google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Fitur Telepon Satelit Ada di iPhone 13, Tak Perlu Sinyal 4G?

Fitur telepon satelit
Source : http://www.wiser.my

Kabar simpang siur masih terus mengalir di dunia maya tentang seri terbaru iPhone, yang disebut-sebut sebagai iPhone 13. Informasi teranyar menyebutkan bahwa perangkat iPhone 13 mampu melakukan panggilan telepon dan pesan singkat walaupun tidak terhubung ke jaringan 4G maupun 5G. Fitur telepon satelit iPhone akan dihadirkan pada seri terbarunya itu.

Ming-Chi Kuo, seorang analis ternama yang sering kali membuat prediksi tentang produk milik Apple dengan benar, mengatakan bahwa iPhone 13 yang masih dalam perencanaan itu akan dibekali dengan fitur telepon satelit.

Menurut kabar lain yang beredar, iPhone 13 nantinya juga akan dipersenjatai dengan hardware yang dapat tersambung dengan sebuah satelit bernama low earth orbit (LEO). Informasi ini diungkapkan oleh Kuo dalam sebuah catatan yang ditulisnya kepada para investor.

Dengan adanya fitur anyar ini, akan memungkinkan pengguna tetap bisa berkomunikasi walaupun sedang berada di daerah terpencil yang belum tercakup oleh jaringan seluler yang memadai.

Agar dapat terhubung ke satelit LEO, disebutkan oleh Kuo pihak Apple akan menggunakan chip modem Qualcomm X60 yang telah dilakukan beberapa penyesuaian.

Selain itu, diprediksi pula bahwa Apple akan bekerja sama dengan penyedia layanan komunikasi satelit Globalstar agar bisa menyediakan layanan fitur telepon satelit ini pada perangkat terbaru mereka.

Ke depannya, deretan iPhone 13 diyakini akan dapat menikmati layanan satelit LEO dengan ketentuan operator seluler yang dipergunakan sudah bekerja sama dengan Globalstar.

Hal ini berarti, jika pengguna menggunakan operator seluler yang tidak atau belum bekerja sama dengan Globalstar, ada kemungkinan mereka tidak bisa memanfaatkan layanan telepon satelit ini sekalipun perangkatnya sudah mendukung.

Lebih lanjut, layanan komunikasi via satelit LEO ini juga disebut-sebut akan menjadi tren baru di dunia smartphone dan Kuo menyebut bahwa Apple terlihat sangat “optimis” terkait tren anyar tersebut.

Disebut-sebut, pihak Apple ingin agar penggunanya di masa yang akan datang tidak perlu lagi mengkhawatirkan jangkauan operator seluler dan internet sewaktu mereka bepergian ke suatu tempat dimanapun.

Apple bahkan dikabarkan sampai membentuk sebuah tim khusus pada tahun 2019 lalu untuk melakukan riset dan pengembangan terkait teknologi satelit LEO tersebut, sebelum menyertakan fitur telepon satelit di perangkat mereka.

Pada tahun 2017 yang lalu, Apple juga diberitakan sempat mempekerjakan dua mantan eksekutif Google yang diketahui memiliki keahlian di bidang satelit dan juga teknologi terkait lainnya.

Dengan beragam upaya yang telah ditempuh tersebut, Kuo menambahkan bahwa pihak Apple berencana akan menghadirkan dan memfungsikan LEO ke sejumlah seri produk terbarunya.

Di antara produk tersebut seperti kacamata mixed-reality, kendaraan listrik, dan perangkat IoT lainnya, sebagaimana telah dihimpun oleh MacRumors, pada Selasa (31/8/2021).

Meskipun demikian, pihak Apple sendiri belum menyebarluaskan informasi apapun sehubungan dengan deretan produk masa depan tersebut, termasuk juga deretan iPhone 13 beserta fitur andalannya. 

Bahkan hingga saat ini pihak Apple pun masih belum mengumumkan nama untuk penerus dari iPhone 12 nantinya. Namun melihat sejumlah langkah yang sudah dijalankan oleh pihak produsen gadget berlogo apel tergigit tersebut, nampaknya sudah jelas di depan mata bahwa seri terbaru Apple akan lebih kompetitif di pasar elektronik. Tentu saja dengan keberadan fitur telepon satelit yang diklaim merupakan pertama kalinya terdapat pada sebuah perangkat telepon pintar sejauh ini.

Jadi, mari kita nantikan saja kabar selanjutnya terkait telepon satelit andalan iPhone ini ya.