google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Jenis Tanaman Penghasil Oksigen di Halaman Rumah

Tanaman sangat penting untuk sirkulasi udara. Melalui proses fotosintetis yang mengubah CO2 menjadi O2. Inilah yang membuat lingkungan menjadi segar, tetapi karena perubahan lingkungan yang semakin memburuk membuat lingkungan menjadi tidak seperti dulu. Karena itu penting untuk menanam tanaman penghasil oksigen di rumah atau tempat tinggal.

Tanaman tidak hanya mempercantik halaman rumah atau tempat tinggal tetapi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Tanaman yang mengeluarkan oksigen bisa mencegah penyakit kronis seperti, stroke, kanker, jantung dan lain – lain.

Tanaman penghasil oksigen bisa membersihkan udara kotor dan menyegarkan udara di rumah atau tempat tinggal. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa membantu melestarikan lingkungan dan cocok di tanam di halaman rumah. Berikut jenis – jenis tanaman penghasil oksigen:

Jenis Tanaman Penghasil Oksigen Tinggi dan Dapat Menyerap Zat Racun Berbahaya

  1. Kupu – Kupu

Jenis tanaman penghasil oksigen yang pertama adalah kupu – kupu. Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat dan Asia Selatan yang merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen.

Pohon kupu – kupu memiliki ukuran sekitar 5 meter dan daunnya mirip seperti kupu – kupu, maka dari itu dinamakan pohon kupu – kupu. Tanaman ini memiliki bunga yang terdiri dari 5 kelopak dan membentuk mahkota. Pohon kupu – kupu memiliki berbagai macam warna dan beraroma wangi.

2. Lamtoro Gung

Jenis tanaman penghasil oksigen yang ke dua adalah lamtoro gung. Tanaman ini biasanya disebut petai cina, yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Lamtoro gung sering dijadikan alat penghijauan agar terhindar dari erosi. Tanaman ini bisa di tanama di mana saja karena beriklim tropis. Meskipun memiliki ukuran daun yang kecil tetapi lamtoro gung merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen.

3. Akasia

Pohon akasia berasal dari Australia dan Afrika. Tanaman ini merupakan jenis dari semak – semak, memiliki duri di batangnya dan daun tulang yang menyirip. Pohon akasia memiliki bunga berbagai macam warna seperti, merah, putih, ungu dan lain – lain. Warna bunga itu tergantung dari jenis pohon akasia.

4. Lili Paris

Jenis ke empat adalah lili paris. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan. Perawatan tanaman ini cenderung mudah, kalian hanya perlu menyiramnya dua kali seminggu. Lili paris merupakan salah tanaman penghasil oksigen, tidak hanya itu tanaman ini juga bisa menghilangkan racun dari cat dinding dan furniture. Tanaman ini sering dikenal juga sebagai tanaman laba – laba. Lili paris memiliki daun berbentuk ramping seperti pedang dan terdapat warna putih di tengahnya.

5. Dracaena

Jenis ke lima adalah dracaena. Tanaman ini berasal dari Afrika. Dracena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik dan dapat menertralkan racun. Tanaman ini juga bisa mengontrol kelembapan udara. Penelitian menyebutkan bahwa dracena bisa meningkatkan suasana hati. Dracena juga bisa menghilangkan zat kimia berbahaya seperti, formaldehida, xylene, toluene dan lain – lain.

6. Sirih Gading

Jenis tanaman penghasil oksigen ke enam adalah sirih gading. Tanaman ini berasal dari Perancis. Sirih gading merupakan tumbuhan merambat semi-epifit dan tanaman ini sangat cocok dijadikan penghias halam rumah atau tempat tinggal.

Tanaman ini merupakan salah jenis tanaman penghasil oksigen dan juga bisa mengusir gas karbon berbahaya. Sirih gading atau nama ilmiahnya epiprenmum aureum bisa tumbuh di tanah dan air. Tanaman ini memiliki daun yang khas yaitu hijau kekuningan.

7. Palem Bambu

Jenis tanaman penghasil oksigen selanjutnya adalah palem bambu. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Palem bambu atau nama ilmiahnya chamaedorea seifrizii sering ditemukan di daerah tropis. Tanaman ini merupakan salah satu penghasil oksigen dan berfungsi menghilangkan zat polutan, seperti formaldehida, benzena, karbon monoksia, xylene dan lain – lain.

8. Krisan

Jenis ke delapan adalah krisan. Tanaman ini berasal dari Cina. Krisan merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen. Tanaman ini juga bisa dijadikan suplemen kesehatan untuk penyakit diabetes dan kanker prosfat.

Krisan atau nama ilmiahnya chrysanthemum morifolium dapat menghilangkan zat berbahaya seperti, formaldehida, xylene, benzena, amonia dan lain – lain. Tanaman ini sangat direkomendasi untuk menghias halaman rumah atau tempat tinggal.

9. Ficus Elastica

Jenis selanjutnya adalah ficus elastica. Tanaman ini berasal dari India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, dan Indonesia. Ficus elastica merupakan salah tanaman penghasil oksigen. Tanaman ini biasa dikenal dengan tanaman karet, yang memiliki manfaat membersihkan udara dari racun karbon monoksida, formaldehida, tricloroethylene dan lain – lain.

10. Sri Rejeki

Jenis tanaman penghasil oksigen yang terakhir adalah sri rejeki. Tanaman ini berasal dari Sumatera. Sri rejeki atau nama ilmiahnya aglaonema merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen.

Tanaman ini biasanya di temukan di kawasan beriklim tropis seperti, Asia. Sri rejeki bisa menghilangkan zat beracun seperti, benzena, karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene dan lain – lain.