google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Gold Cup: Bungkam Meksiko, Amerika Serikat Juara

Amerika Serikat vs Meksiko
Amerika Serikat juarai ajang Gold Cup 2021 usai mengalahkan Meksiko di partai final.

cr photo: NBC 5 Dallas

Hasil memuaskan berhasil didapat oleh tim nasional Amerika Serikat saat menghadapi Meksiko di laga final Gold Cup Concacaf 2021. Sebagai tuan rumah, Amerika Serikat lebih dijagokan memenangkan pertandingan ini. Akan tetapi skuad Meksiko justru tampil apik dan mendominasi sepanjang jalannya laga ini. Amerika harus bekerja keras untuk menahan gempuran gempuran skuad El Tri Colour. Lewat usaha tak kenal menyerah, Amerika sukses amankan kemenangan meski laga harus dilanjut sampai babak ekstra time. The Star and The Stripes memenangkan laga ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0.

Satu satunya gol yang lahir di laga ini menjadi penentu kemenangan pasukan Amerika Serikat dilesakkan oleh pemain mereka yang bernama, Miles Robinson. Secara statistik laga ini didominasi oleh Meksiko dengan catatan 65 persen berbanding 35 persen. Jumlah tembakan yang dilepas Tim Sombrero juga jauh lebih banyak, yakni mencapai 22 dengan 5 yang on target. Sedangkan Amerika tampil lebih efektif dengan hanya membuat 14 tembakan namun sukses melesakkan satu gol.

Atas kemenangan ini, Amerika Serikat dipastikan menjadi juara ajang Gold Cup Concacaf edisi 2021. Gelar ini menjadi gelar juara Gold Cup yang ke-12 yang diraih oleh Amerika. Jumlah tersebut masih menjadikan Amerika Serikat sebagai pemegang gelar juara terbanyak ajang Gold Cup dan kian menegaskan dominasi mereka di dataran Concacaf. Sedangkan untuk Meksiko, kekalahan ini membuat mereka harus merelakan gelar juara Gold Cup jatuh ke tangan Amerika dan mereka pun tak mampu menambah koleksi trofi Gold Cup. Saat ini Meksiko masih jadi pemegang terbanyak kedua gelar Gold Cup dengan jumlah 6 trofi.

Rangkuman Pertandingan

Laga super penting dijalani oleh tim nasional Amerika Serikat saat menghadapi Meksiko dalam pertandingan final ajang Gold Cup Concacaf 2021. Berstatus sebagai tuan rumah, Amerika mengincar kemenangan sebagai target wajib mereka di laga ini, sejak laga dimulai, Amerika lantas berusaha mengambil inisiatif jalannya pertandingan. Akan tetapi alih alih mendominasi, mereka malah direpotkan dengan skuad Meksiko yang tampil sangat percaya diri.

Meksiko mendapat peluang terbaik mereka di laga ini lewat aksi striker andalannya, yakni Rogelio Funes Mori. Meneruskan umpan Jesus Corona, sayang sekali Funes Mori tak mampu memaksimalkannya menjadi gol usai sepakannya masih belum mengarah dengan baik.

Amerika sendiri yang menurunkan duet penyerang Gyasi Zardes dan Matthew Hoppe sesekali juga mendapat kans mencetak gol. Akan tetapi buruknya penyelesaian akhir membuat mereka juga tak kunjung bisa melesakkan gol. Babak pertama pun selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Selepas turun minum, laga kian menarik karena kedua tim kini sudah sama sama tampil agresif. Terutama Meksiko yang merubah gaya bermain mereka menjadi lebih direct dan cepat. Akan tetapi sama seperti babak pertama, meski kedua kesebelasan memiliki kans mencetak gol, tak ada satupun yang berbuah gol. Sampai dengan babak kedua selesai, kedudukan masih juga imbang 0-0 dan laga harus dilanjut ke babak ekstra time.

Ketika memasuki babak ekstra time, Amerika sukses memecah kebuntuan usai maksimalkan kelengahan bek bek Meksiko. Miles Robinson yang naik membantu serangan sukses cetak gol meneruskan umpan Kellyn Acosta untuk bawa Amerika unggul 1-0. Keunggulan ini ternyata mampu dipertahankan Amerika sampai laga selesai dan mereka pun sukses menangkan laga ini dan menjadi juara Gold Cup edisi 2021.

Susunan Pemain Amerika Serikat vs Meksiko

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner, Reggie Canon, James Sands, Miles Robinson, George Bello, Eryk Williamson, Kellyn Acosta, Sebastian Lletget, Paul Arriola, Gyasi Zardes, Matthew Hoppe.

Meksiko (4-3-3): Alfredo Talavera, Jesus Gallardo, Hector Moreno, Nestor Araujo, Luis Rodriguez, Jonathan dos Santos, Edson Alvarez, Hector Herrera, Jesus Corona, Rogelio Funes Mori, Orbelin Pineda.