google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Ganti Background Google Meet di Laptop atau Smartphone? Mudah Kok!

Diberlakukannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah wilayah di Indonesia tentunya membuat hampir seluruh aktivitas tatap muka warga negara Indonesia pun mengalami perubahan. Berbagai aktivitas berjalan secara onlien atau daring dengan mengandalkan sejumlah aplikasi seperti Zoom dan Google Meet. Mengubah tampilan latar belakang ketika harus meeting dengan Google Meet mungkin bisa menghilangkan kejenuhan sejenak. Lalu, bagaimana caranya untuk ganti background Google Meet melalui laptop atau HP?

Menghabiskan waktu hampir seharian di depan layar untuk melakukan video konferensi awalnya mungkin menyenangkan. Namun mengingat aktivitas tersebut telah kita lakkan secara rutin hampir setiap hari selama beberapa waktu terakhir, rasanya hal yang wajar jika mengalami rasa jenuh dan bosan. Nah, mengubah tampilan latar belakang atau background pada layanan Google Meet bisa jadi salah satu cara mengusir kejenuhan yang menyerang.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi lain atau bantuan dari layanan pihak ketiga untuk mengganti latar belakang Google Meet kamu. Mengapa demikian? Sebab dalam hal ini Google telah menanamkan sebuah fitur yang berfungsi untuk mengubah gambar latar belakang tampilan Google Meet kamu.

Untuk ganti background Google Meet, pada dasarnya kamu cukup membuka layanan Google Meet tersebut setelah itu memilih tombol Change Background. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-lagkah yang bisa kamu lakukan.

Langkah Mengganti Background Google Meet

Di Handphone

  • Buka aplikasi Google Meet di smartphone
  • Lakukan login apabila belum masuk ke layanan
  • Pilih opsi Gabung atau buat konferensi video untuk memulai
  • Kemudian, klik tombol Change Background pada layar pratinjau kamera sendiri
  • Pada menu ini kamu bisa memilih efek atau gambar latar yang disukai
  • Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gambar sendiri dengan cara memilih tombol Add (ikon plus)
  • Selanjutnya, ketuk tombol Done atau Close (ikon X) apabila sudah selesai
  • Apabila dibutuhkan, klik tombol Join
  • Untuk dapat menggunakan dukungan gambar latar belakang pada Google Meet, tentunya ada persyaratan minimal dari sistem smartphone agar aplikasi dapat terpasang.

Bagi kamu pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, pilihan untuk mengganti background hanya dapat dilakukan oleh perangkat dengan versi Android 9 Pie ke atas. Sedangkan untuk pengguna Apple memerlukan minimal iOS 12 dengan perangkat iPhone 8 maupun iPad generasi 5 atau yang lebih tinggi.

Di Komputer

  • Login ke layanan Google Meet melalui aplikasi peramban yang tersedia
  • Kemudian, pilih Gabung ke pertemuan atau meeting yang ada
  • Pilih tombol Change Background untuk mengganti latar
  • Setelah itu, kamu bisa memilih gambar latar ataupun efek yang diinginkan
  • Bisa juga memanfaatkan tombol Add (ikon Plus) apabila ingin menggunakan gambar pribadi dari komputer
  • Setelah memilih, klik tombol Change Background sekali lagi
  • Terakhir, klik opsi Join Now untuk bergabung ke pertemuan
  • Menggunakan cara yang kurang lebih sama, kamu juga bisa mengganti gambar latar belakang pada saat konferensi video sedang berlangsung, yaitu dengan mengetuk tombol More Options (ikon titik tiga vertikal) kemudian memilih opsi Change Background.

Pilihan latar belakang yang tersedia pun akan sama seperti pengaturan sebelum konferensi video dilakukan, hanya saja kamu bisa melihatnya di sebelah kanan layar dan perlu untuk memilih tombol Close (ikon x) bila ingin menutupnya.

Perlu untuk diketahui, pilihan untuk mengganti gambar latar belakang pada komputer ini hanya tersedia apabila kamu mengaktifkan opsi hardware acceleration di mana pengaturannya bisa jadi berbeda-beda tergantung dari aplikasi peramban yang digunakan.

Sebagai contoh, pada peramban Google Chrome, kamu bisa mengaktifkan opsi tersebut pada halaman chrome://settings (pengaturan peramban) kemudian masuk ke menu Advanced dan membuka submenu System.

Selain pengaturan pada opsi hardware acceleration ini, kamu juga hanya bisa memanfaatkan fitur gambar latar belakang virtual Google Meet pada komputer dan aplikasi peramban dengan tampilan arsitektur 64bit.

Demikianlah tadi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan latar belakang atau background Google Meet kamu, baik melalui smartphone ataupun melalui laptop dan komputer. Semoga aktivitas ini semakin menyenangkan ya. Selamat mencoba!