Jaylen Brown MVP Final Wilayah Timur, Boston Celtics Sukses Lolos ke Final NBA

Kedigdayaan ditunjukkan Boston Celtics atas Indiana Pacers, mereka sukses menang di game keempat untuk sapu bersih series ini sekaligus melaju ke babak final NBA musim 2023-2024. Pertandingan hidup dan mati dijalani Indiana Pacers di Gainbridge Fieldhouse, markas mereka sendiri di game keempat babak final wilayah timur melawan Boston Celtics. Ini menjadi hidup mati karena jika kalah maka perjalanan Pacers di NBA musim ini akan terhenti. Celtics yang sejak awal ada di atas angin benar benar membuat Pacers dalam masalah. Pada akhirnya Pacers yang tak diperkuat Tyrese Haliburton pun harus kalah dengan skor 102-105 dan membuat Celtics melaju ke final NBA.

Boston Celtics memang sejak awal series ini dimulai sudah menjadi tim unggulan. Hal itu semakin terbukti ketika mereka menang cukup mudah di dua game awal yang dimainkan di TD Garden, markas mereka sendiri. Modal dua kemenangan tersebut diperkuat dengan kondisi Pacers yang di game ketiga dan keempat sudah harus bermain tanpa mesin dan otak permainan mereka, Tyrese Haliburton karena cedera. Alhasil dengan situasi unggul 3-0, di game keempat ini memang banyak pihak yang memprediksi bahwa Celtics akan menyapu bersih Pacers.

Situasi sebenarnya tak berjalan mulus bagi Celtics, karena bagaimanapun game ini dimainkan Pacers di depan pendukungnya sendiri. Jadi sejak awal tim yang berbasis di Indianapolis tersebut sudah menunjukkan hasrat besar untuk setidaknya bisa memperkecil ketertinggalan. Bisa mengimbangi Celtics di sepanjang game, sayang hal dramatis terjadi di 30 detik terakhir pertandingan. Pacers yang tertinggal tiga poin saja, gagal memasukkan bola usai tembakan Aaron Nesmith meleset dan defensive rebound bisa diamankan pemain Celtis. Alhasil tim tamu menang dan mereka lolos ke babak final dengan keunggulan 4-0 di series ini atas Pacers.

Jaylen Brown MVP Final Wilayah Timur

Seusai pertandingan, pemain andalan Boston Celtics, yaitu Jaylen Brown berhasil mendapatkan gelar MVP untuk laga final wilayah timur ini. Brown dinilai layak karena dari statistik dan fakta di lapangan ia adalah kunci keberhasilan Celtics melumat Pacers di series ini. Di game keempat sendiri Brown berhasil jadi top skor Boston Celtics dengan mengemas 29 poin, 6 rebound, dan 3 steal. Sementara di babak final rataan statistiknya adalah 29,8 poin per game, 5,0 rebound per game, dan 2,0 steal per game.

Sementara itu kunci keberhasilan Celtics lainnya adalah sosok Jayson Tatum yang masih sangat terjaga kekonsistenan performanya sampai babak final ini. Pada game keempat bahkan ia sukses membuat double-double dengan koleksi 26 poin, 13 rebound, dan 8 assist. Kemudian disusul dengan nama lain seperti Jrue Holiday yang membuat 17 poin, 9 rebound, serta Derrick White yang membuat 16 poin, 4 rebound, dan juga 3 assist.

Sedangkan dari kubu Indiana Pacers, absennya Haliburton coba disiasati dengan apiknya performa Andrew Nembhard yang di game ini membuat 24 poin, 6 rebound, dan 10 assist atau double-double. Sayang Nembhard menjadi mesin Pacers yang paling konsisten di series ini. Pasalnya rekan setimnya tak bisa begitu step-up sehingga pada akhirnya Pacers tak kuasa untuk bisa menghadang laju Boston Celtics.

Tunggu di Final

Boston Celtics sukses ke babak final NBA musim 2023-2024 usai mengalahkan Pacers dengan skor akhir series 4-0 atau sapu bersih. Ini akan menjadi kembalinya Celtics ke final NBA setelah sempat absen di musim lalu karena gugur oleh Miami Heat di babak final wilayah.

Sekarang tim asuhan Joe Mazzulla tersebut hanya tinggal menunggu pemenang antara Dallas Mavericks melawan Minnesota Timberwolves di final wilayah barat. Sejauh ini Mavericks sudah unggul 3-0 dan butuh satu kemenangan lagi untuk mensapu bersih sang lawan.