google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kalahkan Tottenham, Manchester City Juara Carabao Cup

Manchester City vs Tottenham
Gol tunggak Aymeric Laporte sukses pastikan Manchester City kalahkan Tottenham di final Carabao Cup.

cr photo: Standard UK

Kesebelasan Manchester City akhirnya merengkuh gelar perdananya musim ini usai mengalahkan Tottenham di final Carabao Cup. Memainkan laga di venue netral, yakni Stadion Wembley, City benar benar mendominasi pertandingan. Bahkan bisa dibilang, Spurs nyaris sama sekali tak diberi peluang membalas serangan. Sempat dihadapkan dengan benteng tangguh bernama Hugo Lloris, namun pada akhirnya City sukses amankan kemenangan. Pasukan Pep Guardiola berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja atas Spurs, yaitu 1-0.

Satu satunya gol yang lahir dan jadi penentu kemenangan City di pertandingan ini dilesakkan oleh defender mereka, yakni Aymeric Laporte. Apabila melihat statistik, sangat terlihat laga ini berjalan sangat jomplang. City memegang penguasaan bola atas Spurs dengan presentase sebesar 63 persen berbanding 37 persen. Sementara itu dari sisi jumlah tembakan, City unggul sangat jauh. The Citizens di laga ini total membuat 21 tembakan dengan 4 yang on target. Sementara Spurs hanya membuat 2 tembakan dengan 1 yang on target.

Kemenangan tipis atas Spurs ini sudah lebih dari cukup bagi City untuk merengkuh gelar Carabao Cup musim kompetisi 2020-2021. Ini menjadi gelar Carabao Cup keempat City yang mereka raih secara berturut turut. Selain itu, hasil ini membuktikan City sebagai spesialis turnamen ini. Karena dari tujuh musim terakhir diselengarakan, enam musim di antaranya di menangi City. Sedangkan bagi Spurs kekalahan ini jelas memupus asa mereka meraih gelar perdananya musim ini.

Rangkuman Pertandingan

Partai puncak ajang Carabao Cup 2020-2021 akhirnya digelar, dan kali ini mempertemukan sang juara bertahan Manchester City melawan Tottenham. City yang sangat termotivasi meraih kemenangan langsung mengambil inisiatif penyerangan semenjak babak pertama dimulai. Mereka langsung menunjukkan permainan possesion ball yang sangat kuas khas racikan pelatih Pep Guardiola. Hal ini membuat Spurs hanya bisa bertahan dan menunggu serangan balik.

Pasukan biru langit hampir saja membuka keunggulan mereka di pertengahan babak pertama melalui aksi Riyad Mahrez. Mendapat bola diagonal dari Joao Cancelo, Mahrez lakukan tusukan di sisi kanan. Pergerakan apiknya diselesaikan dengan sebuah sepakan keras ke tiang jauh. Sayang arah bola masih sedikit melebar saja dari gawang Spurs.

Pada laga ini credit poin diberikan pada kiper Spurs, Hugo Lloris yang sepanjang babak pertama jatuh bangun menahan serangan City. Salah satunya menepis tembakan spekulasi Joao Cancelo yang sangat terarah. Kegemilangan Lloris berhasil membuat babak pertama selesai dengan skor imbang 0-0 antar kedua kesebelasan.

Babak Kedua

Selepas turun minum, permainan City sama sekali tak berubah, mereka terus menerus lakukan tekanan ke pertahanan Spurs. Serangan bergelombang masih belum dihentikan pasukan Pep Guardiola demi bisa membongkar rapatnya pertahanan Spurs asuhan Ryan Mason ini.

Riyad Mahrez yang tampil sangat eksplosif di sisi kanan City kembali menebar ancaman cukup berbahaya. Kali ini ia kembali melepas tembakan kaki kiri ke tiang jauh. Arah bola sudah sangat baik, namun usahanya bisa digagalkan Hugo Lloris yang terbang melakukan penyelamatan gemilang.

Setelah menunggu dan berusaha keras, akhirnya gol berhasil dilesakkan City pada menit ke-82 babak kedua. Umpan tendangan bebas Kevin De Bruyne berhasil disambar oleh Aymeric Laporte yang naik membantu serangan. Sundulan bek asal Prancis ini sukses membobol gawang Spurs dan bawa City unggul 1-0. Kedudukan ini bertahan sampai laga selesai, dan City sukses keluar sebagai juara Carabao Cup.

Susunan Pemain Manchester City vs Tottenham

Manchester City (4-2-3-1): Zack Steffen, Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo, Fernandinho, Ilkay Gundogan, Ryad Mahrez, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Phil Foden.

Tottenham (4-3-3): Hugo Lloris, Sergio Reguilon, Eric Dier, Toby Alderweireld, Serge Aurier, Giovanni Lo Celso, Pierre-Emile Hojbjerg, Harry Winks, Son Heung-min, Harry Kane, Lucas Moura.