Kaesang Pangarep Maju Pilkada Depok

Kaesang Pangarep Dalam Sebuah Video Yang Mengumumkan Dirinya Siap Jadi Depok Pertama
Kaesang Pangarep Dalam Sebuah Video Yang Mengumumkan Dirinya Siap Jadi Depok Pertama

Sebuah foto yang beredar di media sosial menampakkan anak bungsu dari Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pangarep tengah berpose bersama Giring Ganesha, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam foto yang diunggah di sosial media tersebut, Kesang terlihat tengah mengenakan kaos bergambar PSI bertuliskan, “PSI partainya orang biasa biasa dan bukan siapa siapa”. Diduga momen itu diambil saat Giring menjadi bintang tamu dari podcast milik Kaesang. 

Sontak, foto tersebut menuai beragam tanggapan dari warganet. Beberapa diantaranya mengaitkan foto tersebut dengan niat Kaesang terjun ke dalam dunia politik. 

Diketahui sebelum foto Kaesang mengenakan kaos PSI beredar, sempat juga beredar baliho di beberapa lokasi yang menampakkan Kaesang sebagai salah satu kandidat Walikota Depok.

Kaesang pun memberi tanggapan terkait hal tersebut dan menyebut bahwa dirinya yang telah menyiapkan stok foto-foto itu sebelumnya. Ia juga mengatakan bahwa dirinya all out jika sudah melakukan sesuatu, termasuk saat mencalonkan diri. 

“iya dukung (PSI), fotonya (baliho) juga dari saya. Kemarin saya sudah suplai foto-foto saya,” katanya seperti yang dikutip dari CNN Indonesia. 

Teka-teki pencalonan Kaesang sebagai Walikota Depok menjadi semakin jelas tatkala ia mengunggah sebuah video pada Jumat (9/6/2023) lalu.

Dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat tersebut, ia menerangkan posisinya sebagai peserta pada pilkada tahun 2024. Video berjudul “Klarifikasi. Saya Buka Suara” yang berdurasi sekitar 1 menit 45 detik itu telah ditonton sebanyak 112 ribu kali sejak awal penayangan.

Di video tersebut, Kaesang mengatakan bahwa dirinya siap menjadi walikota Depok. Ia juga telah memperoleh persetujuan dari keluarganya terkait majunya Kaesang dalam dunia politik ini. Seluruh atribut kanal mulai dari foto profil hingga sampul telah berubah. 

Bahkan, konten video yang sudah ada sebelumnya telah hilang, hanya menyisakan video lawas pada bagian live streaming saja. Warganet pun membanjiri kolom komentar video dengan respon yang beragam. Kebanyakan dari mereka menyatakan dukungannya terhadap Kaesang. 

“Yuk warga Depok siap dukung Mas Kaesang. Semoga perubahan-perubahan positif yang kami tunggu selama ini bisa terwujud. Di tunggu blusukannya Mas Kaesang ke Depok,” ujar salah satu warganet. 

Terkait pencalonan Kaesang, PSI secara terang-terangan telah mendukung putra bungsu presiden itu pada pilkada Depok tahun 2024 mendatang. 

Icuk Pramana selaku ketua DPD PSI Depok menyebut pihaknya telah aktif mendukung pengusungan bakal calon Walikota Depok Kaesang Pangarep sejak bulan Maret lalu. Ia bersama kader PSI lain telah mengenalkan gagasan tersebut selama dua bulan terakhir dan memperoleh respon yang baik dari warga Depok. 

Sinyal Kesang bersama PSI telah terlihat selama beberapa waktu belakangan. Hal ini memunculkan asumsi bahwa Kaesang memilih partai yang berbeda dengan kedua anggota keluarganya, yaitu ayahnya Presiden Joko Widodo serta saudara laki-lakinya Gibran Rakabuming Raka yang menjadi Kader PDIP. 

Pro dan Kontra

Hal ini pun ditanggapi beberapa pihak termasuk diantaranya Puan Maharani selaku ketua DPP PDIP tahun 2019-2024. Ia bahkan mengaku ingin bertemu secara langsung dengan Kesang. 

“Nanti saya tanya, belum ketemu sama Mas Kaesang. Mau nanya langsung, nanti saya mau ketemu sama Mas Kaesang”, ungkapnya pada Detik. 

FX Hadi Rudyatmo sebagai DPC Solo juga pernah mengatakan bahwa PDIP memiliki aturan khusus yang mengatur anggota keluarga kader harus berasal dari parpol yang sama. Namun, Kaesang masih belum memastikan dirinya maju bersama PSI atau PDIP. 

Menanggapi isu Kaesang bersama PSI, juru bicara (jubir) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut bahwa PSI tengah pansos. Hal ini senada dengan yang disampaikan Muhammad Kholid pada Merdeka. Menurutnya, PSI sedang berupaya untuk mencari perhatian. 

Sang kakak Gibran Rakabuming Raka pun sempat memberikan komentar atas isu adiknya yang menjadi bakal calon walikota Depok. Saat itu, ia merasa kurang setuju atas minat adiknya karena dirasa tidak memiliki ikatan atas kota di Jawa Barat tersebut. 

Kaesang Pangarep sendiri merupakan sosok yang beberapa kali menjadi pembahasan dunia politik Indonesia karena minatnya di dunia tersebut dalam beberapa waktu terakhir. Sebelum menyatakan dirinya siap maju dalam Pilkada Depok, nama Kesang terlebih dahulu mencuat untuk maju di Pilkada Solo. 

Namun, ketika kabar pencalonannya sebagai walikota Depok mulai muncul, beberapa pihak pun menyambut baik wacana tersebut. Gerindra misalnya, melalui Sekretaris Jenderal Partai Gerindra yakni Ahmad Muzani, pihaknya mengungkapkan dukungan kepada Kaesang jika ia maju pada pilkada Depok tahun 2024 mendatang. 

Depok sebagai kota dengan perguruan tinggi yang terdiri atas banyak muda-mudi ini dirasa cocok dengan Kaesang. Lebih lanjut, Muzani menerangkan bahwa keberadaan Kaesang dapat menjadi sentuhan baru bagi Depok yang membutuhkan sentuhan anak muda bagi pertumbuhan daerah tersebut. 

Sosok Muda Populer

Kaesang sebagai salah satu kalangan muda Indonesia memang telah menunjukkan eksistensinya terutama melalui media sosial.  Ia diketahui merupakan sosok yang aktif bermedia sosial, menjadikannya sebagai sosok yang populer di mata warganet. 

Hingga Minggu (11/6/2023), jumlah pengikut Kaesang pada laman resmi Instagramnya mencapai 3.1 juta orang, dengan YouTube mencapai 1.3 juta subscriber, dan twitter sebanyak 3.2 juta followers. 

Hal ini menjadikan Kaesang sebagai salah satu influencer yang banyak dikenal kalangan muda terutama di jagad maya. Banyak orang yang kemudian tertarik dengan Kaesang karena pengaruh keluarganya yang terjun di dunia politik, hingga arah politiknya di masa depan. 

Sebelum terjun di dunia politik, Kesang telah eksis terlebih dahulu sebagai usahawan muda yang sukses. Ia menjelajahi dunia wirausaha melalui bisnis kuliner hingga pelatihan. 

Salah satu bisnisnya yang paling dikenal adalah Sang Pisang, dimana usaha ini mengubah pisang menjadi makanan kekinian yang banyak digandrungi anak muda. Sang Pisang mengolah pisang biasa menjadi nugget dan pernah menjadi salah satu makanan yang viral pada masanya. 

Selain Sang Pisang, beberapa usaha lain yang ia jalankan diantaranya adalah GK Hebat, Enigma Camp, Yang Ayam, hingga bisnis kakaknya terdahulu yakni Markobar. 

Pemilihan umum sendiri akan mulai diadakan pada pertengahan tahun 2024. 

Sosialisasi KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menggelar serangkaian kegiatan sosialisasi pada akhir tahun 2022 kepada masyarakat bahwa pemilu akan dilaksanakan sebentar lagi. 

Tahapan pemilu serentak akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Juni 2024. 

Pendaftaran bakal calon legislatif telah dilaksanakan secara bertahap di beberapa daerah. Depok misalnya, yang telah membuka pendaftaran bakal calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada 1-14 Mei lalu. Calon anggota DPRD ini nantinya akan bisa dipilih pada pemilu tahun 2024 mendatang. 

Pemilu yang akan diikuti Kaesang sebagai calon walikota Depok pada 2024 ini merupakan pemilu kelima dari pemilihan walikota di kota tersebut. Pemilihan ini akan menentukan posisi walikota yang akan mengisi masa jabatan pada periode 5 tahun mendatang.  

Pemilihan bakal calon walikota Depok tahun 2024 akan menggantikan Mohammad Idris sebagai walikota Depok sebelumnya. Diketahui pemenang pemilihan umum sebelumnya untuk posisi walikota Depok banyak didominasi kader yang berafiliasi dengan PKS.