google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Gianluigi Donnarumma Segera Merapat ke Barcelona

Gianluigi Donnarumma
Barcelona sudah cukup dekat untuk bisa mendatangkan Gianluigi Donnarumma dari AC Milan.

cr photo: Independent

Kiper Timnas Italia, yakni Gianluigi Donnarumma di bursa musim panas ini sudah memutuskan untuk pergi meninggalkan AC Milan. Kabarnya, Donnarumma sudah semakin dengan kepindahannya ke raksasa La Liga Spanyol, yakni Barcelona. Kabar ini disampaikan oleh salah satu jurnalis kenamaan asal Italia, yaitu Fabrizio Romano. Di mana ia mengatakan bahwa Barcelona sudah hanya tinggal menunggu keputusan final saja untuk pada akhirnya akan merekrut Donnarumma atau mencari penjaga gawang lainnya.

Sosok Donnarumma sendiri memang sudah memutuskan tidak akan memperpanjang masa baktinya bersama AC Milan. Kontrak kerjanya sendiri bersama Rossoneri akan segera selesai pada bulan Juni tahun ini. Kondisi itu jelas akan membuat petualangan karir Donnarumma di kota Milan yang sudah ia lalui selama 7 tahun segera berakhir. Kepergian Donnarumma ini cukup disesalkan sebagian pendukung Milan, karena Donnarumma merupakan salah satu kiper terbaik Italia saat ini. Ditambah lagi musim ini ia berhasil membantu AC Milan finish di posisi 3 klasemen akhir Liga Italia untuk kembali berlaga di Liga Champions musim depan.

Milan sendiri memang sudah mengantisipasi kepergian sang pemain saat Donnarumma sendiri mengumumkan akan pergi. Oleh karenaitu belum lama ini, Milan berhasil mendatangkan penjaga gawang asal Prancis, yakni Mike Maignan dari klub LOSC Lille. Maignan sendiri diboyong Milan usai tampil impresif dan membawa Lille mematahkan dominasi Paris Saint-Germain dengan menjuarai Ligue 1 Prancis musim 2020-2021. Selain itu Donnarumma memilih pergi juga karena ia dikabarkan ingin mencari tantangan baru bersama tim lain.

Barca Sudah Lakukan Negosiasi untuk Gianluigi Donnarumma

Salah satu klub yang menginginkan jasa Donnarumma adalah raksasa La Liga Spanyol, yakni Barcelona. Menurut laporan Fabrizio Romano, saat ini Presiden Klub Barcelona, yaitu Joan Laporta sudah mengadakan pertemuan dengan agen Donnarumma, Mino Raiola. Proses negosiasi dilaporkan terus berjalan antara kedua belah pihak dengan progres yang cukup baik. Bahkan Fabrizio Romano juga mengabarkan bahwa Barca sudah tinggal menunggu keputusan final saja untuk mendatangkan kiper nomer satu Timnas Italia tersebut.

Blaugrana sendiri memang saat ini tengah membutuhkan satu kiper lagi dengan kualitas jempolan, setelah kiper kedua mereka, yakni Neto, hampir dipastikan akan hengkang musim panas ini. Meski demikian, beberapa pihak sedikit ragu dengan keputusan Barca mendatangkan Donnarumma. Hal ini karena dinilai akan membuat posisi kiper akan terjadi persaingan antara Donnarumma dengan kiper tangguh Barca asal Jerman, Marc-Andre Ter Stegen.

Meski demikian, nampaknya hal tersebut tak terlalu jadi masalah, karena kondisi serupa, di mana Barca memiliki dua kiper top sudah pernah mereka alami di medio 2014-2016. Ketika itu posisi kiper Barcelona diisi Marc-Andre Ter Stegen dan Claudio Bravo. Namun kala itu pelatih Barca, Luis Enrique memutuskan lakukan rotasi yang cukup adil dengan memainkan dua kiper itu di kompetisi berbeda yang diikuti Barca. Langkah ini dinilai bisa dicontoh pelatih Barca saat ini apabila mereka tetap ingin mendatangkan seorang Donnarumma.

Lebih lanjut, alasan lain Barca menginginkan jasa Donnarumma adalah karena Ter Stegen sendiri yang memiliki riwayat rentan cedera. Musim ini beberapa kali posisinya mesti digantikan Neto karena cedera yang membuat lini pertahanan Barca tak meyakinkan. Dengan adanya Donnarumma, maka Barca tak akan khawatir bila Ter Stegen cedera mereka masih miliki satu kiper berkualitas yang siap diturunkan.

Namun walau sudah cukup dekat dengan perekrutan Donnarumma, Barca mesti waspada. Pasalnya yang menginginkan sang kiper bukan hanya mereka. Tercatat ada Juventus, Paris Saint-Germain, dan Manchester United yang juga sedang memantaunya. Dengan kondisi yang belum deal, segala kemungkinan masih sangat mungkin bisa terjadi.