google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Guess Mencatat Peningkatan pada Marginnya di Kuartal Pertama Tahun 2021

Guess Store (Foto: fashionunited.com)

Peningkatan Guess pada marginnya di kuartal pertama pada tahun 2021 sejalan dengan pertumbuhan pendapatan perusahaan di Eropa yang menguat, di mana mampu membukukan peningkatan pendapatan sebesar 127,1% dari tahun ke tahun. Hal ini juga diikuti oleh kenaikan pendapatan ritel sebesar 108,5% serta peningkatan pendapatan grosir sebesar 75,6% di Amerika. Sementara itu wilayah Asia juga mengalami peningkatan pendapatan sebesar 37,8& dengan kenaikan pendapatan perizinan sebesar 66,4%.

Setelah kuartal pertama berakhir, Guess berhasil menguatkan posisinya dengan performa yang mengesankan. Guess melaporkan laba bersih mencapai $ 12,0 juta, atau $ 0,18 per saham terdilusi untuk kuartal pertama yang berakhir pada 1 Mei 2021. Pada hari Kamis, retailer mode ini mencetak angka yang menandakan kemajuan solid dibandingkan dengan kerugian pada kuartal pertama yang pernah diposting oleh perusahaan dalam dua tahun terakhir.

Pada periode yang sama di tahun sebelumya, Guess benar-benar terdampak oleh penutupan toko akibat pandemi Covid-19. Perusahan melaporkan telah menderita kerugian bersih sekitar $ 157,7 juta, atau $ 2,40 per saham terdilusi. Satu tahun sebelumnya, yaitu pada kuartal pertama yang berakhir tanggal 4 Meil 2019, perusahaan juga menderita kerugian sebesar $ 21,4 juta, atau $ 0,27 per saham terdilusi.

Guess Spring/Summer Collection 2021 (Foto: glocalabel.com)

Apabila dibandingkan dengan perolehan kuartal pertama pada tahun lalu, pertumbuhan laba dari Guess tidak lagi mengherankan. Sebab, terjadi peningkatan dari tahun ke tahun mencapai 99,8% dalam pendapatan bersih kuartal pertama yang mecapai $ 520,0 juta tahun ini. Catatan ini naik dari $ 260,3 juta pada tahun sebelumnya yang mengalami pukulan telak penjualan akibat krisis di masa pandemi.

Dalam mata uang konstan, kenaikannya adalah sebesar 90,3%. Meski demikian, pendapatan kuartal pertama terakhir Guess mengalami penurunan sebesar 3% atau sekitar 5% dalam mata uang konstan apabila dibandingkan dengan periode yang sama dengan dua tahun lalu.

Pertumbuhan garis bawah yang dicapai oleh Guess berkat margin operasi perusahaan sebesar 5,1% di kuartal tersebut. Besaran ini mewakili ekspansi lebih dari 900 basis poin apabila dibandingkan dengan dua tahun yang lalu pada periode yang sama. Kemudian, Guess mengalami peningkatan margin kotor hampir mencapai 700 basis selama periode dua tahun. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan tarif SG&A miliknya yang naik lebih dari 200 basis poin.

Koleksi Guess Sport (Foto: hypebeast.com)

“Kami sangat yakin bahwa kinerja yang kuat ini adalah hasil langsung dari pekerjaan transformasional yang telah kami lakukan di perusahaan,” ungkap Paul Marciano, co-founder dan chief creative officer Guess, dalam rilisnya. “Transformasi ini menyentuh setiap area bisnis kami, termasuk inisiatif untuk meningkatkan merek dan produk kami, percepatan bisnis e-commerce kami, optimalisasi jejak global dan portofolio merek kami, reorganisasi tim kami secara global dan pelaksanaan signifikan pengurangan biaya selama operasi kami.”

Tak hanya Paul Marciano, CEO Guess, yaitu Carlos Alberini juga memberikan keterangan terkait margin operasi perusahaan. “Kami tetap fokus pada pelaksanaan rencana bisnis strategis kami dan sekarang yakin bahwa di tahun ini kami akan mencapai margin operasi sekitar 8,6%,” ungkapnya. “Selain itu, kami berada di jalur yang baik untuk mencapai target margin operasi 10% jangka panjang, tetapi sekarang setahun lebih awal dari yang kami perkirakan. Kami yakin bahwa kami berada pada titik perubahan bagi perusahaan kami,” tutupnya.

Guess tidak memberikan panduan finansial yang terperinci, hal ini dikarenakan kepastian yang sedang berlangsung seputar pandemi. Meski demikian, perusahaan ini telah melaporkan bahwa saat ini retailer mode dengan basis di Los Angeles tersebut mengharapkan pendapatan kuartal kedua serta setahun penuh akan turun di pertengahan satu digit dibandingkan dengan periode yang sama dua tahun lalu.