Federio Chiesa Terbuka untuk Tinggalkan Juventus

Federico Chiesa
Perpanjangan kontrak mandek, Federico Chiesa bisa tinggalkan Juventus.

cr photo: Football Italia.

Kesebelasan Juventus agaknya tengah membuka kemungkinan melepas winger andalannya, Federico Chiesa setelah negosiasi kontrak berjalan mandek. Seperti yang diketahui, Chiesa merupakan salah satu pemain andalan milik Juventus yang performanya tak bisa diragukan lagi. Kontrak sang pemain akan segera selesai di bursa transfer musim panas tahun depan. Sayang sekali sampai dengan saat ini proses perpanjangan kontrak masih belum berhasil terlaksana oleh kedua belah pihak. Jika kondisi ini sama sekali tak berubah, maka ada kemungkinan yang cukup terbuka bagi Chiesa untuk meninggalkan Juventus di musim panas selanjutnya.

Sosok Federico Chiesa sendiri pertama kali mendarat di Juventus di tahun 2020 lalu. Anak dari legenda sepak bola Italia, Enrico Chiesa ini didaratkan Si Nyonya Tua dari klub asal Firenze, yaitu Fiorentina. Selama berkostum Juventus, Chiesa sendiri merupakan pemain yang sangat diandalkan oleh klub yang berbasis di Kota Turin tersebut. Sampai dengan saat ini Chiesa memiliki catatan 28 gol dari 113 kali bermain di semua kompetisi untuk Bianconeri. Permainannya yang ngotot membuatnya memang juga menjadi rentan cedera.

Hal yang ditakutkan pun terjadi di tahun 2022 lalu, di mana Chiesa menderita cedera ACL yang merupakan momok bagi hampir semua atlit olahraga di seluruh dunia. Cedera di bagian ACL tersebut lah yang kemudian membuat Chiesa harus menghabiskan sebagian besar tahun 2022 dengan duduk di ruang perawatan. Saat kembali, sayang memang tak mudah bagi Chiesa menemukan kembali penampilan terbaiknya. Beberapa kali ia tunjukkan performa yang apik namun ia tak bisa secara konsisten menjaga penampilan apiknya tersebut.

Kontrak Segera Habis

Saat ini sisa kontrak Federico Chiesa bersama dengan Juventus hanya tersisa satu tahun lagi atau akan selesai di musim panas tahun 2025 mendatang. Manajemen Juventus sangat sadar dengan hal tersebut, jadi mereka memang sudah mengupayakan untuk memperpanjang kontrak sang pemain, lantaran Chiesa bagaimanapun pemain yang mereka andalkan sampai dengan saat ini.

Akan tetapi memang Juve masih belum berhasil, pasalnya sama sekali tak ada jaminan sang pemain bisa bertahan di musim depan. Percobaan perpanjangan kontrak dengan sang pemain pun berjalan mandek dan sampai saat ini belum ada kesepakatan apapun mengenai kontrak baru. Kondisi ini tentu saja membuka kemungkinan sang pemain bisa dilepas oleh Juve di musim panas tahun ini atau juga di tahun depan.

Jika tidak bisa sama sekali merubah kondisi yang ada mengenai kontrak Chiesa ini, maka manajemen Juve harus membuat keputusan secepatnya. Mereka mungkin juga akan melepas Chiesa di musim panas tahun ini karena masih bisa diuangkan mengingat Chiesa memiliki banyak peminat. Karena jika mereka lamban, Juve malah akan kehilangan Chiesa secara cuma cuma dengan status free transfer tahun depan.

Jadi Rebutan Liverpool dan Newcastle

Melansir laporan di laman La Gazzetta dello Sport, sosok Federico Chiesa sendiri tidak sepi peminat meski performanya turun seusai menderita cedera ACL. Salah satu tim yang dikabarkan masih memantau kondisi sang pemain adalah Liverpool. Manajemen The Reds masih membuka kemungkinan merekrut Chiesa, apalagi biaya transfernya dikabarkan tak akan terlalu besar.

Selain Liverpool, tim yang menginginkan jasa Chiesa adalah Newcastle. Tim Kaya Raya baru di Premier League tersebut bahkan sudah pernah coba mendatangkannya di musim panas tahun lalu tapi gagal. Manajemen The Magpies pun kemungkinan akan kembali berusaha merekrutnya musim panas tahun 2024 nanti.