google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Inggris Sukses Bekuk Rumania di Partai Uji Coba

Inggris vs Rumania
Dalam laga ujicoba jelang Euro 2020, Inggris berhasil kalahkan Rumania.

cr photo: Eurosport

Kemenangan berhasil didapat oleh skuad Tim Nasional Inggris yang bertarung menghadapi Rumania di laga ujicoba jelang Euro 2020. Bermain di kandang sendiri, Inggris yang menginginkan kemenangan bermain cukup baik dengan menguasai pertandingan nyaris di sepanjang 90 menit. Miliki kualitas pemain yang lebih baik, The Three Lions tampil solid atas sang tamu. Meski demikian, ternyata Rumania sendiri mampu bermain disiplin untuk menahan kualitas tim tuan rumah. Kondisi ini memang hampir saja berhasil menahan imbang Inggris, tapi sayang satu gol berhasil disarangkan Inggris ke gawang Rumania yang membuat laga dimenangkan sang tuan rumah dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-0.

Satu satunya gol kemenangan pasukan Gareth Southgate di laga ini dicetak oleh pemain Manchester United, yakni Marcus Rashford dari titik putih. Secara statistik sendiri, Inggris memang jauh menguasai pertandingan ini. Mereka menguasai posession ball dengan presentase 55 persen berbanding 45 persen. Sementara itu jumlah tembakan yang dilepas Inggris juga lebih banyak dari sang tamu. Inggris total melesakkan 17 tembakan dengan 6 di antaranya on target. Sedangkan Rumania sendiri hanya berhasil melepas 10 tembakan dengan hanya 5 saja yang mengarah ke gawang.

Walaupun menang, terlihat sekali masih banyak hal minus yang perlu dievaluasi oleh Gareth Southgate di skuad Timnas Inggris. Di sisa waktu yang tak sampai dua minggu lagi Southgate jelas garus segera memperbaiki segala kekurangan untuk membuat skuadnya kian solid di Euro nanti. Pada gelaran Euro sendiri Inggris akan tergabung di Grup C bersama Ceko, Skotlandia, dan Kroasia.

Rangkuman Pertandingan

Tim Nasional Inggris menjamu Rumania dalam pertandingan ujicoba menjelang digelarnya Piala Eropa 2020, bulan Juni ini. Memainkan laga di kandang sendiri, jelas Inggris mengincar kemenangan meskipun ini hanya pertandingan ujicoba. Oleh karena itu sejak babak pertama dimulai, pasukan Gareth Southgate ini sudah langsung tancap gas mengambil inisiatif kendali permainan.

Inggris memiliki satu peluang cukup bagus untuk mencetak gol di pertengahan babak pertama melalui aksi dari Jack Grealish. Bekerjasama dengan Marcus Rashford, Grealish melepaskan sebuah sepakan yang cukup keras. Namun sayang sekali usaha kapten Aston Villa itu masih gagal berbuah gol.

Belum juga berhasil melesakkan gol, Inggris terlihat sedikit frustasi di akhir babak pertama. Kondisi ini hampir dimanfaatkan oleh Rumania untuk mencetak gol kejutan. Beruntung bagi Inggris, usaha tim tamu lewat Nicolae Stanciu masih belum berhasil menghasilkan gol. Sampai dengan babak pertama selesai, gol tak kunjung lahir dan babak pertama pun selesai dengan hasil imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika pertandingan masuk ke babak kedua, Inggris melakukan beberapa perubahan dengan memasukkan nama yang lebih segar dari bench. Kondisi ini sedikit berhasil membuat permainan Inggris jauh lebih dinamis. Serangan demi serangan The Three Lions pun jauh lebih berbahaya.

Tuan rumah punya kans besar untuk bisa membuka keunggulan mereka di menit ke-68. Diawali saat pemain Rumania melakukan pelanggaran di kotak terlarang, wasit langsung memberikan penalti untuk tuan rumah. Jordan Henderson yang maju sebagai algojo sayangnya gagal menjalankan tugasnya dengan baik sehingga skor belum juga pecah dan kedudukan masih imbang 0-0.

Tak menyerah, Inggris terus lakukan tekanan ke pertahanan sang tamu. Akhirnya di menit ke-78 tekanan mereka memaksa Rumania melakukan kesalahan yang sama. Penalti kembali diberikan wasit kepada Inggris usai ada pelanggaran di kotak terlarang. Kali ini Marcus Rashford yang jadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk bawa Inggris unggul 1-0. Kedudukan ini sukses dipertahankan Inggris sampai laga selesai untuk kemenangan mereka sendiri.

Susunan Pemain Inggris vs Rumania

Inggris (4-2-3-1): Sam Johnstone, Benjamin Godfrey, Ben White, Tyrone Mings, Luke Shaw, James Ward-Prowse, Kalvin Phillips, Jadon Sancho, Jack Grealish, Marcus Rashford, Domenic Calvert-Lewin.

Rumania (4-3-3): Florin Nita, Camora, Ionut Nedelcearu, Vlad Chirices, Deian Sorescu, Alexandru Cicaldau, Razvan Marin, Nicolae Stanciu, Alexandru Paun, Denis Aibec, Andrei Ivan.