google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Galaxy Watch4 Dengan WearOS, Spesifikasi dan Harga

Source : http://www.samsung.com

Melalui gelaran Galaxy Unpacked yang berlangsung virtual, Samsung Electronics Indonesia baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari rangkaian smartphone lipatnya pada hari Rabu 11 Agustus kemarin (11/8). Tidak hanya smartphone, Samsung Indonesia juga mengumumkan secara resmi seri smartwatch generasi keempatnya, yaitu Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic. Kedua perangkat tersebut disebut-sebut membawa sejumlah fitur kesehatan yang ditingkatkan, serta seri perdana yang mengusung Wear OS bagi perangkat Galaxy Watch.

“Kami menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa untuk seri Galaxy Watch bersamaan dengan konsumen yang telah menemukan manfaat kesehatan dan kenyamanan dari perangkat wearables,” demikian ungkap Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics. “Kami memahami bahwa setiap orang memiliki pola dan cara yang berbeda untuk mencapai dan mempertahankan kebugaran, sehingga kami mengembangkan rangkaian fitur kesehatan dan kebugaran yang mumpuni untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan lebih bermanfaat tentang kebugaran secara menyeluruh bagi pengguna.” sambungnya.

Galaxy Watch4 telah dilengkapi dengan sensor 3-in-1 Bioactive dimana ini berfungsi untuk memonitor tekanan darah, mendeteksi detak jantung AFib yang tidak teratur, serta mengukur kadar oksigen dalam darah.

Selain itu, untuk pertama kalinya sebuah smartwatch dilengkapi dengan alat penghitung Body Composition. Alat ini berfungsi memberikan pemahaman lebih kepada pengguna tentang kesehatan dan kebugaran mereka secara umum, dengan alat pengukuran utama seperti skeletal muscle, tingkat metabolisme basal, kadar air dan juga persentase lemak tubuh.

Fitur kesehatan lainnya pada smartwatch ini adalah Group Challenges, di mana pengguna bisa menikmati serangkaian latihan bersama dengan teman dan keluarga, melalui panduan gym yang dapat disambungkan ke Samsung Smart TV. Terdapat pula fitur Sleep Scores yang akan mempelajari pola tidur pengguna, melalui pengukuran kadar oksigen dalam darah saat tidur dan deteksi dengkuran tidur.

Galaxy Watch pertama dengan Wear OS

Sebagaimana berita yang beredar sebelumnya, untuk pertama kalinya Samsung menggunakan Wear OS pada jam tangan pintarnya. Ini merupakan Wear OS Powered by Samsung – buatan tim Samsung dan Google, di mana setiap aspek pengalamannya ditingkatkan untuk kenyamanan pengguna.

Wear OS dengan One UI Watch ini memberikan akses kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi Google pada smartwatch, seperti Google Maps, layanan Samsung, seperti Samsung Pay dan Bixby, mode do not disturb, fitur Auto Switch, dan Gesture Controls. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store juga dimungkinkan untuk digunakan, meliputi Adidas Running, Calm, Strava, dan Spotify.

Dari sisi performa, Galaxy Watch4 telah mengalami peningkatan dengan memanfaatkan prosesor 5nm pertama. Pihak Samsung mengklaim, CPU 20% lebih cepat, RAM 50% lebih besar, dan GPU 10x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Sementara itu, resolusi layarnya sekarang ini menjadi 450 x 450 piksel. Dibekali oleh kapasitas baterai 361 mAh, Galaxy Watch4 ini mampu bertahan selama 40 jam pemakaian. Dengan pengisian selama 30 menit dapat memberikan daya baterai sampai dengan 10 jam.

Sementara itu, bagi pecinta gaya klasik yang lebih timeless dan premium, sangat direkomendasikan untuk memilih Galaxy Watch4 Classic, yang hadir dalam desain bezel putar. Sedangkan untuk desain yang terlihat lebih modern dan minimalis, maka Galaxy Watch4 adalah jawabannya. Kedua smartwatch tersebut saat ini sudah dapat dipre-order di Indonesia mulai 11-29 Agustus 2021.

Galaxy Watch4 versi 40mm dijual dengan harga Rp2.999.000, sementara versi 44mm dapat dibeli dengan harga Rp3.499.000. Pada saat peluncurannya, varian 40mm akan tersedia dalam warna Black dan Pink Gold, sementara varian 44mm akan ditawarkan dalam warna Black, Silver, dan Green.

Sedangkan untuk seri Galaxy Watch4 Classic dijual mulai Rp. 4.499.000 untuk versi 42mm Bluetooth, dan Rp. 4.999.000 untuk versi 46mm Bluetooth, serta Rp. 5.999.000 untuk model LTE. Versi Bluetooth sendiri tersedia dalam varian warna Black dan Silver, sementara versi LTE hanya tersedia dalam warna Black.

Sistem pre-order untuk semua model Smarrtwatch Samsung ini dapat dilakukan di toko online Samsung.com/id. Sebagai bentuk promosi, pemesanan yang dilakukan selama periode pre-order dapat membawa pulang paket bundling senilai hingga Rp. 1.029.000 yakni bundle Extreme sports strap, kesempatan untuk memperoleh cashback bank dari BRI dan DBS, serta bundle e-SIM Smartfren (khusus untuk Galaxy Watch4 Classic LTE).

Melihat spesifikasi dan juga varian Galaxy Watch4 yang lebih beragam, rasanya tidak berlebihan menjadikan smartwatch buatan Samsung ini sebagai salah satu barang elektronik impian kamu. Ditambah dengan sejumlah fitur pemeriksaan kesehatan yang disematkan di dalamnya, pengguna bukan hanya akan mendapatkan fashion, tapi juga gaya hidup yang lebih sehat melalui smartwatch satu ini.

Disamping itu, harga yang ditawarkan untuk setiap variannya pun bisa dikatakan standar, sebagaimana harga sebuah smartwatch dengan beragam kemampuan ajaibnya. Ditambah dengan program promosi yang ditawarkan, nampaknya akan menjadikan Samsung Galaxy Watch4 ini gadget yang paling diminati saat ini.