google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Jenis Ikan Mas Koki yang Cocok untuk Akuarium Rumah

10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer di Indonesia

Seiring masa pandemi covid 19, ikan mas koki kian diminati sebagai salah satu ikan hias yang mampu mengisi akuarium dengan indah. Usut punya usut, ternyata ikan mas koki tidak hanya dalam satu bentuk saja melainkan terdiri dari berbagai jenis dan varietas yang unik.

Ikan Mas Koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar populer yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Tak hanya karena tampilannya yang lucu dan cantik, perawatan Ikan Mas Koki yang cukup sederhana menjadikannya primadona ikan hias yang tak boleh dilewatkan oleh para kolektor ikan hias.

Jenis Ikan Mas Koki Berikut Bisa Jadi Referensi Terbaik untuk Akuarium Rumah

  1. Mas Koki Ryukin
Panduan Memelihara Ikan Mas Koki Ryukin Lengkap - Gerava | Ikan Hias |  Burung Kicau | Kucing | Anjing

Berasal dari Jepang, mas koki hias ini terkenal akan bentuknya yang lucu, sekalipun menyerupai tekstur ikan koi. Ciri khas dari mas koki ini ada pada tubuhnya yang pendek, dengan punuk serta sirip lebar nan membesar.

Ikan Mas Ryukin sendiri tergolong salah satu jenis ikan mas koki hias yang cukup sulit di temukan di Indonesia dan kebanyakan masih di impor dari luar negeri. Ikan mas koki ryukin rata – rata dibanderol dengan harga Rp.10.000.

2. Ikan Mas Koki Lionhead

10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer di Indonesia

Mas koki lionhead merupakan salah satu varietas ikan hias yang sangat familiar di Indonesia. Adapun, ciri khas dari ikan hias ini tampak jelas dari sisi kepala yang di penuhi gumpalan layaknya buah berry. Karakternya yang sangat khas yakni bagian kepala yang dipenuhi gumpalan bak buah berry menjadi daya tarik utama dari ikan mas koki jenis ini.

3. Mas Koki Black Moor

Ikan mas koki black moor | Shopee Indonesia

Jenis mas koki ini tidak kalah menarik dari mas koki lainnya dengan tekstur putih dan merah pada tubuhnya. Sebab, mas koki black moor memiliki ciri khas yang sangat menarik dengan tekstur warna hitam pekat pada sisik dengan mata yang lebih menonjol. Warnanya yang kontras dari jenis ikan mas koki lainnya membuat ikan mas koki black moor sangat cocok dipelihara bersama ikan mas koki jenis lainnya.

4. Ikan Mas Koki Bubble Eye

JENIS IKAN MAS KOKI PALING ANEH!!! Ikan Mas Koki Mata Balon (Bubble Eye) -  YouTube

Kombinasi unik merupakan salah satu ciri khas dari mas koki bubble eye, dengan aksen menyerupai balon pada sisi bawahnya. Dengan gumpalan tersebut, mas koki bubble eye tampak terlihat unik sekalipun menggemaskan sebagai varias ikan hias di rumah.

Memiliki gumpalan seperti balon air pada bagian bawah matanya membuat ikan mas koki bubble eye terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Ikan mas bubble eye memiliki bentuk tubuh, sirip, dan mata yang mengarah ke atas yang mirip dengan ikan angkasa, tetapi juga memiliki dua kantong kulit berisi cairan di pipinya. 

5. Celestial Goldfish

Celestial Eye - Wikipedia

Mas koki celestial mungkin menjadi salah satu ikan mas koki yang sangat familiar karena karakteristiknya yang menonjol. Satu keunikan dari jenis mas koki ini terlihat dari tonjolan mata yang menghadap ke atas, serta tidak memiliki sirip punggung.

Kedua hal ini membuat jenis ikan mas koki ini tak memiliki kemampuan berenang dan penghilatan yang baik. Umumnya, seekor Celestial Goldfish memiliki harga hingga Rp250 ribu di pasaran.

6. Mas Koki Fantail

10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer di Indonesia

Serupa namun tak sama, mas koki fantail mungkin bagi beberapa orang memiliki kemiripan seperti mas koki Ryukin karena tekstur warnanya yang mirip. Untuk di ketahui, mas koki fantail alias ekor kipas memiliki tekstur yang terlihat mengembang, namun memiliki perbedaan pada ekor yang pendek sehingga lebih lincah dalam bergerak.

Sekilas ikan mas koki jenis ini terlihat tak berbeda dengan jenis ikan mas lainnya. Adapun, satu ekor mas koki fantail memiliki rentang harga antara Rp.125 ribu sampai dengan Rp.250 ribu saat ini.

7. Ikan Mas Koki Shubunkin

Ikan Mas Koki Shubunkin Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Komposisi warna yang kaya bertekstur orange, putih dan pola hitam pada sekujur tubuhnya merupakan karakter morfologi dari mas koki shubunkin. Meski memiliki warna yang unik, harga mas koki shubunkin tergolong sangat terjangkau, yakni mulai Rp.25 ribu per ekor.

Ciri khas dari jenis ikan mas koki satu ini adalah komposisi warna yang lebih kaya, yakni terdiri dari tiga warna yang umumnya terdiri dari putih, oranye, dan juga cipratan pola hitam pada sekujur tubuhnya.

8. Mas Koki Oranda

Ikan mas koki oranda jumbo | Shopee Indonesia

Berdasarkan karakteristik, mas koki oranda memiliki kemiripan seperti jenis lionhead yang sangat unik, namun memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut merujuk pada bentuk gumpalan yang hanya tersedia pada bagian atas kepala seperti konde.

Di Indonesia, peminat dari ikan jenis ini cukup banyak, hal ini di karenakan harga nya yang tidak terlalu mahal namun memiliki warna dan corak yang cantik. Sehingga mampu menarik perhatian konsumen.

9. Mas Koki Komet

9 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik yang Mudah Dirawat Beserta Harganya - Hot  Liputan6.com

Jenis ikan mas koki komet merupakan salah satu ikan hias yang sangat populer dengan karakteristik menyerupai ikan mas. Meski bertekstur orange pekat, namun mas koki komet hadir dalam berbagai variasi yang menarik dengan tubuh ramping, khususnya pada sirip dada dan perut.

Ikan mas komet yang diperkirakan berasal dari negara bagian Washington pada akhir 1800-an, hadir dalam beberapa variasi, dan yang paling populer adalah komet oranye metalik yang warnanya terlihat baik di kolam ikan mas.

10. Ikan Mas Koki Ranchu

Jual Produk Bestseller Ikan Koki Ranchu Termurah dan Terlengkap April 2021  | Bukalapak

Memiliki tampilan unik nan eksotis merupakan identitas kuat dari mas koki ranchu yang sangat melegenda. Ikan ini memiliki kombinasi warna yang unik, sekalipun tampil cukup mencolok dengan tekstur oranye pekat pada permukaan kulit.

Mas koki Ranchu punya tampilan yang eksotis, dengan memiliki beberapa warna mencolok.  Ikan ini biasa di banderol dengan harga Rp.30.000. Ikan mas koki ranchu memiliki ciri – ciri yaitu tidak memiliki sirip pada bagian punggung nya, dan memiliki jambul pada bagian kepala nya.