Jurgen Klopp Akui Pernah Ditawari Melatih Bayern Munchen

Jurgen Klopp
Jurge Klopp tak tergoda tawaran melatih yang sempat datang dari Bayern Munchen.

cr photo: talkSport.

Sosok Jurgen Klopp saat ini bisa dibilang menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia, usai tangan dinginnya membuat Liverpool sangat menakutkan. Akan tetapi dalam sebuah wawancara, Klopp mengatakan bahwa karirnya selama melatih Liverpool tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada godaan dan tawaran melatih dari klub klub lain. Klopp pun mengakui pernah ditawari untuk melatih Bayern Munchen. Akan tetapi ia menolaknya dan memilih untuk bertahan dan terus membangun dinasti kejayaan bersama Liverpool.

Jurgen Klopp memang sudah terkenal namanya sejak berhasil membawa Borussia Dortmund tampil memukau di Liga Jerman maupun Liga Champions. Ia kemudian memutuskan untuk meneruskan karirnya ke Inggris untuk menukangi Liverpool. Di Liverpool, Klopp juga tak langsung berhasil memberikan hal menakjubkan. Ia lebih dulu melakukan banyak percobaan dan bongkar pasang pemain sampai akhirnya ia mendapatkan skuad yang sesuai dengan gaya permainan dan juga filosofinya sebagai pelatih.

Barulah kemudian pelatih yang dikenal dengan istilah Gegenressingnya ini bisa membawa sang Raksasa Merah asal Merseyside ini bangun dari tidurnya. Klopp bisa dibilang sukses menjadikan Liverpool kembali menjadi salah satu tim yang ditakuti, tak hanya di tanah Inggris, namun juga seluruh dunia. Klopp sukses mengakhiri paceklik gelar EPL yang sudah dirasakan The Reds sejak tahun 1990. Selain itu, Klopp juga berhasil antar Liverpool memetik gelar Liga Champions keenam Liverpool sepanjang sejarah klub berdiri.

Dicintai Klub dan Fans

Apa yang sudah dilakukan Klopp di Liverpool adalah buah dari kesabaran dan juga ketelitian. Ia bisa perlahan tapi pasti membangun tim ini menjadi salah satu tim terkuat di dunia. Maka tidak heran, orang orang di klub bahkan sampai dengan fans sangat mencintai Klopp. Sempat diisukan akan hengkang tahun 2023 nanti dan digantikan Steven Gerard, namun Klopp membuktikan kesetiaannya dengan sepakat memperpanjang kontrak sampai tahun 2026 mendatang.

Dengan apa yang sudah ia dapatkan dan rasakan selama di Liverpool, Klopp pun mengatakan ia sudah betah di sana. Klopp merasa tak akan bisa menerima tawaran dari klub manapun, bahkan meski tawarannya datang dari klub klub dengan kekuatan finansial luar biasa seperti Manchester City ataupun Paris Saint-Germain.

Mengutip wawancaranya dengan Liverpool Echo, Klopp juga sempat membeberkan bahwa dirinya sempat ditawari oleh klub dengan tradisi juara yang sangat baik, yaitu Bayern Munchen. Manajemen Die Roten pernah menawarinya untuk kembali ke Jerman dan tinggalkan Liverpool. Akan tetapi kala itu Klopp langsung menolaknya dan mengatakan bahwa ia sudah kerasan di Liverpool.

Pernyataan Jurgen Klopp

“Ke klub manakah saya harus pergi apabila ingin merasakan suasana yang berbeda, ada yang bisa memberitahunya? Satu satunya mungkin bertanya pada Pep, bertanya padanya apakah ia cukup dengan rentetan kemenangan, dan akan membiarkan saya mengambil alih City. Apakah seperti itu gagasannya?” ujar Klopp.

“Sebenarnya saya bisa saja pergi ke Bayern Munchen dalam beberapa kesempatan. Saya juga akan memiliki kesempatan meraih lebih banyak gelar, sangat yakin untuk bisa mengatakan ini semua, setidaknya itu memang sebuah peluang bagus. Tetapi saya tidak akan melakukannya, saya masih memiliki kontrak di sini, oleh sebab itu saya tak akan pernah melakukannya.” jelas Klopp.

Sejak pertama kali menukangi Liverpool, Jurgen Klopp total sudah memimpin skuadnya dalam 256 kali pertandingan di semua ajang dengan catatan, 164 kali menang, 58 kali seri, dan 34 kali kalah. Rataan kemenangannya selama melatih The Kop menjadi salah satu rataan kemenangan terbaik sepanjang karir kepelatihannya.