google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Ingin Sewa Ruko? Pertimbangkan dulu Sebelum Menyewa

Bagi kalian yang mulai merintis usaha, biasanya memerlukan tempat usaha, kantor, workshop, gudang, dan lainnya. Mungkin kalian dapat memanfaatkan rumah atau garasi, namun bisa juga tidak lantaran ruang terlalu sempit. Salah satu solusinya adalah dengan sewa ruko atau rumah toko, apalagi banyak ruko disewakan di sekitar rumah. 

Sewa ruko menjadi solusi untuk kalian yang ingin mulai membangun usaha namun terkendala dengan modal. Ruko atau rumah toko banyak diminati karena lebih efisien dari segi waktu, modal, dan juga tempat. Biasanya, ruko atau rumah toko yang dipilih terdiri dari dua lantai. Lantai bawah akan dimanfaatkan sebagai tempat usaha dan lantai kedua dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Keuntungan Sewa Ruko Murah

  1. Fokus Pada Bisnis

Kalian bisa fokus pada bisnis inti misalnya membuka kedai kopi, butik pakaian, warung makan, desain, atau apapun. Hal yang paling utama adalah memikirkan pengembangan bisnis, ketimbang berpikir soal membeli tempat usaha. 

Usaha yang berada di tempat yang sama dengan rumah memungkinkan kalian untuk dapat mengawasinya secara lebih maksimal. Contohnya kalian bisa mengawasi seperti apa penjualan dan pembelian, dan lain sebagainya. 

2. Mengurangi Biaya Investasi

Jika kalian memilih membeli ruko seharga Rp.1 miliar atau mencicil ruko Rp.10 juta per bulan, bayangkan berapa banyak investasi yang dikeluarkan. Kalian bisa mengurangi biaya besar ini dan lebih memilih untuk memperbesar modal usaha, lebih logis kan?.

3. Bisa Menjadi Tempat Usaha dan Tempat Tinggal

Kalau kalian menyewa ruko 3 lantai, kalian bisa memanfaatkan lantai 1 dan 2 sebagai tempat usaha. Sementara lantai 3 bisa digunakan sebagai tempat tinggal, kalian bisa mengirit sewa apartemen atau kontrak rumah. 

4. Jangka Waktu Bisa Lebih Fleksibel

Kalian bisa mengambil sewa ruko murah selama 1-2 tahun, pastinya tergantung dari dana yang dimiliki pada saat ini. Atau malah kalian bisa memilih jangka waktu yang lebih panjang, tentunya kalian memiliki perhitungan bisnis sendiri. 

Dari berbagai segi, menyewa umumnya lebih fleksibel dibandingkan dengan membeli. Jika kalian sekarang dalam tahap merintis usaha untuk membuat usaha agar lebih besar, maka kami sarankan untuk menyewa ruko.

5. Bisa di Sesuaikan dengan Perkembangan Bisnis

Bisnis memang mengalami pasang surut, kalian tidak perlu khawatir kalau bisnis menurun, kalian bisa menyewa satu lantai saja. Nah, begitu juga sebaliknya, saat bisnis bagus, kalian malah bisa pindah lokasi atau menyewa ruko sebelah. 

6. Tidak Perlu Pusing Membayar DP

Saat kamu memutuskan sewa ruko murah, pastinya kalian tidak perlu pusing untuk membayar uang muka atau down payment (DP) ruko. Kalian bisa lebih fokus untuk alokasi dana lain seperti biaya operasional perusahaan, biaya ini banyak lho.

7. Tidak Perlu Khawatir dengan Cicilan

Kalian juga tidak perlu dipusingkan dengan cicilan ruko tiap bulan, cicilan ini tentunya besar sekali lo. Bukan tidak mungkin, cash flow keuangan perusahaan yang masih belum stabil malah terganggu. 

8. Tidak Perlu Memikirkan Biaya Pemeliharaan

Salah satu keuntungan sewa ruko murah ini adalah tidak perlu memikirkan biaya pemeliharaan yang besar. Meski bukan tidak mungkin, biaya ini sudah termasuk ke dalam sewa tahunan, kamu perlu menghitungnya ulang. 

9. Memilimalisir Modal

Yang terpenting dalam menyewa sebuah ruko untuk usaha adalah dapat meminimalisir modal yang kalian keluarkan. Kalian tidak harus menyewa dua tempat yaitu rumah dan tempat usaha jadi modal yang dikeluarkan lebih sedikit.

Hal yang paling penting ketika kalian menyewa ruko adalah kalian bisa memulai usaha dengan modal yang kecil. Kalian bisa menjadikan ruko sebagai rumah dan tempat usaha, namun biaya yang kalian keluarkan tidak akan membuat kalian kesulitan menyiapkannya.

10. Keluarga Tetap Terawasi

Keuntungan sewa ruko selanjutnya yaitu kalian tetap bisa mengawasi dan melakukan tanggung jawab kepada keluarga. Banyak orang terutama wanita yang memilih tidak bekerja karena tidak ingin meninggalkan tanggung jawab kepada keluarga. Dengan usaha yang dilakukan di rumah maka kalian tetap bisa melakukan tanggung jawab baik kepada keluarga maupun usaha yang dijalankan.

Manfaat sewa ruko yang terakhir adalah kalian masih tetap bisa mengawasi keluarga kalian. Banyak orang yang ingin terjun ke dunia bisnis namun khawatir meninggalkan tanggung jawabnya.