google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Jenis Kaca yang Sering Digunakan untuk Rumah

Material kaca kerap digunakan untuk mempercantik sekaligus memberikan kesan luas pada rumah. Tak hanya itu, kaca biasanya juga digunakan sebagai bahan baku jendela, meja, pintu, ventilasi, dan sebagainya. Kaca juga dikenal bisa menembus sinar matahari sehingga kamu bisa menghemat penggunaan lampu di siang hari.

Penggunaan kaca pada hunian rumah memang sudah tidak asing lagi. Selain dapat menghadirkan kesan estetik, kaca yang digunakan sesuai kebutuhan juga dapat dimanfaatkan fungsinya secara maksimal, lho.

Zaman sekarang, penggunaan kaca pada rumah sudah banyak diterapkan. Material gelas bening ini diminati banyak orang karena tampilannya yang sleek dan elegan, membuat semua tipe hunian terlihat lebih modern.

Sedang berencana membeli kaca untuk komponen pembangunan rumah? Simak dulu 10 jenis kaca di bawah ini biar kamu enggak salah pilih!

Jenis Kaca dan Fungsinya

  1. Kaca Bening
Mengenal Macam-macam Jenis dan Ukuran Kaca | Area Design-Desain Renovasi  Bangun Rumah Minimalis

Jenis kaca yang satu ini merupakan yang paling umum digunakan. Kaca ini kerap disebut float glass yang tidak memiliki warna dan permukaan yang bersih dan rata. Kaca bening bersifat rata, tidak terdistorsi, dan mampu membiaskan objek hingga 90 persen.

Kaca bening banyak digunakan untuk bagian interior maupun eksterior rumah. Kalian pasti sudah tahu jenis kaca yang satu ini karena pemakaiannya sudah menyebar hampir di setiap rumah.

2. Kaca Es

SANDBLAST / KACA ES POLOS / STIKER KACA SANDBLAST | Shopee Indonesia

Kaca es atau frosted glass merupakan jenis kaca yang memiliki tekstur pada salah satu sisinya. Tekstur ini berfungsi sebagai elemen dekoratif sekaligus dapat mengurangi intensitas sinar matahari dan pandangan orang asing ke dalam ruangan.

Anda juga bisa memanfaatkan jenis kaca es untuk melindungi rumah dari sinar matahari sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu silau. Kaca es merupakan jenis kaca yang tampilannya terlihat buram seperti es.

3. Kaca Cermin

TANYA WILAYAH JANGKAUAN SBLM ORDER] Kaca Cermin Custom Dinding Gantung  Standing Mirror 30 x 130 Murah Fiber Medan | Lazada Indonesia

Kaca cermin atau kaca reflektif merupakan jenis kaca yang mempunyai lapisan oksida logam melalui proses dualisis. Satu sisi kaca ini disebut bisa menembus sisi lain, sedangkan sisi lainnya memantulkan bayangan seperti cermin.

Kaca jenis cermin ini disebut juga one way mirrored glass. Kaca cermin merupakan material yang diciptakan untuk terlihat transparan pada satu sisi saja. Untuk kalian yang masih bingung, coba deh ingat – ingat adegan di film – film action disaat para polisi menginterogasi seorang tersangka di dalam ruang interogasi.

4. Kaca Berwarna

10 Jenis Kaca yang Paling Umum Digunakan untuk Hunian | Blog Ruparupa

Kaca berwarna atau yang biasa dikenal dengan tinted glass merupakan kaca float yang ditambahkan logam pewarna. Dengan warna pada kaca membuat sifat tembus pandang kaca menjadi lebih rendah dan bisa memberikan privasi lebih pada penghuninya.

Warnanya pun beraneka ragam sehingga bisa sekaligus menambah kesan dekorasi pada ruangan. Jenis kaca ini mampu menahan sinar matahari hingga 55 persen sehingga ruangan pun terasa lebih sejuk.

5. Kaca Tempered

7 Kelebihan Kaca Tempered yang Tak Dimiliki Jenis Kaca Lainnya

Kaca ini memiliki kekuatan sangat tinggi dibandingkan kaca biasa. Dengan ketebalan yang sama, kekuatan kaca ini mampu mencapai tiga sampai lima kali lipat dari kekuatan kaca biasa.

Butuh kaca yang memiliki kekuatan lebih tinggi? Kaca tempered adalah solusi yang tepat. Kaca juga tahan terhadap angin, tekanan air, benturan, dan perubahan temperatur yang tinggi. Kaca ini juga termasuk aman karena akan menjadi butiran halus saat pecah.

6. Kaca Laminasi

pengertian kaca laminated safety glass - laminated glass,bahan kanopi kaca,  pengertian kaca laminated, bahan lantai kaca, kaca kuat, kaca bahan atap, kaca  laminated, kaca doube

Kaca laminasi mengandung lapisan berupa Polyvinyl butyral atau etilen vinyl asetat. Jenis kaca ini disebut sangat aman karena saat retak atau pecah, pecahan kaca tidak akan tersebar ke segala arah.

Nah, diantara semua jenis, kaca laminasi ini merupakan jenis yang memiliki ketahanan paling tinggi. Kaca laminasi ini tahan benturan sebanyak 3 sampai 5 kali jenis kaca biasa karena terbuat dari lebaran kaca yang dipanaskan dan didinginkan secara mendadak.

7. Kaca Patri

Pesona Partisi Kaca Patri dan Kaca Tempered, Yuk Intip Rahasianya! - Semua  Halaman - iDEA

Jika ingin menampilkan hunian dengan tampilan yang estetis, kalian bisa menggunakan kaca patri. Sebab, kaca ini memiliki beragam pilihan warna yang bisa kalian pilih. Biasanya, kaca ini dipotong dalam ukuran kecil yang kemudian disusun menggunakan bilah timbale menjadi sebuah gambar seperti karya mosaik.

Kaca patri atau stained glass ini merupakan pecahan kaca warna-warni yang dirakit menjadi satu. Proses penggabungan bongkahan – bongkahan kaca tersebut dinamakan patrian, itu lah mengapa jenis kaca ini disebut patri.

8. Kaca Double Glassing

Jual Double Glazing/ Insulated Glass - Jakarta Utara - PT. TAMINDO GLASS |  Tokopedia

Jenis kaca ini terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca yang dipisahkan menggunakan alumunium atau jenis spacer di sekitar tepinya. Kaca double glassing dapat mengurangi energi panas matahari langsung sehingga membuat suhu ruangan lebih stabil.

Sesuai namanya, kaca ini berasal dari dua atau lebih lapisan kaca yang dipisahkan menggunakan aluminium atau style spacer di sekitar tepinya. Kaca double glassing dapat mengurangi daya panas yang masuk sehingga umum digunakan untuk ruangan yang memiliki perbedaan cukup tinggi dengan bagian luarnya seperti menghindari suhu panas dan kebisingan.

9. Kaca Stopsol

Jual Kaca stopsol/ Reflective Asahimas - 8, Dark Grey - Jakarta Utara - PT.  TAMINDO GLASS | Tokopedia

Terakhir ada kaca stopsol atau solar heat reflective glass yang memiliki kemampuan memantulkan cahaya matahari. Kaca ini pun tentunya dapat mengurangi beban energi untuk pendinginan ruangan sehingga dapat memberikan kesan sejuk saat  berada di dalam ruangan tersebut. Berbeda dengan kaca bening, kaca stopsol atau solar heat reflective glass ini memiliki kemampuan memantulkan cahaya matahari.

10. Kaca Sunergy

AMFG | Sunergy

Kaca jenis ini diproses lewat proses vacuum sputtering. Kaca terbuat dari kaca bening yang dilapisi dengan sebagian material untuk membuatnya jernih dan transparan serta sanggup menyerap panas matahari. Jadi, bisa lebih menghemat energi deh jika menggunakan kaca ini karena dapat mengurangi beban pendingin ruangan.