google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fitur Body Battery di Smartwatch Garmin, Apa Fungsinya?

Fitur body battery
Source : http://www.garmin.co.id

Sejak memasuki tahun 2018, seperti kita ketahui smartwatch Garmin sudah hadir membawa fitur monitor kesehatan yang diberi nama fitur Body Battery dan disematkan pada beberapa produk canggih buatannya.

Melalui sebuah acara bernama Manfaat Gawai di Era Pandemi yang diselenggarakan secara virtual pada 29 September 2021 lalu di Indonesia, pihak Garmin Indonesia pun menjelaskan bagaimana cara kerja fitur Body Battery pada jajaran smartwatch buatannya. Fitur unik ini dapat membantu penggunanya untuk memahami kondisi tubuh sehingga mereka dapat dengan bijaksana dalam menjalankan aktivitas harian dan memulai gaya hidup sehat aktif.

Rian Krisna sebagai Country Manager dari Garmin Indonesia pada kesempatan tersebut menjelaskan fungsi Body Battery yang berhubungan dengan kekhawatiran akan situasi pandemi COVID-19 yang belum usai hingga saat ini.

“Terkadang orang menganggap dirinya fit kemudian memforsir tubuh mereka untuk melakukan beragam aktivitas, bahkan juga pekerjaan berat. Dengan menggunakan fitur Body Battery ini, pengguna Garmin dapat lebih baik dalam mengenali tubuh sehingga kemudian kita bisa lebih bijak dalam merencanakan intensitas aktivitas harian kita serta menentukan kapan harus beristirahat,” ungkap Rian.

Body Battery sendiri merupakan suatu indikator jumlah energi atau daya yang dimiliki oleh pengguna smartwatch Garmin yang diperoleh dengan menggabungkan antara data aktivitas, tingkat stress, masa pemulihan, dan data istirahat pengguna.

Menariknya lagi, fitur Body Battery ini mampu menginterpretasikan perubahan detak jantung untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara saraf simpatetik (saraf yang bertanggung jawab mempercepat kerja organ tubuh manusia) dengan saraf parasimpatik (saraf yang bertanggung jawab atas fungsi istirahat dan sistem cerna tubuh).

Masih pada acara virtual tersebut, Rian juga menjelaskan bahwa naik turunnya Body Battery manusia dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk diantaranya adalah gaya hidup. Pada dasarnya, istirahat yang cukup dan kualitas tidur yang baik dapat mendukung mempertahankan dan meningkatkan nilai pada Body Battery.

Sementara itu padatnya jadwal kerja dari pengguna, intensitas olahraga yang cukup tinggi, dan juga konsumsi alcohol secara berlebihan dapat membuat tingkat Body Battery menurun. Atau dengan kata lain, fitur tersebut dapat membantu kamu untuk lebih menjaga kesehatan tubuh.

Sampai dengan saat ini, Fitur Body Battery sendiri sudah disematkan pada beragam smartwatch Garmin. Jika kamu ingin mengetahui apakah smartwatch Garmin yang kamu punya sudah memiliki fitur tersebut, berikut adalah daftar smartwatch Garmin dengan fitur Body Battery.

Garmin Vivosmart 4
Garmin Forerunner 55
Garmin Forerunner 45
Garmin Forerunner 245
Garmin Forerunner 745
Garmin Forerunner 945
Garmin Vivoactive 4
Garmin Vivoactive 4s
Garmin Venu 2
Garmin Venu SQ
Garmin Instinct (Solar series)
Garmin Approach S62
Garmin Fenix 6 Series
Garmin Fenix 6X Series
Garmin Vivomove 3
Garmin Lily


Meskipun dapat membantu memonitor kondisi kesehatan, pihak Garmin Indonesia yang diwakili oleh Rian mengatakan bahwa Body Battery pada produk Garmin ini tidak dapat dijadikan sebagai alat medis. Akan tetapi fitur ini dapat digunakan sebagai indikator awal pada saat pengguna ingin berkonsultasi terkait kesehatan mereka dengan dokter.

Kabar baik untuk kamu yang berencana memiliki jam tangan pintar buatan Garmin ini. Sepanjang bulan Oktober 2021, pembeli berkesempatan untuk mendapatkan promo di Garmin Brand Store untuk berbagai model smartwatch yang memiliki fitur Body Battery. Promo tersebut seperti diskon Rp 1.300.000 untuk tipe Garmin Fenix 6X Series dan juga diskon Rp 800.000 untuk tipe Garmin Instinct (Solar Series).