sentuhan Tren Perhiasan Y2K

Nike Luncurkan Sneaker Air Max 90 Baru dengan Sentuhan Tren Perhiasan Y2K (Foto: fizzymag.com)

Nike telah meluncurkan sepatu kets Air Max 90 terbarunya sebagai bagian dari kampanye ‘Have A Nike Day’. Sneaker terbarunya ini hadir dengan mengikuti tren mode dan perhiasan Y2K yang populer. Perlu diketahui bahwa dalam tren Y2K, perhiasan manik-manik merupakan item yang populer dalam streetwear yang juga diakui oleh Nike sebagai perusahan alas kaki papan atas.

Untuk koleksi Nike Air Max 90 ini, sepatu kets tersebut mendapat sentuhan perhiasan manik-manik sesuai tren Y2K. Dengan tambahan aksesori ini, sepatu Air Max 90 tersebut memberikan sentuhan grafis yang menyenangkan dan semarak pada gaya streetwear yang tengah populer. Tentu, hal ini membuat penampilan lebih menarik, terutama bagi para anak muda.

Sepatu Air Max 90 terbaru ini didesain dengan warna yang kontras namun lembut. Bagian toe-box serta heel-nya hadir dalam jaring putih yang mendapat sentuhan warna kuning pstel pada ujung, lidah, swooshes, serta midsole. Sementara itu, bagian sol luar serta tali putihnya menambahkan kesan cerah yang melengkapi desain. Detail penting pada sepatu ini adalah gelang bertuliskan ‘NIKE’ yang eye-catching disertai wajah tersenyum sesuai kampanye ‘Have A Nike Day’.

Demikianlah rangkaian ulasan berita dalam fashion spotlight kali ini. Jangan lupa untuk update berita seputar dunia mode melalui fashion spotlight!