google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Hajar Manchester City, Chelsea Juarai Liga Champions

Manchetser City vs Chelsea
Menang tipis atas Manchester City, Chelsea sukses juarai Liga Champions musim 2020-2021.

cr photo: REUTERS/Pierre-Philippe Marcou via Al Jazeera

Hasil sangat memuaskan berhasil diraih kesebelasan Chelsea saat menghadapi Manchester City di partai final ajang Liga Champions. Bermain di Estadio do Dragao Portugal, kedua kesebelasan terlibat pertarungan cukup alot di sepanjang pertandingan. Man City di laga ini lebih bisa menguasai jalannya pertandingan dengan memegang penuh penguasaan bola. Akan tetapi Chelsea yang mampu mencuri satu gol berhasil mempertahankannya sampai dengan laga selesai. Mampu mengatasi permaina kolektif skuad Pep Giardiola, Chelsea asuhan Thomas Tuchel pun sukses amankan kemenangan di laga krusial ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 0-1.

Satu satunya gol yang menjadi penentu kemenangan pasukan The Blues di pertandingan ini dilesakkan oleh punggawa yang baru mereka datangkan musim panas tahun lalu, yakni Kai Havertz. Di laga ini secara statistik keseluruhan, Manchester City memang jauh lebih dominan. The Citizens total mencatatkan 61 persen penguasaan bola, sedangkan sang lawan hanya membuat 39 persen. Namun sayangnya memang City kalah efisien dan efektif dengan hanya melepas 7 tembakan dengan 1 yang on targer, sedangkan Chelsea melepas 8 tembakan dengan 2 yang on target. Kemenangan pun berhasil diraih oleh sang Singa Biru, yakni Chelsea.

Kemenangan tipis ini sudah cukup bagi Chelsea untuk membawa mereka merengkuh gelar juara Liga Champions musim kompetisi 2020-2021. Ini merupakan gelar Liga Champions kedua pasukan The Blues, setelah sebelumnya sukses meraihnya di tahun 2012 berkat menang adu penalti melawan raksasa Jerman, Bayern Munchen. Sementara bagi City, ini menjadi kekalahan yang cukup menyakitkan. Partai final Liga Champions pertama City sepanjang sejarah klub berdiri mesti mereka lalui dengan kekalahan dan merelakan trofi Si Kuping Besar jadi milik Chelsea.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Chelsea dan Manchester City bersua di partai krusial, yakni laga final ajang Liga Champions musim kompetisi 2020-2021. Manchester City yang menjalani partai final UCL pertamanya terlihat sangat termotivasi untuk bisa menjadikan ini momen mereka merengkuh gelar bergengsi tersebut. Alhasil sejak laga dimulai pasukan Pep Guardiola bermain lebih dominan yang membuat Chelsea bermain hati-hati.

Meski demikian, pertahanan solid The Blues yang digawangi Antonio Rudiger dan Andreas Christensen berhasil meredam agresifitas City. Sebuah kans didapat oleh Kevin De Bruyne untuk menjebol gawang Chelsea. Sayang mantan pemain The Blues itu sepakannya masih sedikit melenceng dari gawang Edouard Mendy.

Chelsea yang sebenarnya punya serangan lebih berbahaya pada akhirnya berhasil menghukum tidak efektifnya lini depan City dengan mencetak gol terlebih dulu. Pada menit ke-42, Mason Mount memberikan umpan yang sukses diteruskan oleh Kai Havertz menjadi gol yang berhasil membawa Chelsea sementara memimpin dengan skor 0-1. Kedudukan ini berhasil dipertahankan Chelsea sampai dengan babak pertama selesai.

Babak Kedua

Selepas istirahat, City yang masih tertinggal berusaha bermain lebih menyerang dan menaikan tensi serangan mereka. Berkali kali pasukan Pep Guardiola memaksa Chelsea bertahan di areanya sendiri. Namun lagi lagi usaha keras City masih membentur pertahanan rapat yang ditunjukkan Chelsea.

Momen menegangkan pun terjadi saat pertambahan waktu babak kedua mencapai 7 menit. City mengurung total pertahanan Chelsea, dan membuat Si Biru hanya bisa bermain defensif. Sebuah sepakan dari Gabriel Jesus benar benar hampir berbuah gol, beruntung bagi Chelsea, sepakan itu masih melambung tipis di atas mistar. Laga pun pada akhirnya selesai untuk kemenangan Chelsea dengan skor akhir 0-2.

Susunan Pemain Manchester City vs Chelsea

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes, Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko, Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, Phil Foden, Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling.

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy, Antonio Rudiger, Thiago Silva, Cesar Azpilicueta, Ben Chilwell, Jorginho, N’Golo Kante, Reece James, Mason Mount, Kai Havertz, Timo Werner.