Julian Nagelsmann Jadi Calon Pelatih Baru Manchester United

Julian Nagelsmann
Manchester United buka ketertarikan kepada Julian Nagelsmann sebagai pelatih anyar mereka.

cr photo: Bavarian Football Works.

Kabar menarik datang dari Manchester United, di mana Julian Nagelsmann disebut masuk ke dalam bursa calon pelatih anyar Setan Merah. Mengenai sosok pelatih, sebenarnya sudah berkali kali dikabarkan bahwa saat ini Erik Ten Hag posisinya masih cukup aman bersama Setan Merah. Akan tetapi satu sumber lain menyebut bahwa Erik Ten Hag bisa saja didepak akhir musim ini seandainya MU gagal masuk empat besar dan lolos ke final FA Cup. Jika itu benar benar terjadi, sejumlah nama pelatih top pun dikaitkan dengan Setan Merah. Salah satu nama terbaru yang masuk ke dalam bursa calon pelatih The Red Devils adalah Julian Nagelsmann.

Rumor mengenai pergantian pelatih yang akan dilakukan oleh manajemen Setan Merah pertama kali merebak dengana cukup marak ketika Sir Jim Ratcliffe resmi mengakuisisi sebagian saham Manchester United dan diberikan tanggung jawab oleh Glazer Family untuk menjalankan operasional MU secara penuh di bidang olahraga. Satu hal yang kemudian disoroti adalah mengenai kiprah Erik Ten Hag sejauh ini bersama Setan Merah. Manajer asal Belanda tersebut diyakini tidak begitu membuat jajaran manajer baru MU terkesan.

Dari sinilah semua rumor mengenai nasib Erik Ten Hag pun muncul. Sejumlah pihak menyebut bahwa Ten Hag akan dipecat akhir musim ini apapun hasilnya. Akan tetapi beberapa waktu lalu jurnalis Fabrizio Romano menegaskan posisi Ten Hag sebagai pelatih MU masih aman. Manajemen MU pun hanya memberi target relatif mudah, yaitu antara lolos ke final FA Cup ataupun masuk 4 besar klasemen akhir musim. Akan tetapi jika Ten Hag tak bisa memenuhi salah satu target saja, ada kemungkinan yang cukup besar bahwa ia akan digantikan akhir musim nanti.

Lirik Julian Nagelsmann

Melansir sebuah laporan di laman The Independent, manajemen Manchester United memiliki sosok baru untuk dimasukkan ke dalam bursa calon pelatih anyar mereka jika memang nanti Ten Hag benar benar akan digantikan. Sosok pelatih tersebut adalah Julian Nagelsmann, pelatih muda asal Jerman yang saat ini masih menjabat sebagai pelatih kepala Tim Nasional Jerman.

Nama Nagelsmann sendiri merupakan salah satu pelatih muda yang sudah diakui kehebatannya. Diawali melatih RB Leipzig dan membuat tim tersebut sangat solid, kemudian ia juga bisa membawa Bayern Munchen konsisten, membuat portifolionya cukup mengkilap meski sebagai pelatih usianya masih cukup muda. Nagelsmann dinilai mampu menghandle tim besar seperti MU kendati usianya masih muda.

Salah satu hasil kerja Nagelsmann yang cukup menjanjikan saat ini adalah perubahan di Timnas Jerman. Sepeninggal Hansi Flick, Jerman yang awalnya cukup berantakan kini perlahan lahan mulai kembali menunjukkan tajinya sebagai raksasa sepak bola Eropa. Der Panzer di bawah asuhan Julian Nagelsmann pun kembali diperhitungkan dan masuk sebagai calon juara di ajang Piala Eropa 2024 mendatang.

Tak Akan Mudah

Akan tetapi dari sumber yang sama disebutkan bahwa kans MU untuk bisa mendapatkan jasa Nagelsmann sama sekali tak akan mudah. Pertama karena kubu Timnas Jerman memiliki rencana untuk memperkerjakan Naggelsman dengan kontrak jangka panjang. Hal ini menyusul pekerjaan apik yang sejauh ini bisa ditunjukkan Nagelsmann, hal ini akan kian dimantapkan jika Nagelsmann bisa memberi prestasi di Euro 2024 nanti.

Selain itu, hadangan lainnya adalah karena saat ini Bayern Munchen pun dikabarkan berencana untuk memulangkan sang pelatih. Mereka akan memecat Thomas Tuchel akhir musim ini dan menganggap Nagelsmann adalah sosok ideal untuk menggantikannya.