google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Inilah Jenis Hormon Bahagia Dalam Tubuh Baik Untuk Kesehatan Mental

Hormon merupakan sejenis senyawa kimia yang ada di dalam tubuh manusia. Diproduksi oleh berbagai macam kelenjar pada seluruh bagian tubuh.

Senyawa ini juga akan mengalir melalui aliran darah, dan berfungsi sebagai pembawa pesan dan berperan penting dalam banyak proses di tubuh.

Salah satu fungsi terpenting dari hormon adalah mengatur suasana hati. Beberapa dari jenis hormon tertentu yang ada di dalam tubuh pun sudah dikenal mampu untuk membantumeningkatkan perasaan positif, seperti kesenangan dan juga kebahagian.

Oleh sebab itulah, guna menjaga kesehatan mental, maka Anda pun mesti tahu beberapa dari jenis hormon yang dapat meningkatkan kebahagian di dalam tubuh.

Kenali Jenis – Jenis Hormon Bahagia Dalam Tubuh

Untuk hormon bahagian yang sudah ada secara alamiah dalam tubuh kita terdiri dari :

Domapin

Pertama adalah hormon dopamin yang dikenal dengan hormon perasaan baik. Dopamin ini juga termasuk hormon dan neurotransmitter yang mana merupakan bagian terpenting dari sistem perhargaan di otak.

Hormon dopamin ini juga berhubungan erat dengan sensasi yang begitu menyenangkan, dibarengi dengan memori, pembelajaran, fungsi sistem motorik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Serotonin

Kedua adalah serotonin, hormone ini pun bisa membantu untuk mengatur suasana hati Anda, nafsu makan, tidur, sistem pencernaan, memori dan juga kemampuan belajar.

Oksitosin

Hormon yang ketiga ini sering kali dikenal dengan sebutan hormon cinta. Hormon oksitosin ini pun memiliki peranan penting untuk persalinan, menyusui, serta ikatan antara orang tua dan anak yang begitu kuat.

Hormon ini pun bisa membantu untuk meningkatkan empati, kepercayaan dan ikatan di dalam hubungan. Pada umumnya, kadar hormon oksitosin akan meningkat dengan kasih sayang secara fisik, seperti halnya ciuman, pelukan dan juga hubungan intim.

Endorfin

Terakhir adalah hormon endorfin yang merupakan pereda nyeri alami bagi tubuh manusia. Hormon ini diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap stress atau pun perasaan tidak nyaman yang sedang dirasakan.

Kadar hormon endorfin ini bisa meningkat apabila Anda sedang melakukan berbagai macam aktivitas yang dapat menimbulkan perasaan memuaskan, seperti halnya menjalani hobi, konsumsi makanan favorit, olahraga hingga berhubungan intim.

Begini Cara Alami Untuk Meningkatkan Hormon Bahagia Dalam Tubuh

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa meningkatkan kadar hormon bahagia dalam tubuh, di antaranya adalah :

Bepergian Ke Luar Rumah

Anda ingin meningkatkan kadar hormon serotonin dan endorfin dalam tubuh? Salah satu cara yang cukup mudah dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu di luar rumah, mungkin lebih tepatnya berada di bawah sinar matahari.

Paparan sinar matahari langsung bisa meningkatkan produksi hormon endorfin dan serotonin secara alami. Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki santai sekitar 10 sampai 15 menit saja di luar rumah tiap hari.

Rutin Berolahraga

Tidak bisa dipungkiri bila olahraga memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan fisik dan emosional Anda.

Olahraga juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk melepaskan endorfin dan juga mampu untuk meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh secara alami.

Jadinya, untuk menjaga kesehatan mental, pastikan juga Anda memiliki tubuh yang sehat dengan cara rutin berolahraga meskipun sebentar saja.

Tertawa Lepas Bersama Teman

Tertawa lepas bersama dengan sahabat atau pun pasangan memang tidak bisa mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami. Akan tetapi, cara satu ini ternyata cukup amuh untuk meredakan perasaan cemas atau pun stress yang tengah Anda rasakan.

Hal tersebut dikarenakan pada saat Anda tertawa, hormone endorfin dan juga dopamin bakalan meningkat sehingga suasana hati pun bisa lekas membaik. Namun bila tertawa ini Anda lakukan bersama dengan pasangan, maka dapat juga memicu pelepasan hormon oksitosin.

Makan Bersama Pasangan

Cara berikut ini bisa meningkatkan hormon bahagia. Yang pertama adalah dengan konsumsi makanan favorit dapat pula memicu pelepasan dompain bersamaan dengan hormon endorfin. Berbagi makanan dengan pasangan juga ampuh untuk meningkatkan kadar hormon oksitosin.

Jenis makanan tertentu yang bisa memiliki dampak pada kadar hormon di dalam tubuh, jadi perhatikan pula beberapa hal berikut bila sedang merencanakan makanan guna meningkatkan kadar hormon bahagia :

  • Pelepasan hormon endormin bisa dengan cara makan makanan pedas.
  • Pelepasan hormon dopamine bisa pula dengan konsumsi kacang – kacangan, yogurt, daging dengan kandungan rendah lemak, biji almond.
  • Untuk meningkatkan kadar hormone serotonin bisa dengan konsumsi makanan yang tinggi triptofan, seperti udang, tahu dan ikan salmon.
  • Makanan yang ada kandungan probiotik, seperti kimchi, yogurt, sauerkraut dapat pula memengaruhi pelepasan hormon dalam tubuh.

Musik

Mendengarkan musik atau pun bermain alat musik bisa jadi cara untuk meningkatkan lebih dari satu hormon bahagia. Ketika sedang mendengarkan musik instrumental, terlebih lagi musik yang bisa membuat Anda merinding, maka dapat pula meningkatkan produksi hormon dopamine di otak.

Mendengarkan musik yang Anda sukai juga bisa membantu untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya. Perubahan positif dalam suasana hati inilah nantinya dapat meningkatkan produksi hormon serotonin.

Musik pun mungkin saja bisa mengalami pelepasan hormon endorfin. Membuat dan juga menampilkan musik dengan cara bernyanyi, menari atau pun lainnya bisa menyebabkan pelepasan endorfin yang sangat baik bagi tubuh Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kadar hormon bahagia dalam tubuh, seperti dengan meditasi, pijat relaksasi, waktu tidur yang cukup, main bersama hewan peliharaan dan lainnya.