google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fitur Baru Yang Membuat RAM OPPO A74 Bisa Mencapai 11 GB

Sebagai salah satu smartphone kelas menengah unggulan OPPO di tahun 2021, OPPO A74 dibekali dengan beragam fitur baru yang bakal menarik perhatian penggunanya. Salah satu fitur unggulan tersebut bahkan dapat membuat RAM OPPO A74 bisa mencapai 11 GB, lho.

Melalui pembaruan ColorOS 11.1 versi CPH2219_11_A.16, pengguna OPPO A74 akan mendapatkan sebuah fitur unik yang diberi nama Memory Expansion atau RAM Expansion.

RAM Expansion sendiri merupakan fitur terbaru yang dibuat oleh OPPO. Fitur tersebut bekerja dengan memanfaatkan ruang penyimpanan internal yang kosong atau sedang tidak digunakan untuk menambah kapasitas RAM smartphone. Dengan kata lain, fitur ini mampu meningkatkan kinerja dari OPPO A74, terutama untuk melakukan aktivitas multitasking.

Di sisi lain, OPPO juga mengklaim bahwa fitur RAM Expansion tersebut bisa mengurangi lag sewaktu pengguna menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan maupun bermain game dalam OPPO A74.

Perlu untuk diketahui, penyimpanan internal dari OPPO A74 menggunakan UFS 2.1 dengan kapasitas maksimal 128 GB. Teknologi tersebut memiliki kecepatan membaca data lebih dari 850 MBps dan kecepatan tulis lebih dari 250 MBps. Dengan begitu, kapasitas kosongnya dapat dipinjam untuk menjadi RAM.

Fitur RAM Expansion inipun kemudian hadir untuk mengizinkan para pengguna OPPO A74 menambahkan RAM dengan pilihan kapasitas 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB. Dengan kata lain, smartphone ini dapat memiliki kapasitas total RAM sampai dengan 11 GB dengan gabungan RAM bawaan 6 GB dan fitur RAM Expansion yang meminjam kapasitas internal maksimal sebesar 5 GB.

Sebagai syarat agar pengguna bisa menikmati fitur RAM Expansion, OPPO A74 yang digunakan sudah harus mendapatkan ColorOS 11.1 versi CPH2219_11_A.16. Jadi pastikan kamu sudah menggunakan versi sistem operasi terbaru untuk menikmati fitur terbaru OPPO ini, ya.

Apabila sudah update ke versi CPH2219_11_A.16, maka selanjutnya pengguna hanya perlu masuk ke menu About Phone yang dapat ditemukan di halaman atau aplikasi Settings. Setelah itu, pengguna dapat memilih informasi RAM untuk menuju ke halaman RAM Expansion.

Pada halaman RAM Expansion, pengguna lalu dapat memilih kapasitas internal kosong yang akan dijadikan RAM dengan pilihan 2 GB, 3 GB, dan 5 GB untuk disesuaikan dengan kapasitas yang diinginkan. Tentu saja pemilihan kapasitas maksimal akan membuat kinerja multitasking dari OPPO A74 semakin meningkat.

Setelah memilih kapasitas yang diinginkan pada RAM Expansion, maka pengguna dapat melakukan restart perangkat mereka. Setelah OPPO A74 menyala kembali, maka fitur RAM Expansion secara otomatis akan diterapkan pada sistem.

Sebagai ilustrasi, apabila pengguna memilih kapasitas sebesar 5 GB, maka pada halaman About Phone akan tertulis RAM 6 GB + 5 GB (Expansion). Fitur ini sendiri bisa dibilang akan terasa berpengaruh ketika pengguna membuka banyak aplikasi maupun melakukan aktivitas multitasking di OPPO A74.

Meskipun RAM 6 GB bawaan memang sudah terbilang lapang agar aktivitas multitasking berjalan lancar, namun dapat dipastikan performa OPPO A74 akan terasa lebih lancar dengan hadirnya penambahan memori melalui fitur RAM Expansion tersebut.

Sebagai perangkat canggih masa kini, OPPO A74 telah menghadirkan fitur tak biasa seperti RAM Expansion yang cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan harga jual di pasaran Indonesia mencapai Rp 3.499.000. Harga yang sebenarnya cukup sesuai diterapkan pada smartphone ini, mengingat spesifikasinya yang andal dan ditambah dengan fitur terbarunya yang belum dimiliki oleh smartphone lain di kelasnya.