google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Handphone Dengan Banyak Kamera, Penting Gak Sih?

Seperti kita ketahui, smartphone yang beredar saat ini umumnya menyajikan kamera dalam jumlah banyak dan bahkan frasa “quad camera” nampaknya menjadi frasa ampuh untuk memasarkan sebuah smartphone. Dibalik banyaknya jumlah kamera pada smartphone, sebetulnya kamera jenis apa saja yang benar-benar diperlukan? Seberapa pentingkah handphone dengan banyak kamera sebenarnya?

Untuk membahas perihal ini, mari kita mengklasifikasikan kamera smartphone ke dalam tiga kategori yaitu kamera yang wajib ada, kamera yang bagus jika ada, dan kamera yang sebetulnya tidak begitu diperlukan. Masing-masing kategori tersebut akan kita bahas bersama berikut ini.

Kamera yang Wajib Ada

Kamera yang termasuk ke dalam kategori ini wajib ada agar sebuah ponsel dapat berfungsi layaknya sebuah smartphone. Tanpa adanya kamera wajib, maka berbagai fungsi penting pada smartphone pun akan hilang.

Kamera Utama

Kamera yang satu ini dinilai esensial untuk menangkap mayoritas momen hidup seseorang seperti aktivitas keluarga atau merekam pemandangan ketika bepergian.

Pada umumnya kamera utama di smartphone yang beredar sekarang ini sudah menggunakan lensa wide yang dapat menangkap gambar dengan sudut pandang sedang.

Selain digunakan untuk berfoto atau swafoto, kamera utama pada smartphone juga dapat berfungsi untuk berbagai hal seperti untuk augmented reality ataupun keperluan pemindaian dokumen.

Kamera Depan

Kamera depan pada sebuah smartphone sering kali digunakan untuk melakukan selfie maupun vlogging. Apalagi di jaman sekarang yang sedang populer membuat konten video dengan kamera depan untuk kemudian dibagikan di jejaring sosial.

Bagi yang tidak suka melakukan selfie, sebagai contoh untuk kebutuhan review smartphone, kamera ini juga bermanfaat untuk melakukan aktivitas lain seperti panggilan video dan alasan keamanan seperti untuk verifikasi data atau untuk login smartphone.

Tidak jarang, verifikasi data terutama yang berkaitan dengan produk perbankan atau finansial akan memerlukan foto selfie bersama dengan KTP. Jika tidak ada kamera depan, tentu hal ini akan mempersulit pengguna melakukan proses verifikasi data.

Kamera yang Bagus Jika Ada

Kamera di kategori ini sebetulnya tidak esensial untuk sebuah smartphone tapi jika ada akan bermanfaat di berbagai situasi yang sering ditemukan pada aktivitas sehari-hari.

Kamera Ultra Wide-angle

Pernahkah ketika sedang bepergian lalu kesulitan menangkap gambar bangunan besar atau pemandangan yang luas? Atau memotret seluruh keluarga dalam acara keluarga besar? Situasi seperti ini tentunya sering ditemukan. Nah di sinilah peran dari kamera Ultra Wide-angle. Kameranya mampu menangkap foto dengan area yang luas secara mudah.

Mungkin kemudian muncul pertanyaan, kenapa tidak melangkah mundur aja untuk menangkap foto lebih luas? Kembali lagi ke pertanyaan di awal, seringkali juga dalam situasi tersebut kita terbatas dalam posisi menangkap foto entah itu karena terbentur tembok atau rintangan di jalan.

Kamera Telephoto

Kamera Telephoto ini mempunyai fungsi utama untuk melakukan pembesaran pada foto secara optik agar dapat menangkap objek foto dari jarak jauh dengan lebih jelas.

Fitur ini akan bermanfaat ketika misal sedang menonton konser dan menghadiri sebuah acara. Tidak jarang pada kasus tersebut posisi kita terletak pada kejauhan dibandingkan dengan objek yang ingin difoto dan tidak memungkinkan untuk mendekati objek foto.

Namun kamera yang satu ini sedikit sulit untuk diimplementasikan dalam smartphone karena akan membuat smarpthone menjadi lebih gemuk dan juga lebih mahal. Kamera telephoto dengan pembesaran besar biasanya akan ditemukan di ponsel-ponsel kelas atas yang beredar saat ini.

Kamera yang Tidak Begitu Diperlukan

Kamera di kategori ini kehadirannya tidak begitu diperlukan dalam sebuah smartphone. Tanpanya, penggunaan smartphone untuk aktivitas sehari-hari tidak akan ada terasa efek besar kecuali bagi mereka yang memang memiliki kebutuhan tertentu.

Sensor Depth

Sensor kamera ini biasanya digunakan membuat efek bokeh yang lebih baik dan juga untuk augmented reality. Namun pada kenyataannya banyak smartphone yang dapat melakukan bokeh dengan baik tanpa menggunakan sensor depth dan lebih mengandalkan kemampuan komputasi fotografi.

Contohnya bisa kita lihat di smartphone Pixel dan iPhone yang tidak menyajikan sensor depth namun hasil foto bokehnya tetap bagus.

Kamera Makro

Fungsi kamera makro terbilang cukup spesifik dan mungkin tidak sering ditemukan dalam aktivitas sehari-hari yaitu untuk memotret sebuah objek dalam jarak sangat dekat.

Kamera Makro umumnya akan ditemukan di smartphone kelas mengengah ke bawah saat ini. Dan biasanya kualitas kameranya pun tidak terlalu istimewa. Kamera ini mungkin akan lebih bermanfaat bagi mereka yang memiliki hobi seperti memoto serangga atau tanaman.

Sensor Monochrome

Kamera yang satu ini sebetulnya jarang ditemukan, fungsinya untuk menangkap gambar dalam warna hitam dan putih serta untuk menghasilkan foto yang lebih tajam.

Dari kesemua jenis kamera pada smartphone, hanya ada dua kamera yang menurut kami terbilang penting, yaitu kamera belakang utama dan kamera depan. Semakin banyak kamera dalam sebuah smartphone sebetulnya bagus-bagus saja, sebab kalimat “lebih banyak lebih baik” berlaku dalam hal ini.

Tapi apabila harus memilih dua smartphone dengan harga yang sama yang mana satu smartphone menyajikan sedikit kamera namun dengan kualitas yang bagus sedangkan satu lagi menyajikan banyak kamera tapi kualitas foto standar, tentunya secara pribadi akan lebih memilih smarpthone dengan sedikit kamera tersebut.