google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Hasil Penelitian Terbaru, Gejala Infeksi Virus Corona Muncul Secara Berurutan

Gejala Infeksi Virus Corona Muncul Secara Berurutan

Urutan munculnya gejala infeksi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini adalah diawali demam, lalu batuk dan juga nyeri pada otot, disusul rasa mual dan muntah, serta diare. Urutan ini pun ternyata berbeda dengan jenis penyakit pernapasan yang lainnya, sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi gejala Covid-19.

Sampai sekarang ini, memang masih harus dilakukan lebih banyak lagi penelitian seputar pola infeksi dari virus corona. Hasil dari riset terbaru saat ini pun membuktikan bahwa gejala dari Covid-19 ternyata dapat muncul secara berurutan yang terdapat pola di dalamnya.

Kesimpulan ini pun diperoleh setelah para peneliti mendalami pola gejala infeksi yang muncul pada pola setidaknya sekitar 50 ribu pasien positif Covid-19 di negara Tiongkok. Lalu, apa yang dimaksud dengan penemuan tersebut? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Penelitian Terbaru Mengenai Urutan Munculnya Gejala Covid-19 Yang Berpola

Berdasarkan pada riset terbaru yang sudah dilakukan oleh para peneliti asal Amerika Serikat, James Hick dan juga Peter Kuhn dari University of Southern California Amerika Serikat, gejala dari Covid-19 ini pada umumnya muncul dengan urutan seperti di bawah ini.

  • Demam tinggi
  • Batuk dan juga nyeri pada otot
  • Mual dan muntah, serta
  • Diare

Penelitian ini pun sudah dilakukan menggunakan sebanyak 55 ribu lebih data dari para pasien positif Covid-19 di negara Tiongkok milik Badan Kesehatan Dunia (WHO). Para peneliti ini juga sudah menggunakan data tambahan sekitar 1.100 data pasien dari Kementerian Kesehatan Tiongkok.

Untuk bisa membandingkan urutan dan juga membedakan gejala infeksi Covid-19 dari gejala influenza, para peneliti sudah menggunakan sebanyak 2.470 data pasien positif influenza dari Eropa, Amerika Utara serta negara yang tepat berada di bawah garis Khatulistiwa.

Alasan Urutan Dari Gejala Infeksi Virus Corona Yang Wajib Diketahui

Urutan gejala dari infeksi virus corona ini memang penting sekali diketahui supaya penyakitnya pun dapat segera dibedakan dari jenis penyakit lainnya yang memiliki gejala yang serupa. Sebagai contohnya untuk penyakit influenza, memiliki gejala seperti halnya batuk, demam, serta nyeri pada otot bakalan dirasakan.

Jadinya di tengah situasi pandemi sekarang ini, sebenarnya cukup sulit untuk membuktikan infekis virus corona yang diderita oleh para pasiennya kecuali dengan cara pemerikaan swab. Dengan diketahui urutan kemunculan gejala inilah influenza dan juga Covid-19 bisa jadi lebih mudah sekali dibedakan.

Untuk Covid-19, gangguan pada sistem pencernaan di atas, seperti halnya mual dan juga muntah terjadi lebih dulu sebelum munculnya gangguan pada sistem pencernaan bagian bawah termasuk juga diare. Sementara itu pula untuk jenis penyakit lainnya seperti SARS dan MERS ini urutan kemunculan dari gejalanya justru sebaliknya.

Dengan kita mengenali urutan munculnya gejala infeksi virus corona ini ternyata dapat pula membantu dokter supaya bisa menentukan langkah untuk penanganan serta perawatan yang lebih sesuai. Sehingga, para pasien pun bakalan mendapatkan penanganan dengan begitu cepatnya sebelum kondisi kesehatan memburuk.

Gejala Dari Infeksi Virus Corona Yang Lainnya Harus Diwaspadai

Covid-19 ini adalah penyakit dengan spectrum yang cukup luas. Yang artinya adalah gejala yang muncul pun tidak begitu spesifik dan hampir sama seperti gejala penyakit yang lainnya.

Selain batuk, demam, diare, hingga gangguan pernapasan yang lainnya, berikut ini merupakan beberapa dari kondisi yang dapat muncul sebagai salah satu gejala infeksi Covid-19.

  • Sakit kepala
  • Kehilangan kemampuan mencium dan merasakan aroma
  • Menggigil
  • Munculnya ruam atau pun bercak merah pada kulit
  • Muncul lesi seperti halnya cacar air
  • Jempol kaki tampak menjadi warna biru atau covid toes
  • Mata menjadi merah dan meradang
  • Mata bengkak
  • Batuk darah
  • Pingsan
  • Gumpalan pada pembuluh darah
  • Kejang – kejang
  • Kerusakan pada organ jantung
  • Gangguan pada organ ginjal
  • Kerusakan organ hati

Sementara out juga, ada beberapaa gejala lainnya yang bersifat gawat darurat. Jikalau Anda atau pun keluarga yang sedang mengalami gejala di bawah ini, sebaiknya segera mendatangi unit gawat darurat terdekat.

  • Mengalami sesak napas
  • Nyeri pada dada
  • Bibir atau bagian wajah tampak menjadi biru
  • Mendadak menjadi linglung

Covid-19 juga sudah terbukti dapat memicu stroke untuk beberapa orang. Sehingga tidak ada yang salah bila muncul gejala stroke seperti wajah terasa kebas satu sisi, tangan menjadi sulit digerakkan, dan juga artikulasi bicara yang kurang jelas, secepatnya periksakan diri ke dokter.

Selain itu pun, persiapkan diri untuk dengan segala kemungkinan yang muncul dari hasil pemeriksaan infeksi virus corona.

Bila Sedang Merasakan Gejala Covid-19, Langkah Yang Seharusnya Dilakukan

Jikalau Anda sedang merasakan beberapa gejala Covid-19, ditambah lagi dengan pernah kontak langsung dengan orang positif Covid-19, maka sebaiknya untuk menjalani pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang ada.

Nantinya, Anda bakalan disarankan untuk menjalani rapid tes atau pun PCR swab bila memungkinkan. Sembari menunggu hasil dari pemeriksaan tersebut, pastikan untuk isolasi diri terlebih dahulu. Hindari kontak langsung dengan orang lain sebelum hasil tes tersebut keluar. Setelah hasil tesnya keluar, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan, seperti halnya :

Jika Hasil Tes Dinyatakan Negatif

Apabila Anda sudah melakukan pemerikasan tes PCR atau pun swab antigen dan hasil yang keluar ini adalah non reaktif, jangan langsung Anda menyimpulkan negatif Covid-19.

Jika hasil swab antigen ini non reaktif, maka pada tahapan selanjutnya perlu dilakukan ialah dengan segera mengisolasi diri di dalam rumah sambil juga menerapkan protokol hidup sehat dan bersih bersama dengan anggota keluarga yang lainnya.

Lalu, segera lakukan tes ulang lagi setelah 10 hari dari tes pertama. Tes ini dilakukan sebab ketika seseorang sudah terinfeksi virus corona, tubuhnya akan segera membuat antibodi supaya bisa melawannya.

Antibodi ini tidak bisa langsung terbentuk dalam waktu cepat saat Anda terinfeksi virus, dibutuhkan waktu selama 10 hari sampai antibodi ini bisa dideteksi dengan alat. Jadinya, kalau pun Anda masih belum terinfeksi pada hari ini, bisa jadi sudah ada virus di dalam tubuh Anda.

Jika Hasil Tes Menunjukkan Positif Covid-19

Sementara itu bila hasil tes menunjukkan hasil reaktif, maka para petugas medis pun akan langsung menyarankan Anda melakukan pemeriksaan PCR swab. Bila hasil dari tes PCR ini positif, maka Anda dengan gejala ringan akan diberikan pilihan untuk isoman di rumah dengan protokol kesehatan ataukah harus dirawat di rumah sakit.

Orang dengan gejala yang sedang sampai berat, maka akan langsung dirujuk untuk segera di rawat di rumah sakit.

Dengan terus ditemukannya pola dari penularan dan juga gejala infeksi virus corona yang baru ini, maka sebaiknya kita semua harus selalu mencari tahu tentang penyakit satu ini. Dengan cara itulah, risiko untuk menularkan virus dan mengalami komplikasi dapat berkurang.