google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Inilah Daftar Penyakit Komorbid yang Wajib Diwaspadai Selama Masa Pandemi Covid-19

Penularan virus corona ini sangatlah cepat dan tidak pandang bulu. Siapa saja dapat terpapar oleh virus corona, bayi, anak – anak, remaja, orang dewasa, sampai lansia. Namun sayangnya, bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan atau pun komorbid ini justri sangat berisiko lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya.

Dari hari ke hari, angka kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Siapa pun dapat terinfeksi penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh serangan virus corona. Mungkin sekarang ini sudah tidak terhitung lagi berapa nyawa manusia yang sudah menjadi korban sejak pertama kali pandemi Covid-19 menyerang Indonesia.

Namun, fakta di lapangan yang terjadi bahwa mereka dengan komorbid atau sedang mempunyai penyakit bawaan nyatanya lebih berisiko tinggi ketika virus corona ini menyerang. Gejala yang muncul juga bakal lebih terasa berat bila dibandingkan dengan orang yang sudah terinfeksi virus corona tanpa disertai penyakit bawaan.

Sejak awal pandemi ini muncul, kita kerap kali mendengar informasi dan juga istilah dari komorbid. Dalam Covid-19 ini, ada beberapa dari jenis komorbid yang sering disebutkan, seperti halnya penyakit jantung, diabetes atau kencing manis, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, stroke dan masih banyak lainnya.

Komorbid merupakan sebuah istilah dalam dunia kedokteran yang merujuk pada penyakit penyerta selain dari penyakit utama yang tengah diderita oleh manusia. Dilansir langsung dari Britannica, komorbid atau pun komorbiditas ini biasanya berkaitan erat dengan penyakit kronis.

Komorbid ini memang lebih rentan sekali membuat kondisi kesehatan para penderitanya saat sedang terpapar suatu penyakit tertentu menjadi lebih rawan, dan juga memerlukan perawatan kesehatan yang lebih kompleks lagi.

Daftar Penyakit Komorbid Yang Dapat Memperburuk Gejala Covid-19

Penyakit penyerta atau pun komorbid ini merupakan suatu masalah kesehatan lainnya yang sudah dimiliki oleh orang sebelum pernah terpapar virus corona. Penyakit inilah yang bakalan membuat Covid-19 ini menjadi semakin lebih parah dikarenakan imunitas tubuh yang begitu lemah, terlebih lagi bila tidak segera ditangani.

Lantas, apa saja jenis dari penyakit komorbid yang dapat membuat Covid-19 ini menjadi semakin lebih parah dan harus diwaspadai? Melansir langsung dari Verywell Health, ternyata komorbid ini tidak hanya mengenai penyakit fisik saja, akan tetapi bisa pula berkaitan erat dengan gangguan pada kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa contoh dari komorbid pada suatu penyakit :

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi

Kita semua harus selalu waspada, hipertensi atau tekanan darah tinggi ini diduga menjadi komorbid yang cukup serius. Hal ini disebabkan tekanan darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh manusia mampu untuk merusak organ penting dalam tubuh dalam waktu singkat.

Terlebih lagi bila disertai dengan infeksi virus corona. Kondisi ini pun bakalan sangat rentan terjadi kepada siapa pun, namun lebih berisiko tinggi terjadi pada orang yang berumur lebih tua.

Diabetes atau kencing manis

Selain tekanan darah tinggi, penyakit diabetes ini menjadi gangguan kesehatan penyerta yang memang harus kita waspadai bersama. Penyakit satu ini muncul dengan tanda kadar gula dalam darah begitu tinggi.

Bila tidak segera mendapatkan penanganan, penyakit diabetes ini akan mengakibatka kerusakan pada organ jantung, ginjal, pembuluh darah, bahkan mata.

Namun sayangnya, infeksi dari virus corona ini dapat membuat kerusakan pada organ penting dari para penderita diabetes ini berlangsung begitu cepatnya. Jadinya, Anda harus selalu kontrol kadar gula darah di dalam tubuh secara berkala. Lalu, cara lainnya dengan membiasakan untuk pola makan sehat dan pola hidup sehat pula.

Masalah pada sistem pernapasan

Virus corona memang langsung menyerang saluran pernapasan manusia. Maka dari itulah, orang yang tengah memiliki penyakit bawaan atau komorbid gangguan sistem pernapasan ini akan berisiko lebih tinggi mengalami gejala yang cukup parah apabila sudah terinfeksi Covid-19.

Infeksi virus corona ini akan menjadi semakin buruk bila para penderitanya sedang memiliki penyakit penyerta seperti halnya TBC, PPOK maupun asma. Namun sayangnya virus corona ini pun mampu merusak organ paru – paru yang dapat mengakibatkan tubuh manusia tidak bisa lagi memeroleh oksigen yang cukup dan bisa merusak organ penting dalam tubuh.

Penyakit jantung

Apabila Anda sedang mempunyai masalah kesehatan pada organ jantung atau pun kardiovaskular yang lainnya, tentu harus benar – benar waspada. Alasannya adalah penyakit Covid-19 ini bisa menjadikan penyakit bawaan tersebut menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Sistem imunitas tubuh yang lebih diakibatkan oleh penyakit tersebut dapat pula mengakibatkan paradangan serta kerusakan organ yang begitu parahnya. Apabila tidak langsung memeroleh penangana khusus, kondisi ini pun dapat pula berujung pada komplikasi serius dan juga membahayakan penderitanya.

DBD atau Demam Berdarah Dengue

DBD selalu dikaitkan dengan penyakit saat musim pancaroba tiba. Masalah kesehatan satu ini cukup rentan sekali menyerang anak – anak tersebut ternyata bisa membuat Covid-19 menjadi lebih mematikan dari sebelumnya.

Oleh karena itulah, para orang tua sangat perlu waspada dengan gejala dari DBD pada anka – anak. Hal ini dikarenakan DBD dan juga Covid-19 pun diduga mempunyai gejala yang hampir sama. Jadinya, pastikan pula segera memeriksakan anak ke dokter atau pun rumah sakit apabila melihat anak sedang menunjukkan gejala kesehatan yang cukup aneh.

Obesitas

Seseorang denga obesitas ini biasanya mempunyai penyakit bawaan seperti halnya diabetes tipe 2, penyakit kolesterol yang tinggi, sakit jantung, stroke, hipertensi atau pun penyakit darah tinggi, penyakit asam urat, kanker, radang sendi, gangguan tidur apnea, osteoarthritis sampai dengan depresi.

Penyakit ginjal

Berdasarkan data dari Analisis Kematian Pasien Positif Covid-19 berdasarkan pada Usia dan juga Riwayat penyakit komorbid oleh tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19, para penderita yang memiliki penyakit ginjal kronis ini ternyata memiliki risiko kematian hingga 13,7 kali lebih besar dibandingkan dengan pasien yang tidak memiliki penyakit tersebut.

Angka di atas rupanya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit komorbid atau bawaan Covid-19 yang lainnya seperti halnya tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung maupun diabetes.

Penyakit gangguan pada saraf

Penyakit komorbid atau bawaan gangguang pada saraf pun bisa membuat para pengidapnya menjadi lebih rentan saat terpapar virus corona. Demensia sampai dengan penyakit Alzheimer ini merupakan beberapa dari gangguan saraf atau pun neurologis yang sangat rentan bila sudah terkena Covid-19.

Penyakit gangguan sistem endokrin

Gangguan satu ini seperti halnya hipertiroid dan juga hipotiroid yakni terjadi kelainan pada bentuk kelenjar tiroid, kanker tiroid pun termasuk ke dalam penyakit komorbid atau bawaan dari Covid-19 yang harus diwaspadai oleh siapa saja. penyakit ini pun disebabkan oleh gangguan apda sistem endokrin yang dapat terjadi peradangan yang mana bakalan memperparah infeksi virus corona.

Penyakit hati atau liver

Berbagai macam jenis penyakit liver ini termasuk di dalamnya adalah penyakit liver kronis, penyakit hati ini berkaitan erat dengan sirosism alkohol dan juga fatty liver ini dapat membuat seseorang terinfeksi virus corona menjadi lebih parah dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki penyakit komorbid liver tersebut.

Depresi dan gangguan kecemasan

Depresi dan juga gangguan kecemasan ini adalah contoh dari penyakit bawaan umum dalam bidang kesehatan mental. Menurut sejumlah para ahli, seseorang yang sedang mengalami gangguan kecemasan ini biasanya pun mempunyai gejala depresi, demikian pula sebaliknya.

Beragam dari jenis penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 seperti di atas ternyata memang bisa meningkatkan risiko kematian dan juga tingkat parahnya gejala penyakit yang dirasakan oleh seseorang saat sudah terinfeksi virus corona. Akan tetapi, risiko parahnya gejala sekarang sudah bisa dicegah dengan cara vaksinasi Covid-19.

Beberapa dari hasil penelitian pun telah membuktikan tingkat efektivitas pada vaksin virus corona ini dalam hal pencegahan penyakit Covid-19 dengan gejala parah serta mampu pula menurunkan risiko kematian dari infeksi virus corona.

Selain itu juga, untuk semua kalangan baik lansia maupun penderita penyakit komorbid bawaan ini sudah termasuk dalam kelompok prioritas yang akan menerima vaksinasi Covid-19.

Cara Tepat Penanganan Pada Penyakit Bawaan Komorbid Covid-19

Penanganan dari penyakit komorbid atau bawaan ini dapat dilakukan dengan cara memberikan perawatan pada penyakit utamanya. Hal ini dikarenakan penyakit komorbid bisa melibatkan beberapa penyakit dalam waktu bersamaan, biasanya para pengidap akan dirawat atau pun mendapatkan penanganan medis serta melibatkan beberapa dokter spesialis.

Untuk infeksi virus corona, para pengidap penyakit komorbid atau bawaan ini akan mendapatkan penangan secara medis menyesuaikan dengan tingkat keparahan gejala yang munciul dan juga kondisi dari penyakit bawaannya. Para penderitaa Covid-19 dengan gejala ringan atau pun tidak merasakan gejala apapun bisa dengan melakukan isoman atau isolasi mandiri dengan catatan penyakit komorbidnya harus terkontrol secara berkala.

Apabila gejala dari infeksi virus corona ini sedang atau bahkan berat serta penyakit bawaan sudah tidak terkontrol, maka pasien pun akan segera dirujuk untuk langsung dirawat di rumah sakit.