google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Ini Dia Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Kembali Pasca Libur Lebaran 2021

tempat wisata di Jakarta
Ancol, salah satu tempat wisata di Jakarta yang kembali di buka pasca Lebaran (foto: minews.id)

Sehubungan dengan kerumunan yang ditimbulkan masyarakat saat libur Lebaran pada 13-14 Mei 2021, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya memerintahkan menutup sementara beberapa tempat wisata di Jakarta untuk dilakukan evaluasi memperkuat protokol kesehatan.

Penutupan sementara tempat wisata Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan merujuk pada Surat Edaran Disparekraf DKI Jakarta Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani oleh Plt Kadisparekraf Gumilar Ekalaya tertanggal 15 Mei 2021.

Setelah sempat dilakukan penutupan sementara hingga 17 Mei, berikut daftar tempat wisata di Jakarta yang kembali dibuka per tanggal 18 Mei 2021:

Ancol

tempat wisata di Jakarta
Salah satu tempat wisata di Ancol yang ramai dikunjungi (foto: ancol.com)

Kawasan wisata Ancol kembali dibuka pada Senin, 18 Mei 2021. Para pengunjung dapat membeli tiket dengan mengakses laman www.ancol.com. Pembelian tiket harus dilakukan 1 hari sebelum kunjungan.

Baca juga: Weekend, Refreshing Saja di Tempat Wisata Alam Jakarta!

Bagi pengunjung yang sudah membeli tiket untuk tanggal 15-17 Mei 2021 bisa melakukan penjadwalan ulang kedatangan mulai tanggal 18 Mei hingga 31 Desember 2021. Pengunjung diperbolehkan untuk langsung datang tanpa perlu melakukan reservasi ulang.

Pihak pengelola Ancol juga meningkatkan dan menerapkan protokol kesehatan di kawasan wisata Ancol. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pengunjung bisa tetap membeli tiket secara online melalui www.ancol.com
  • Wajib menggunakan masker di kawasan wisata Ancol. Tim Satgas Covid-19 Ancol bersama dengan TNI, kepolisian, dan Satpol PP akan menegur dan memberikan sanksi pada pengunjung yang tidak mengenakan masker
  • Pemeriksaan suhu tubuh di seluruh unit rekreasi
  • Wajib menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan di tempat yang disediakan dan membawa hand sanitizer
  • Tidak diizinkan untuk berenang di kawasan pantai
  • Pembatasan jumlah pengunjung sesuai kapasitas tiap-tiap area
  • Memberi batasan berupa pagar untuk kawasan pantai
  • Terus memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan melalui papan informasi dan pengeras suara

Taman Mini Indonesia Indah

tempat wisata di Jakarta
Keong Mas, ikon dan salah satu atraksi di TMII (foto: CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah)

Tempat wisata di Jakarta yang kembali dibuka adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Menurut Kepala Bagian Humas TMII, Adi Widodo, pihaknya membuka kembali TMII pada Selasa, 18 Mei sesuai arahan.

Sebelumnya, pihak TMII menutup sementara kawasan wisata guna mengikuti arahan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta. Selama dua hari penutupan, pihak TMII melakukan penyemprotan disinfektan di semua area kawasan wisata TMII.

TMII kembali buka dengan memberlakukan pembatasan pengunjung maksimal 50% dari kapasitas atau sekitar 30 ribu pengunjung. Pihak tempat wisata TMII akan menerapkan sistem buka tutup jika pengujung sudah mencapai 30 ribu.

Baca juga: Liburan Sekaligus Menambah Wawasan di Jakarta? Ini Dia Tempatnya!

Bagi pengunjung yang sudah telanjur membeli tiket di waktu penutupan sementara bisa menjadwalkan ulang tanggal kunjungan hingga 31 Juli mendatang dengan menunjukkan bukti pembelian tiket di pintu masuk.

Lebih lanjut Adi Widodo mengatakan bahwa selain warga yang berdomisili di Jakarta, wisatawan non-DKI juga sudah bisa berkunjung ke TMII dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Taman Margasatwa Ragunan (TMR)

tempat wisata di Jakarta
Gerbang Masuk Taman Margasatwa Ragunan (foto: ayojakarta.com/net)

Selain Ancol dan TMII, Taman Margasatwa Ragunan juga sempat ditutup sementara pada 15-17 Mei lalu. Selasa, 18 Mei kawasan wisata ini kembali dibuka setelah dilakukan penyemprotan disinfektan.

Untuk pembukaan kembali Taman Margasatwa Ragunan diberlakukan pembelian tiket secara online minimal satu hari sebelum kunjungan. Hal  ini terkait dengan pengetatan protokol kesehatan di area wisata.

Namun, untuk pembukaan kembali hingga 30 Mei 2021, pengunjung yang bisa datang hanya wisatawan yang memiliki KTP DKI Jakarta saja. Selain itu, pengelola juga membatasi jumlah pengunjung hanya sebanyak 30% dari kapasitas normal.

Baca juga: Liburan Seru Sekaligus Hunting Foto di Jakarta, Kemana Saja Ya?

Dengan pembatasan jumlah pengunjung diharapkan agar di dalam kawasan wisata tidak terlalu padat. Pembatasan lainnya yaitu pengunjung dengan rentang usia 0-9 tahun, lansia di atas 60 tahun, dan ibu hamil belum boleh berkunjung ke TMR.

Selain itu, pengunjung yang berwisata ke Ragunan wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti mencuci tangan dengan sabun, membawa hand sanitizer, dan memakai masker.

Itu tadi tempat wisata di Jakarta yang sudah dibuka kembali. Kalau kamu ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut bersama teman dan keluarga, pastikan liburan dengan aman, yah! Terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Selamat berlibur! (ds3)