Juventus Kian Dekat Dapatkan Jasa Thiago Motta dari Bologna

Kabar baik datang dari Juventus yang disebut-sebut sudah semakin dekat dengan keberhasilan mereka amankan jasa Thiago Motta sebagai pelatih baru mereka musim depan. Di musim panas thun 2024 ini memang Juventus akan disibukkan dengan tugas mendatangkan pelatih baru. Hal ini dikarenakan mereka belum lama ini sudah memecat pelatih mereka, Massimiliano Allegri. Demi bisa mendapatkan pelatih yang bagus, Juve enggan sembarang memilih. Satu nama yang sangat diinginkan Juventus adalah Thiago Motta. Belum lama ini usaha mereka tersebut dikabarkan sudah semakin mendekati keberhasilan, dan peresmian Motta sebagai pelatih baru Juve akan segera diumumkan.

Juventus musim ini memiliki musim yang sangat naik turun layaknya rolles coster. Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juve pun beberapa kali menjadi headline karena tingkahnya yang cukup emosional terutama mendekati akhir akhir musim 2023-2024 Serie A. Puncaknya terjadi ketika Juventus berhasil meraih gelar juara Coppa Italia usai mengalahkan Atalanta di babak final. Tidak lama setelah keberhasilan Juve meraih juara di ajang Coppa Italia bersama Allegri, justru sang manajer malah didepak dengan cara yang cukup buruk oleh manajemen tim.

Akan tetapi keputusan manajemen Juventus ini bukannya tanpa alasan. Mereka terpaksa memecat Allegri meski Serie A masih menyisakan beberapa laga lagi. Hal ini dikarenakan tabiat dan tindakan sang pelatih yang tidak mengenakan ketika seremoni juara Coppa Italia yang dilakukan Juve. Menurut beberapa sumber di Italia dikabarkan bahwa saat prosesi penyerahan trofi Coppa Italia, Allegri terlihat menyingkirkan petinggi Juve dari seremoni tersebut. Hal inilah yang membuat manajemen tak senang hingga akhirnya mereka memecat Allegri.

Dapatkan Thiago Motta

Semenjak resmi mendepak Massimiliano Allegri, Juventus memang dikaitkan dengan beberapa pelatih berkualitas untuk menukangi tim musim depan. Sosok sosok dari mulai Roberto de Zerbi hingga Zinedine Zidane masuk radar Juventus. Namun satu nama yang paling difavoritkan untuk bisa menukangi Juve musim depan adalah Thiago Motta, manajer muda yang saat ini masih menjadi pelatih tim Kuda Hitam Bologna.

Proses pendekatan Juventus kepada Motta pun dikabarkan sudah berlangsung sejak beberapa hari belakangan ini. Hasilnya pun cukup positif karena banyak kemajuan yang terjadi. Jurnalis kenamaan asal Italia, yaitu Fabrizio Romano pun belum lama ini mengabarkan bahwa manajemen Juventus sudah berhasil meyakinkan Motta untuk bisa menjadi manajer Si Nyonya Tua di musim depan setelah beberapa kali lakukan komunikasi.

Fabrizio mengatakan bahwa Motta dan Juventus sudah mencapai kesepakatan untuk menjalin kerjasama. Bahkan pengumuman kepindahan manajer muda asal Italia tersebut ke Turin akan segera diumumkan dalam waktu dekat ini. Masih dari sumber yang sama, disebutkan bahwa Motta diberikan kontrak berdurasi kurang lebih tiga tahun untuk membuat Juventus kembali bisa menjadi tittle contender yang konsisten di Serie A.

Pelatih Muda Berbakat

Meskipun Thiago Motta adalah pelatih muda yang pengalamannya masih cukup minim terutama untuk menukangi tim sebesar Juve, akan tetapi manajemen tetap yakin dengan kemampuannya. Di musim ini Motta berhasil menjadikan Bologna sebagai tim yang sangat mengejutkan. Bologna sangat konsisten dan kini mereka sudah dipastikan akan finish di Zona Liga Champions, dan akan kembali berkiprah di UCL usai 50 tahun lebih absen.

Salah satu yang menjadi ciri khas Motta adalah sistem permainannya yang unik. Di mana Motta melihat lapangan secara horizontal saat menyusun skema, bukan vertikal seperti pelati biasanya. Ia juga identik dengan sistem permainan 2-7-2 yang memiliki tujuan mengoverload lapangan tengah. Menarik menanti apakah Motta bisa membawa Juve lebih baik.