google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Ini Dia Tempat Wisata Wuhan Yang Bisa Masuk Dalam Bucket List Traveler!

tempat wisata wuhan
Kapal yang melintas di Yangtze River (foto: gettyimages)

Apakah traveler tahu, ada banyak tempat wisata Wuhan, China?

Kira-kira, apa yang ada dalam pikiran traveler kalau mendengar kata Wuhan? Nama kota ini memang mendadak terkenal di seluruh dunia setelah menjadi tempat pertama merebaknya virus Corona yang menjadi pandemi.

Sebenarnya, sebelum menjadi perhatian dunia karena tempat penyebaran virus, ibu kota di Provinsi Hubei ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di salah satu kota besar di China ini.

Wuhan juga memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari kuil dan klenteng unik di seluruh penjuru kota, Sungai Yangtze, hingga seni tradisional. Setelah pandemi berakhir, apakah traveler tertarik untuk memasukkan Wuhan sebagai tujuan berlibur di China?

Berikut beberapa tempat wisata dan aktivitas yang bisa dilakukan untuk liburan seru di Wuhan.

1. Yellow Crane Tower

Yellow Crane Tower di malam hari (foto: Frank500px.com/Fd1)

Sebagai landmark kota Wuhan, Yellow Crane menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Wuhan.  Yellow Crane Tower terletak di atas Snake Hill dekat Yangtze River. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan kota Wuhan dari ketinggian.

Tempat yang juga dianggap sebagai representasi arsitektur Wuhan ini terdiri dari 5 lantai. Setiap lantai memiliki layout yang berbeda. Naiklah hingga lantai 5, dimana kamu bisa melihat Yangtze River dan juga Yangtze River Bridge. Di dalam, terdapat aula besar dengan yang dihiasi lukisan, kaligrafi tradisional khas China, dan dekorasi lampu unik.  Bahkan, ada toko souvenir juga, lho!

2. East Lake

tempat wisata wuhan
Aerial view sakura mekar di East Lake (foto: chinadaily)

East Lake merupakan salah satu danau kota terbesar di China. Kamu bisa menemukan sejumlah taman yang menarik untuk dijelajahi di sekeliling danau. Wisatawan bisa menikmati bunga yang berbeda di setiap musim, seperti sakura di musim semi dan plum blossom di musim dingin.

Jika berkunjung di musim panas, wisatawan bisa berenang di salah satu kawasan danau, seperti Liyuan Park. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di sejumlah kedai teh dan restoran yang ada di sekitar danau. Jangan lewatkan untuk menjelajah dan menikmati pemandangan danau dengan menyewa perahu.

3. Botanical Viewing Garden

Zhu De’s Stele Pavilion di atas Mo Hill

Masih berada di kawasan East Lake, Botanical Viewing Garden berada di Mo Hill. Bukit ini dikelilingi air di tiga sisi dan menawarkan pemandangan indah lanskap bergaya Dinasti Chu, pegunungan, dan sungai. Botanical Viewing Garden memiliki lebih dari 360 jenis tanaman yang terbagi menjadi 13 area taman.

Ada lebih dari dua juta tanaman di tempat ini untuk dinikmati. Selain itu, kamu juga bisa hiking hingga ke atas bukit untuk melihat Zhu De’s Stele Pavilion dan menikmati pemandangan danau dari ketinggian. Taman seluas 10 hektar ini juga menjadi salah satu spot pohon sakura terbaik di seluruh negeri Tirai Bambu ini. Jadi, jangan lewatkan untuk berlibur di musim semi agar bisa menikmati bunga sakura yang bermekaran!

4. Yangtze River Bridge

Keindahan Wuhan Yangtze Great Bridge di malam hari (foto: besthqwallpapers)

Ini dia salah satu tempat wisata Wuhan yang tak boleh kamu lewatkan, Yangtze River Bridge. Dengan nama resmi Wuhan Yangtze Great Bridge, jembatan ini juga dikenal juga dengan nama Wuhan First Yangtze Bridge. Jembatan ini berada di atas Yangtze River, yang merupakan sungai terpanjang di Asia dan terpanjang ketiga di dunia.

Yangtze River Bridge menghubungkan Snake Hill di sisi selatan dan Turtle Hill di sisi utara. Di jembatan sepanjang 1.670 meter ini kamu bisa naik ke menara pandang untuk bisa melihat ke seluruh area Yangtze River dan penjuru Kota Wuhan. Jembatan ini juga berfungsi sebagai jalan untuk kereta dan kendaraan bermobil.

5. Guiyuan Temple

tempat wisata wuhan
Kuil Buddha Guiyuan Temple (foto: Frank 500px.com/Fd111)

Guiyuan Temple, dikenal juga dengan nama Guiyuan Zen Temple, merupakan salah satu kuil terkenal di Wuhan. Kuil Buddha  seluas 2 hektar ini sudah berdiri sejak Dinasti Qing pada tahun 1658 dan menjadi kuil Buddha yang pertama didirikan di Wuhan dari total empat kuil. Kuil ini terkenal dengan arsitektur bangunan dan patung-patung indah serta kekayaan koleksinya.  

Area ini terdiri dari tiga halaman utama: halaman utara, tengah, dan selatan. Selain itu, ada tiga bangunan yang bisa kamu kunjungi: Depository of Buddhist Texts, Hall of Arhats, dan Great Buddha’s Hall. Di sini, kamu bisa melihat para biksu yang menjalankan aktivitas sehari-hari. Atau mau mencoba diramal dan cari tahu peruntungan kamu?

6. Hubei Provincial Museum

Tampak depan Hubei Provincial Museum (foto: wikipedia)

Berada di taman yang terletak di East Lake, Hubei Provincial Museum adalah salah satu museum terbaik yang dimiliki China dan menjadi salah satu tempat wisata Wuhan yang populer. Museum yang didirikan sejak 1956 kaya akan peninggalan sejarah dan memiliki lebih dari 200 ribu relik budaya, termasuk senjata kuno, tembikar, dan alat musik kuno.

Museum terbagi menjadi tiga area pameran dengan area pameran permanen dan sementara yang menampilkan artefak dari Kerajaan Chu (770-476 SM) yang menjadi harta karun nasional. Bangunan museum bergaya tradisional Chu dengan tiga bagian utama ruang pameran, yaitu Chu Culture, Chime Bells, dan Comprehensive.

7. Jianghan Street dan Jiqing Street

Kawasan pedestrian di Jianghan Street

Shopaholic, ini dia tempat wisata Wuhan yang wajib kamu kunjungi saat liburan di kota ini! Puaskan diri dengan belanja oleh-oleh dan hadiah untuk diri sendiri di Jianghan Street, pusat belanja di Wuhan bernuansa Eropa dengan tambahan sentuhan khas China.

Selain pusat perbelanjaan, ada banyak kafe, restoran, serta pasar malam yang menjual berbagai macam souvenir dan barang-barang lainnya. Malam hari, datanglah ke Jiqing Street. Ada beragam pertunjukan seni, kafe, dan restoran unik yang menarik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga untuk menghabiskan malam.

8. Yangtze River Cruise

Wajib coba Yangtze River Cruise saat liburan ke Wuhan (foto: orientaltoursandtravel)

Traveling atau liburan ke Wuhan, traveler wajib mencoba Yangtze River Cruise, nih! Melihat kota Wuhan dengan naik kapal pesiar menjadi salah satu aktivitas favorit wisatawan untuk berkeliling melihat langsung pesona keindahan Yangtze River.

Baca juga: Mau Liburan Anti Mainstream? Coba Wisata Kapal Pesiar Aja!

Ada empat rute untuk Yangtze Cruise, yaitu dari Chongqing ke Yichang (area hilir) yang memerlukan waktu 4 hari 3 malam. Lalu ada Yichang ke Chongqing (area hulu) dengan durasi 5 hari 4 malam. Berikutnya dari Chongqing to Shanghai (hilir) untuk jangka waktu 7 hari 6 malam. Terakhir, rute Shanghai to Chongqing (hulu) untuk durasi terlama, 9 hari 8 malam. Tertarik untuk mencoba?

9. Wuhan University

Pengunjung menikmati keindahan bunga sakura mekar di area Wuhan University (foto: greatwall.co.id)

Mungkin kamu heran, memangnya ada wisatawan  yang menjadikan Wuhan University sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Wuhan? Faktanya memang benar, lho! Menjadi salah satu universitas papan atas di China, Wuhan University banyak mendapat kunjungan turis terutama saat musim semi.

Wisatawan yang berkunjung di bulan Maret akan disuguhkan pemandangan indah bunga sakura yang bermekaran di area kampus. Bahkan, Cherry Blossom Avenue, jalanan di sepanjang gedung asrama menjadi spot sakura terbaik untuk menikmati keindahan ratusan pohon sakura di Wuhan. Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan bangunan kampus dengan perpaduan arsitektur tradisional dan barat.

Pesona keindahan tempat wisata Wuhan

Ada banyak alasan kamu harus traveling ke Wuhan. Selain pemandangan indah Yangtze River, Wuhan juga menawarkan wisata budaya, kuliner, shopping, dan juga religi. Tak heran, Wuhan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di China. Kalau pandemi sudah berakhir, bisa nih rencanakan untuk berkunjung ke kota ini. Pergi dengan teman dan keluarga pasti seru, yah!