google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Genteng Kanmuri

genteng kanmuri

Pada sebuah bangunan, atap atau genteng merupakan bagian yang sangat penting dan vital perannya. Atap sebuah bangunan atau hunian misalnya, menjadi penangkal utama dari panas teriknya matahari maupun derasnya air hujan. Bahkan, sebuah atap bangunan merupakan salah satu bagian terpenting dalam mempercantik tampilan eksterior sebuah bangunan. Ada berbagai jenis genteng seperti genteng tanah liat atau genteng kanmuri.

Sudah bukan zamannya lagi menggunakan genteng tanah liat, seperti rumah kakek nenek kamu yang mungkin masih memakai genteng seperti ini. Kalau dulu, rumah – rumah yang masih menggunakan genteng tanah liat, termasuk rumah yang sudah mewah.

Saat ini banyak yang sudah menggunakan genteng kanmuri. Namun, sebelum pasang genteng ini di rumah, ada baiknya kalian mengenalnya terlebih dahulu! Genteng adalah salah satu bagian yang penting pada sebuah rumah. Fungsinya cukup penting, yaitu sebagai pelindung dari cuaca luar dan pondasi sebuah hunian.

Sejarah Genteng Kanmuri

Lyman Group adalah perusahaan yang mengembangkan genteng keramik bermerek genteng kanmuri. Sebelumnya, korporasi ini dikenal dengan nama Satya Djaya Raya atau SDR dan berdiri pada 1959, pendiri perusahaan adalah Susanta Lyman.

Genteng kanmuri merupakan salah satu merk perintis dari sekian banyak produk genteng keramik yang ada di Indonesia. Bahkan, perusahaan Lyman Group bisa disebut sebagai salah satu produsen genteng terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak, satu tahunnya, pabrik ini bisa menjual lebih dari 25 juta genteng.

Jenis Genteng Kanmuri

  1. Genteng Kanmuri Espanica

Produsen merancang genteng jenis Espanica sebagai bentuk dari gaya klasik dari arsitektur Spanyol. Genteng ini cocok untuk rumah bergaya Mediterania atau gaya etnik, salah satu genteng yang menjadi pilihan orang selama dua puluh tahun terakhir. 

Genteng kanmuri tipe espanica memiliki nuansa estetika yang berprofil gelombang dan cocok di alokasikan untuk jenis bangunan yang mengusung gaya european classic, ethnic, modern kontemporer, dan rumah mediterania. Genteng tipe Espanica memiliki permukaan mengilap.

2. Genteng Kanmuri Milenio

Pabrik genteng ini mendesain genteng Kanmuri Milenio ini mempunyai sistem penguncian ganda. Genteng ini memang dirancang untuk bisa tahan terhadap hujan lebat atau juga air yang merembes. 

Genteng kanmuri tipe milenio memiliki lengkungan, namun tidak sebesar genteng kanmuri tipe espanica. Genteng Milenio dibuat dengan bentuk melengkung, tetapi jika dipasang secara berjejeran pada atap, bentuknya akan terlihat datar dan rata.

3. Genteng Kanmuri Full Flat

Produk ini merupakan hasil perpaduan teknologi Jepang dan Eropa, hasilnya genteng Kanmuri Full Flat. Genteng ini dirancang memiliki sistem penguncian ganda, tentunya mencegah air hujan atau air rembesan masuk. 

Genteng kanmuri tipe full flat menjadi jenis genteng kanmuri yang paling mutakhir karena dibuat dengan kombinasi teknologi Jepang dan Eropa. Genting kanmuri Full Flat merupakan produk andalan Lyman Group.

Keunggulan Genteng Kanmuri

  • Warna lebih tahan lama: Cat pelapis kanmuri lebih tebal, sehingga tidak mudah terkelupas karena cuaca ekstrem.
  • Ramah lingkungan: Gentengnya dibuat dengan teknologi canggih dengan bahan-bahan yang tidak berbahaya untuk lingkungan sekitar.
  • Tahan lama: Gentengnya dibuat dengan proses cetakan presisi dan pembakaran sempurna.
  • Mudah dirawat: Tidak perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin.
  • Tidak mengantarkan panas: Sifat isolasinya cukup tinggi, sehingga mampu menangkal hawa panas.
  • Daya serap rendah: Hanya menyerap 7% air, yang biasanya langsung kering ketika diserap.

Kekurangan Genteng Kanmuri

  • Pemasangan genteng harus lebih teliti: Membutuhkan kerapatan yang presisi.
  • Harga yang cenderung lebih mahal dari jenis genteng lainnya: Pembuatannya melalui proses panjang dengan teknologi yang canggih, sehingga biaya produksi dan penjualan pun lebih tinggi.