Indonesia Sisakan 3 Wakil di Babak Perempatfinal Singapore Open 2024

Gelaran Singapore Open 2024 sudah memasuki babak perempatfinal, Indonesia sendiri masih bisa menyisakan tiga wakilnya di babak tersebut dari sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Di babak 16 besar ajang Singapore Open sebenarnya Indonesia masih memiliki cukup banyak wakil, yaitu 8. Masih ada nama-nama unggulan seperti Anthony Sinisuka Ginting, sampai dengan pasangan Bagas Maulana/Shohibul Fikri. Sayang sekali banyak wakil Indonesia yang tersingkir dan kini hanya menyisakan tiga wakil di babak perempatfinal. Ketiganya adalah Gregoria Mariska Tunjung, pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia, dan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sektor ganda putra Indonesia yang sukses lolos ke babak perempatfinal Singapore Open 2024 adalah pasangan Fajar Alfian/Muhammd Rian Ardianto. Di babak 16 besar mereka berhadapan dengan ganda putra asal Taiwan, yaitu Fang Chih Lee/Fang Jen Lee. Berhadapan dengan lawan yang tak mudah, Fajar/Rian bisa tampil tenang untuk mendominasi jalannya permainan. Hasilnya salah satu ganda putra terbaik Indonesia saat ini tersebut bisa memenangkan pertandingan melalui straight game atau dua set langsung, yaitu 21-8 dan 21-12.

Kemenangan yang diraih Fajar/Rian di babak 16 besar pada hari Kamis (30/5/2024) lalu tersebut membuat mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia dari sektor ganda putra yang lolos ke babak perempatfinal. Sebenarnya di sektor ganda putra Indonesia sempat miliki tiga wakil khususnya di babak 16 besar selain Fajar/Rian, yaitu Bagas/Fikri, dan juga Sabar/Reza. Akan tetapi di babak 16 Bagas/Fikri kalah dari pasangan Korea Selatan, yaitu Kang Min-Hyuk/Seo Seung-Jae. Sementara Sabar/Reza tumbang atas Liang Wei Keng/Wang Chang dari China.

Sektor Tunggal Putri Sumbang Satu Wakil

Untungnya, Fajar dan Rian tak menjadi satu-satunya wakil Indonesia di babak perempatfinal nanti. Pasalnya masih ada wakil Indonesia lainnya yang juga berhasil amankan langkah ke babak 8 besar, ia adalah Gregoria Mariska Tunjung. Dara yang akrab disapa Jorji tersebut sukses melangkah ke babak perempatfinal usai menang atas Pau Yu Po, wakil dari Taiwan dengan dua set langsung, yaitu 21-10, dan juga 21-16.

Sementara itu dari sektor tunggal putra Indonesia tak kirimkan wakilnya usai dua wakil Indonesia di sektor tersebut yang tersisa di babak 16 besar harus tumbang. Pertama ada Chico Aura Wardoyo, di mana pada babak 16 besar ia berhadapan dengan wakil Jepang, yaitu Kodao Naraoka. Di game yang berlangsung ketat itu, Chico kalah melalui rubber game atau tiga set, yaitu 21-17, 9-21, dan juga 12-21.

Selain Chico, satu wakil Indonesia lain yang juga gugur di sektor tunggal putra pada babak 16 besar ini adalah Anthony Sinisuka Ginting. Hal ini cukup mengejutkan mengingat Ginting adalah salah satu unggulan di ajang ini. Wakil Indonesia tersebut akhirnya harus terhenti langkahnya usai dikalahkan oleh wakil dari Malaysia, Leong Jun Hao melalui rubber game atau tiga set, yakni 14-21, 21-10, dan juga 8-21.

Apriyani/Fadia Menang WO

Tambahan wakil Indonesia di babak perempatfinal muncul dari sektor ganda putri yang diwakili oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva. Di babak 16 besar mereka seharusnya berhadapan dengan wakil Ukraina, yaitu Polina Buhrova/Yevheniaa Kantemyr, akan tetapi karena satu masalah pasangan tersebut tak bisa bermain sehingga Apriyani/Fadia berhak menang WO dan melenggang ke babak perempatfinal.

Ketiga wakil Indonesia tersisa di ajang Singapore Open 2024 babak perempatfinal ini akan kembali bermain pada hari Jumat (31/5/2024) sore dan malam hari Waktu Indonesia.