google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fashion Spotlight: Milan Fashion Week Digelar Bulan Juni – Dior Umumkan Jin Xing sebagai Ambassador J’adior

Runway Milan Fashion Week (Foto: helitaly.com)

Sejumlah berita dari dunia mode kembali hadir untuk menutup bulan Mei ini dengan menarik. Mulai dari pagelaran mode paling ditunggu-tunggu, yaitu Milan Fashion Week yang siap dilaksanakan pada bulan Juni, sampai penunjukan Jin Xing sebagai ambassador dari lini parfum Dior. Informasi selengkapnya dikemas dengan ringkas dalam fashion spotlight berikut ini!

1. Milan Fashion Week Digelar Bulan Juni

Milan Fashion Week Digelar Bulan Juni (Foto: prestigeonline.com)

Salah satu pagelaran mode yang paling dinanti, Milan Fashion Week (MFW), akhirnya mengumumkan kalendernya untuk tahun ini. Acara yang akan berlangsung pada tanggal 18-22 Juni ini akan dilaksanakan dengan memadukan pertunjukan fisik dan digital sehubungan dengan masa pandemi yang belum berakhir. Beberapa rumah mode telah dikonfirmasi bergabung dan menampilkan koleksinya secara langsung di atas runway, termasuk Dolce & Gabanna, Giorgino Armani, dan Etro.

Presiden dari National Chamber of Italian Fashion, Carl Capasa, mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengizinkan pagelaran mode tersebut. “Kami mendekati pekan mode baru ini dengan sikap positif dan optimis. Fakta bahwa pemerintah telah menerima permintaan kami yang ditempatkan selama MISE Textile dan Fashion Table, yang mengizinkan diadakannya pameran yang dihadiri mulai 15 Juni, telah memungkinkan kami untuk mengonfirmasi tanggal Milan Fashion Week, memberikan sinyal penting untuk memulai kembali.”

2. Dior Umumkan Jin Xing sebagai Ambassador J’adior

Dior Umumkan Jin Xing sebagai Ambassador J’adior (Foto: scmp.com)

Dior membuat sejarah baru dengan keputusannya memilih Jin Xing sebagai duta dari J’Adior. Ia telah tampil dalam kampanye parfum J’Adior dan membagikan perasaannya mengenai transisi yang telah ia alami. Jin Xing adalah seorang transgender yang secara terbuka menjalani operasi penggantian kelamin di China pada tahun 1995.

Mantan kolonel tentara ini kemudian aktif sebagai balerina, penulis, serta aktivis. “Ketika saya memilih menjadi perempuan, menjadi ibu, istri dan menghadapi masyarakat yang baru, saat itu 80 persen ada kekhawatiran, keraguan, dan bahkan penghinaan,” ungkap Jin Xing pada momen kampanye parfum J’Adior.

3. Dua Direktur Kreatif Baru Trussardi

Dua Direktur Kreatif Baru Trussardi (Foto: hypebeast.com)

Trussardi mengumumkan dua nama, yaitu sang co-founder, Serhat Işık dan Benjamin A. Huseby sebagai direktur kreatif barunya untuk GmBH. Kedua direktur kreatif baru ini akan bekerja sama untuk mengembangkan kembali citra merek, sehingga sesuai dengan demografi yang lebih muda dan segar. GmBH sendiri disebut sebagai ‘Modern Day Berlin Fairytale’ yang menawarkan pakaian pria dan wanita.

Pakaian-pakaian tersebut merupakan intepretasi baru dari pakaian kerja dengan pengaruh underground dan eksperimen dengan tekstur baru dan berkelanjutan. Koleksi tersebut akan menggunakan visi kreatif yang tajam dan kontemporer yang didasarkan pada nilai-nilai dari Trussadi. Koleksi pertama dua direktur kreatif rumah mode asal Italia ini akan diperkenalkan pada musim gugur 2022.

4. Christian Siriano Kembali dengan Koleksi Pengantin

Christian Siriano Kembali dengan Koleksi Pengantin (Foto: brides.com)

Christian Siriano akan kembali meluncurkan koleksi pengantin di tahun 2021. Koleksi barunya ini dibuat untuk mencerminkan inklusivitas yang tersedia dengan ukuran up to 28. Beragam koleksinya akan memadukan elemen maskulin dan feminin tradisional, termasuk perpaduan tuksedo dan ballgown, gaun pengantin hitam, hingga celana tebal. “Kami telah melakukan banyak percakapan dengan semua pengantin yang datang ke studio kami akhir-akhir ini. Kami tidak melihat pengantin wanita selama setahun dan sekarang ada pengantin hampir setiap hari yang datang,” ungkap Siriano.

“Apa yang tim saya dan saya katakan kepada mereka adalah, ‘Pergi untuk impian Anda yang paling akhir, fantasi semuanya, apapun itu! Jika itu gaun selip, baiklah! Jika itu adalah gaun pesta setinggi 10 kaki, Anda harus melakukannya karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.’ Saya pikir setiap orang perlu hidup semaksimal mungkin karena kita semua melihat apa yang bisa terjadi di dunia kita,” tambahnya.

5. Jean Paul Gaultier Ungkap Strategi Baru dan Menghadirkan Kembali RTW

Jean Paul Gaultier Ungkap Strategi Baru dan Menghadirkan Kembali RTW (Foto: fashiongonerogue.com)

Setelah berbagi postingan Instagram misterius bertuliskan ‘The end.’ dan mengganti bionya, Jean Paul Gaultier mengungkap makna dari apa yang telah terjadi. Desainer asal Prancis ini mengungkap hadirnya era baru dengan menunjuk sejumlah desainer untuk bergiliran memimpin merek. Beberapa sosok terpilih tersebut, antara lain seniman tato Dr. Woo, perancang sepatu Prancis Pierre Hardy, merek Jerman Ottolinger, dan stylist Georgia Pendlebury.

Tak hanya itu, Jean Paul Gaultier juga mengungkapkan bahwa merek tersebut akan kembali dengan koleksi ready-to-wear (RTW) setelah enam tahun absen. Kampanye ini dipimpin oleh supermodel Bella Hadid yang akan menampilkan berbagai atasan Gaultier Marinière yang ikonik, korset, serta pakaian tahun 1996 ‘Cyberbaba’ (Morphing). Koleksi baru ini telah tersedia di toko-toko fisik maupun online sejak 28 Mei.

Demikianlah sejumlah berita terbaru dari dunia mode internasional. Bagi Anda para penggemar pagelaran mode, jangan lupa untuk mencatat jadwal Milan Fashion Week yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni dengan partisipasi dari sejumlah rumah mode papan atas. Jangan lupa juga untuk selalu update berita terbaru seputar dunia mode internasional hanya di fashion spotlight!