google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fitur Baru Instagram, Dari Tanggal Lahir Hingga Anti Bullying

Fitur baru instagram
Source : http://www.pixabay.com

Pengguna aplikasi sosial media Instagram akan menemukan hal yang berbeda saat membuka aplikasi tersebut. Sebagai aplikasi sosial media dengan beragam menu, sejumlah fitur baru pun dihadirkan di dalamnya oleh sang pengembang. Hal itu tentu saja merupakan upaya Instagram untuk melindungi penggunanya. Apa sajakah fitur baru Instagram tersebut?

Saat membuka aplikasi Instagram, pengguna akan ditanyai tentang informasi tanggal lahir atau ulang tahun mereka. Akan muncul tampilan berupa kolom informasi tanggal ulang tahun yang wajib diisi oleh seluruh pengguna Instagram.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya Instagram dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna di platformnya.

Menurut keterangan Vice President of Youth Product Instagram, Pavni Diwanji, permintaan mengisi tanggal ulang tahun ini berfungsi untuk membantu Instagram dalam menyajikan pengalaman yang disesuaikan dengan usia penggunanya. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bentuk perlindungan terhadap privasi pengguna sekaligus juga keamanan selama menggunakan Instagram.

Hal ini menjadi perhatian khusus pihak Instagram terutama pengguna remaja. Contohnya saja pada bulan Juli 2021 lalu, pengguna baru Instagram yang usianya di bawah 16 tahun atau 18 tahun akan mengalami akun mereka dikunci (private) secara otomatis atau default.

Sementara itu, untuk pengguna remaja yang sudah lama mendaftar dan terlanjur mengatur akunnya secara publik, pihak Instagram akan mendorong mereka agar menjadikan akun mereka sebagai akun privat.

Masih menurut Diwanji, informasi tanggal lahir atau ulang tahun ini juga diperlukan oleh Instagram agar dapat mempersonalisasi pengalaman pengguna, termasuk untuk hal memunculkan konten iklan yang lebih relevan.

“Informasi ini (tanggal lahir) memungkinkan kami untuk membuat fitur keselamatan baru bagi kalangan remaja. Hal ini juga membantu kami sehingga dapat memberikan pengalaman yang tepat yang sesuai dengan usia mereka,” kata Diwanji dalam sebuah keterangan yang diposting sebuah blog.

Cara Kerja Fitur Baru Ini

Sebagaimana dihimpun dari Blog Instagram, Rabu (1/9/2021), terdapat dua skema yang akan dilakukan oleh Instagram untuk meminta pengguna memasukkan tanggal lahir atau ulang tahun mereka.

Metode pertama, Instagram akan memunculkan notifikasi atau pemberitahuan yang menanyakan tanggal ulang tahun, yakni pada saat pengguna pertama kali membuka aplikasi.

Pemberitahuan tersebut akan ditampilkan secara berkala, sampai pengguna benar-benar mengisi informasi tanggal lahir/ulang tahunnya di Instagram.

Langkah kedua, Instagram akan menampilan sebuah “peringatan” pas pengguna sedang melihat postingan tertentu. Peringatan berupa pertanyaan tentang tanggal ulang tahun itu akan muncul sebelum pengguna membuka postingan tersebut.

“Kami (Instagram) juga akan menanyakan ulang tahun Anda sebelum Anda dapat melihat postingan itu,” kata Instagram masih dari postingan blog resminya.

Pemberitahuan dalam bentuk pertanyaan ini hanya akan muncul untuk pengguna Instagram yang belum memasukkan tanggal lahir atau ulang tahun mereka.

Artinya, apabila pengguna telah menautkan akun Instagram mereka ke akun Facebook sebelumnya, maka Instagram akan secara otomatis menambahkan tanggal lahir yang tercantum di akun Facebook.
Sebelumnya, peringatan serupa sudah dimunculkan Instagram untuk konten-konten yang dinilai sensitif atau vulgar. Namun sayangnya, peringatan tersebut tidak menanyakan pengguna mengenai tanggal ulang tahun mereka.

Lebih lanjut, pengembang Instagram juga menambahkan bahwa pihaknya berencana mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk bisa memprediksi berapa usia dari penggunanya yang merujuk pada unggahan yang berhubungan dengan hari ulang tahun.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mungkin mencantumkan tanggal lahir yang salah. Oleh karena itu, kami sedang mengembangkan sistem baru untuk mengatasi hal tersebut,” jelas Instagram.

Pembatasan Direct Message (DM)

Menyadari meningkatnya resiko dan peluang terhadap aksi pelecehan yang dapat tersebar melalui media sosial, Instagram saat ini juga merilis fitur yang berupa tools. Dengan tools baru ini, pengguna bisa mem-filter siapa saja yang diizinkan untuk mengirim pesan ke DM mereka.

Kedepannya, tools yang menjadi fitur baru Instagram ini akan memfilter secara otomatis isi pesan dari pengguna lain yang berisi kalimat maupun kata-kata berbau sindiran atau menyinggung.

Melalu postingan resminya, Instagram menjelaskan bahwa tools ini memang berfokus pada isi pesan yang ada di kolom permintaan DM atau Direct Message.

Sebab di kolom inilah pengguna biasanya menerima pesan yang mungkin bernada kasar, tidak seperti pesan DM biasa, di mana mereka menerima pesan dari teman. Sehingga, pengguna lain tidak bisa sembarangan mengirim pesan tidak menyenangkan begitu saja.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna bisa masuk ke aplikasi Instagram lalu mengunjungi menu Pengaturan Privasi dan pilih opsi “DM Requests”.

Itulah tadi dua dari sejumlah fitur baru Instagram yang sudah mulai diperkenalkan kepada para penggunanya. Jadi apabila kamu sedang asyik bermain Instagram dan menemukan permintaan memasukkan tanggal lahir, jangan dulu panik. Bisa jadi memang itu adalah bagian dari fitur Instagram yang telah kita bahas di atas.