google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Ibrahima Konate Akan Buat Pertahanan Liverpool Lebih Solid

Ibrahima Konate
Kedatangan Ibrahima Konate akan buat lini belakang Liverpool semakin solid musim depan.

cr photo: The Athletic

Liverpool beberapa waktu lalu meresmikan pembelian pertamanya di bursa transfer musim panas tahun ini, ia adalah Ibrahima Konate. The Reds sukses merekrut bek muda itu dari kesebelasan asal Bundesliga Jerman, yakni RB Leipzig. Datangnya Konate ke Anfield digadang gadang menjadi salah satu pembelian cermat yang dilakukan manajemen. Sang pelatih, yaitu Jurgen Klopp pun nampak senang dengan pembelian ini karena Konate bisa jadi solusi di lini belakang yang musim ini sangat merusak Liverpool.

Saat bursa transfer musim panas dibuka, Liverpool memang langsung bergerak cepat mencari bek baru. Sampai akhirnya mereka sukses mengalahkan Manchester United untuk mendatangkan seorang Ibrahima Konate. Jurnalis kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano mengabarkan bahwa The Reds mesti merogoh kocek sekitar 40 juta euro atau setara hampir 700 miliar rupiah demi bisa menggaet defender berusia 22 tahun tersebut. Konate bersama Liverpool diikat dengan kontrak jangka panjang, yakni selama lima tahun ke depan.

Hadirnya Konate dianggap akan membuat kedalaman skuad Liverpool kian baik khususnya di pos pertahanan yang musim ini cukup bermasalah. Meski sang pemain masih cukup muda, namun kualitasnya tidak diragukan lagi. Konate yang memiliki paspor Prancis adalah defender andalan RB Leipzig di bawah asuhan Julian Naggelsman. Ia adalah tandem Dayot Upamecano, yang sebenarnya miliki kualitas tak jauh dari Upamecano yang musim depan dipastikan menyebrang ke Bayern Munchen.

Permasalah Lini Belakang Liverpool

Bukan jadi rahasia lagi bahwa kurang maksimalnya performa The Reds musim ini adalah karena badai cedera hebat yang mendera skuadnya. Badai cedera tersebut bahkan membuat Liverpool harus kehilangan semua bek tengah yang mereka miliki hingga musim berakhir. Dari mulai Joe Gomez, Joel Matip, hingga Virgil van Dijk semua mesti menepi dan absen di sepanjang musim. Hal ini membuat Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp harus membuat rencana darurat yang salah satunya memaksa Fabinho turun dan bermain sebagai bek tengah.

Pada bursa transfer Januari lalu Liverpool pun mendatangkan dua bek anyar, yakni Ozan Kabak dan Ben Davies. Namun sayang kedua pemain tersebut tampil kurang memuaskan. Kabak akhirnya lebih banyak mengisi bench begitu juga Davies yang sama sekali belum pernah turun bermain sampai musim berakhir. Jurgen Klopp pada akhirnya lebih memilih memakai bek muda yang ia miliki, yaitu Nathaniel Phillips dan Rhys Williams. Keduanya mesti tak bermain bagus, namun sudah cukup untuk menambal sementara lini belakang The Reds.

Kondisi di atas saking buruknya sampai mempengaruhi performa Liverpool. Apalagi di saat yang bersamaan, trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino yang mereka miliki mandet dalam urusan mencetak gol. Meski Diogo Jota sempat muncul sebagai penyelamat, namun Jota malah harus masuk ruang perawatan karena cedera. Liverpool pun sempat terlempar hingga ke posisi 8 klasemen. Beruntung mentalitas baja The Reds sukses membuat mereka tampil habis habisan di sisa musim untuk mengamankan posisi 4 besar dengan finish di peringkat 3 klasemen akhir.

Kini dengan kehadiran Ibrahima Konate, Liverpool sepertinya akan bernafas lega, karena Konate miliki kualitas yang akan membuat pertahanan Liverpool kian solid musim depan. Apalagi ditambah dengan akan kembalinya Virgil van Dijk. Bek asal Belanda itu belakangan memang sudah terlihat kembali berlatih walau terpisah dari skuad. Van Dijk juga akan absen membela Belanda di Euro 2021 demi mempercepat pemulihan cederanya. Klopp sendiri mengaku sangat senang dengan kedatangan Konate ini.