Jika Tinggalkan Bayern Munchen, Thomas Tuchel Mungkin ke Barcelona

Berita menarik datang dari Thomas Tuchel, nasibnya kini diragukan bersama Bayern Munchen, bila saja Tuchel pergi kabarnya Barcelona bisa jadi tujuan selanjutnya sebagai pelatih. Kondisi kursi kepelatihan Bayern Munchen yang kini masih diduduki oleh Thomas Tuchel dikabarkan mulai panas menyusul kian menipisnya kans Bayern meraih gelar juara di musim kali ini. Bahkan beberapa sumber menyebut bahwa manajemen Bayern saat ini sedang mempertimbangkan untuk berpisah jalan dengan pelatih asal Jerman tersebut. Seandainya pergi dari Bayern, Tuchel sendiri dikabarkan bisa merapat menjadi pelatih baru Barcelona menggantikan Xavi Hernandez.

Sosok Thomas Tuchel sendiri merupakan pelatih yang baru sekitar satu tahun lebih melatih Bayern Munchen. Sebelumnya ia sempat lowong pasca meninggalkan kursi kepelatihan Chelsea. Sayangnya performa Bayern selama disuh oleh Thomas Tuchel tak begitu meyakinkan. Musim lalu Bayern nyaris gagal meraih gelar juara Bundesliga Jerman, seandainya Borussia Dortmund tak terpeleset di pekan pekan terakhir. Musim ini situasi memburuk, Bayern bahkan terancam gagal meraih satupun gelar juara.

Di ajang DFB Pokal, secara memalukan mereka tumbang dari tim kasta ketiga Liga Jerman, yaitu Saarbrucken. Sementara itu di ajang Liga Jerman, kini Bayern duduk di posisi 2 klasemen berjarak sekitar 7 poin dari Bayer Leverkusen di pucuk klasemen usai pada akhir lalu bisa menumbangkan Bayern di Bay Arena. Sementara di ajang Liga Champions Bayern juga sedang di ujung tanduk. Tengah pekan kemarin mereka kalah tipis 1-0 oleh delegasi Italia, yaitu Lazio di Olimpico. Kondisi ini membuat langkah Bayern kian berat di leg kedua ini.

Jika Dipecat Bisa ke Barcelona

Situasi di kubu Bayern saat kian runyam, Tuchel pun dikabarkan sedang dalam tekanan, apalagi manajemen Bayern disebut sebut dengan membuka opsi merekrut kembali Hansi Flick. Jika benar terjadi, itu berarti Thomas Tuchel akan meninggalkan Bayern di musim panas nanti. Walaupun demikian, agaknya Tuchel tak perlu khawatir sepi job, karena sejumlah tim sudah antri untuk mendapatkan jasanya.

Melansir sebuah laporan dari laman SPORT, salah satu tim yang dikaitkan dengan Thomas Tuchel adalah raksasa La Liga Spanyol, yaitu Barcelona. Los Cules disebut sebut membuka minat kepda Tuchel jika memang sang pelatih nanti akan berpisah dengan Bayern. Barca sendiri memang dipastikan tak ada pelatih di akhir musim nanti usai Xavi Hernandez beberapa waktu lalu umumkan akan pergi di akhir musim.

Xavi Hernandez dikabarkan sudah mantap menanggalkan jabatannya sebagai pelatih kepala Barcelon. Hal tersebut juga menyusul pasang surutnya penampilan Los Azulgranas di musim kali ini. Bahkan Barca pun terancam nihil gelar musim ini usai mereka tersingkir dari ajang Copa Del Rey, dan saat ini terpaut 11 poin dari Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol. Hanya Lig Champions yang masih cukup terbuka untuk mereka juarai.

Cocok dengan Tuchel

Barcelona sendiri disebut sebut bisa cocok dengan Thomas Tuchel jika memang ia akan direkrut manajemen. Pasalnya Tuchel sendiri berpengalaman menangani tim tim besar. Apalagi ia juga pernah berhasil menjuarai Liga Champions bersama Chelsea, jadi kredibilitas eks pelatih Borussia Dortmund tersebut juga sama sekali tak bisa diragukan.

Selain sosok Thomas Tuchel, ada beberapa kandidat lain yang disebut sebut akan jadi pelatih Barcelona. Mereka antara lain eks manajer Timnas Jerman, Hansi Flick, dan juga pelatih Brighton saat ini, Roberto de Zerbi.