google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Marc Jacobs Ungkap Koleksi Fall 2021 di New York Bulan Ini – Koleksi Kolaborasi Dior dengan Sacai

Marc Jacobs Ungkap Koleksi Fall 2021 di New York Bulan Ini – Koleksi Kolaborasi Dior dengan Sacai (Foto: fashionunited.uk)

Fashion spotlight kembali dengan berbagai berita menarik seputar dunia mode tahun ini. Mulai dari koleksi Fall 2021 yang diungkap Marck Jacobs di New York bulan ini, hingga pengumuman koleksi kolaborasi Dior dengan Sacai. Yuk, simak ulasannya melalui fashion spotlight berikut ini!

1. Marc Jacobs Ungkap Koleksi Fall 2021 di New York Bulan Ini

Marc Jacobs Ungkap Koleksi Fall 2021 di New York Bulan Ini (Foto: lvmh.com)

Marc Jacobs mengumumkan kabar menggembirakan dengan kembali ke runway dengan jadwalnya sendiri. Perusahaan ini akan menampilkan koleksi musim gugur 2021 di luar New York Fashion Week. Meski demikian, sampai saat ini belum ada detil resmi yang dirilis selain postingan pribadi Mr Jacobs yang diberi judul “kebahagiaan”. Kembalinya Marc Jacobs ke runway dijadwalkan pada hari Senin, 28 Juni 2021.

Di awal pandemi tahun lalu, desainer dengan basis di New York ini menjadi salah satu yang pertama berhenti dan menilai bisnisnya kemudian beradaptasi dengan masa new normal. “Sejujurnya, saya tidak tahu apa yang akan kami lakukan atau kapan kami akan mulai, tetapi untuk merancang koleksi saya membutuhkan tim saya. Dan tim saya perlu melihat kain. Dan kain-kain itu berasal dari Italia. Dan kami bepergian, dan ada banyak hal yang terjadi,” jelas Jacobs pada wawancara dengan Vogue tahun lalu.

2. Koleksi Kolaborasi Dior dengan Sacai

Koleksi Kolaborasi Dior dengan Sacai (Foto: au.fashionunited.com)

Dior dan merek mewah asal Jepang, Sacai, telah mengunkapkan koleksi co-branded mereka. Koleksi kapsul pria tersebut berhasil memadukan identitas dan budaya dari Dior dan Sacai, antara Kim Jones sebagai direktur artistik pria Dior dengan Chitose Abe dari merek Sacai.

Koleksi pakaian hasil kolaborasi ini menampilkan siluet khas Dior yang dikombinasikan dengan kain serta teknik baru Sacai. Jahitan Dior dengan dan ciri khas pakaian olahraga Sacai dipadukan dengan koleksi sebagian besar hadir dalam nuansa hitam, putih, bitu, dan krem.

Menariknya, koleksi ini juga menggunakan denim Jepang serta memadukan pakaian kerja dengan detail utilitarian. Selain pakaian, hadir pula koleksi kapsul tas yang khas untuk hiasan utilitarian dengan detail seperti saku atau tali serut. Koleksi kolaborasi Dior dan Sacai ini rencananya akan diluncurkan pada bulan November 2021.

3. Enam Desainer Bersiap untuk Pertunjukan Fisik di Paris Fashion Week Men’s

Enam Desainer Bersiap untuk Pertunjukan Fisik di Paris Fashion Week Men’s (Foto: lofficielmalaysia.com)

Fédération de la Haute Couture et de la Mode mengungkapkan bahwa terdapat enam desainer yang berencana mulai melakukan pertunjukan fisik untuk gelaran Paris Fashion Week Men’s yang dijadwalkan pada 22-27 Juni 2021. Enam desainer tersebut adalah Dior, Hermès, Casblanca, LGN Louis-Gabriel Nouchi, Officine Générale, dan Bluemarable.

Sementara itu, Paris Fashion Week Men’s saat ini mengonfirmasi 72 nama yang akan berpartisipasi dengan kombinasi pertujukan fisik dan presentasi digital. Untuk kalender acara digital, beberapa desainer yang telah dikonfirmasi, antara lain Louis Vuitton, Loewe, Dunhill, Rick Owens, Dries Van Noten, dan Jil Sander. Courrège juga akan kembali ke kalender dengan koleksi pakaian pria pertamanya sejak 1986, di bawah direktur artistik baru, Nicolas Di Felice.

4. Mr Porter Umumkan Koleksi Kapsul Eksklusif Bersama Tom Ford

Mr Porter Umumkan Koleksi Kapsul Eksklusif Bersama Tom Ford (Foto: fashionunited.uk)

Mr Porter dan Tom Ford telah meluncurkan koleksi kapsul eksklusif. Koleksi ini terdiri 54 item yang menampilkan pakaian hingga aksesori siap pakai. Beberapa koleksinya dibuat dengan motif bunga yang hidup, celana pendek, setelan jas, hingga gaun bergaya kimono. Meskipun koleksi tersebut dirancang selama pandemi, Tom Ford mengungkapkan bahwa koleksi tersebut utamanya terinspirasi dari kehidupannya di Los Angeles.

“Saya berpikir, ya Tuhan, apa yang kita butuhkan saat ini? Kami membutuhkan warna, bunga, potongan yang bisa Anda campur dengan gila-gilaan. Ini dirancang untuk saya yang berusia 25 tahun, 6 kaki 2 inci yang tinggal di Palm Springs atau Mustique,” ungkap Tom Ford di situs Mr Porter.

“Warna terlihat berbeda di sini. Orang berpakaian berbeda di sini. Mereka mungkin memakai barang yang mahal, tetapi mereka akan memakainya dengan jeans atau celana olahraga atau sesuatu yang menurunkannya. Mereka jarang berpakaian formal kecuali mereka berada di karpet merah atau mereka adalah agen pencari bakat,” katanya.

5. Jacquemus Mempertimbangkan Peragaan Busana Musiman

Backstage at Jacquemus RTW Spring 2021 (Foto: wwd.com)

Salah satu desainer Paris berbakat, Simon Porte Jacquemus tengah mempertimbangkan untuk tampil di luar kalender resmi Paris Fashion Week. Tentu keputusan ini diambil mengikuti peningkatan ketenarannya di dunia mode. Di sisi lain, Jacquemus mengumumkan akan meluncurkan koleksi mahasiswi pada 30 Juni 2021.

Jacquemus sendiri terakhir kali melakukan runway untuk peragaan busana musim semi 2021 pada bulan Juli tahun 2020 silam. Sementara itu, koleksi runway terbarunya bertajuk “La Montagne”. Merek ini juga beberapa kali mengikuti kalender Men’s Fashion Month pada bulan Juni.

Demikianlah informasi dari fashion spotlight kali ini. Bagi para penggemar mode, jangan lupa untuk mencatat kalender Paris Fashion Week Men’s yang digelar akhir bulan ini. Jangan lupa untuk selalu update berita seputar dunia mode di fashion spotlight!