google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Jerman Sukses Gulung Latvia di Laga Uji Coba

Jerman vs Latvia
Tim Nasional Jerma sukses pesta gol ke gawang Latvia di laga uji coba pemanasan jelang Euro 2020.

cr photo: Sky Sports

Hasil maksimal berhasil diraih oleh Tim Nasional Jerman saat berhadapan dengan Latvia dalam pertandingan uji coba jelang Piala Eropa 2020. Der Panzer yang bermain di kandang sendiri, Jerman yang punya kualitas pemain jauh lebih unggul ketimbang lawannya memang menguasai penuh laga ini. Latvia benar benar dibuat tak berkutik di sepanjang jalannya pertandingan. Sang lawan tak begitu memberikan perlawanan berarti, Jerman pun sukses memenangkan pertandingan kali ini. Pasukan Joachim Loew sukses menang dengan skor akhir cukup telak, yakni 7-1.

Tujuh gol Jerman di pertandingan ini dicetak oleh tujuh pemain berbeda. Mereka masing masing adalah Robin Gosens, Ilkay Gundogan, Thomas Muller, Serge Gnabry, Timo Werner, Leroy Sane, dan own goal pemain lawan yang bernama Robert Ozols. Sementara itu satu satunya gol yang dilesakkan oleh skuad Latvia dicetak oleh pemainnya yang bernama Aleksejs Savelljevs. Secara statistik pertandingan, Jerman memang sangat mendominasi, mereka mencatatkan penguasaan bola dengan presentase hingga 72 persen berbanding 28 persen. Jumlah tembakan yang mereka lesakkan pun sangat jomplang dengan tim lawan, yakni 20 tembakan berbanding 3 tembakan.

Kemenangan impresif ini memang cukup memberikan suntikan moril kendati lawannya hanya tim sekelas Latvia. Walau demikian, Loew pantang puas dan nampak akan terus melakukan evaluasi demi menyempurnakan skuadnya untuk gelaran Euro 2020. Pada kompetisi bergengsi negara negara Eropa itu Jerman masuk ke dalam Grup F yang digadang gadang sebagai grup terberat. Jerman tergabung bersama Portugal, Prancis, dan Hungaria.

Rangkuman Pertandingan

Tim Nasional Jerman kedatangan Latvia dalam pertandingan uji coba pemanasan sebelum Piala Eropa 2020. Punya kualitas skuad yang jauh di atas Latvia, tuan rumah jelas mengincar kemenangan di pertandingan. Alhasil sejak pertandingan dimulai, Thomas Muller dan kawan kawan langsung bermain menekan memaksa Latvia hanya bisa bermain bertahan.

Pada menit ke-19 akhirnya kebuntuan berhasil dipecahkan oleh Jerman. Berawal dari bola umpan kreasi Kai Havertz, Robin Gosens yang naik membantu serangan sukses menyambar umpan tersebut untuk melesakkan gol. Aksi bek Atalanta ini berhasil membawa Jerman unggul 1-0.

Tak butuh waktu lama bagi Jerman untuk bisa menggandakan keunggulan mereka. Selang dua menit saja tepatnya di menit ke-21 mereka sukses melesakkan gol keduanya. Kali ini giliran Ilkay Gundogan yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk merubah kedudukan menjadi 2-0.

Terus menekan pertahanan Latvia, pasukan Der Panzer pun sukses menjauhkan keunggulan mereka pada menit ke-27. Thomas Muller ikut serta dalam pesta gol ini setelah sukses meneruskan umpan Robin Gosens untuk memperbesar keunggulan Jerman menjadi 3-0.

Keperkasaan Jerman kian terlihat memasuki menit ke-39. Tekanan hebat yang dilakukan tuan rumah memaksa pemain Latvia lakukan kesalahan. Robert Ozols yang gagal menghalau bola malah membuat bola masuk ke gawangnya sendiri. Own goal pemain Latvia ini menggenapkan keunggulan Jerman menjadi 4-0.

Performa impresif Jerman di babak pertama ditutup dengan sebuah gol kreasi Serger Gnabry di masa injury time. Memanfaatkan umpan Matt Hummels, Gnabry berhasil menjauhkan skor menjadi 5-0. Kedudukan ini bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, Latvia sudah bermain nothing to lose, mereka pun mulai berani bermain keluar. Namun memang perbedaan kualitas skuad sangat terasa disini. Alih alih mencetak gol, gawang mereka malah kembali kebobolan di menit ke-50. Joshua Kimmich sukses memberikan assist yang memudahkan Timo Werner untuk mencetak gol dan memperbesar kedudukan menjadi 6-0.

Pada pertengahan babak kedua, Latvia sempat mencetak satu gol hiburan. Pemain bernama Aleksejs Savelljevs sukses mencetak gol di menit ke-75 meneruskan umpan Raimond Krollis untuk memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 6-1.

Sayang hanya satu menit berselang, Jerman sukses kembali melesakkan gol ke gawang Latvia. Gol ketujuh Jerman dicetak Leroy Sane memanfaatkan umpan Thomas Muller. Lesakkan eks pemain Manchester City itu berhasil menutup kemenangan Jerman dengan skor akhir 7-1.

Susunan Pemain Jerman vs Latvia

Jerman (3-4-3): Manuel Neuer, Mathias Ginter, Matt Hummels, Antonio Rudiger, Joshua Kimmich, Toni Kroos, Ilkay Gundogan, Robin Gosens, Kai Havertz, Thomas Muller, Serge Gnabry.

Latvia (4-2-3-1): Robert Ozols, Raivis Jurkovskis, Marcis Oss, Antonijs Cernomordijs, Vladislav Fjodorovs, Eduards Emsis, Kriss Karklins, Andrejs Ciganiks, Arturs, Zjuzins, Davis Ikaunieks, Robert Uldrikis.