google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kebijakan Baru Tiktok Untuk Pengguna di bawah 14 Tahun, Apa Dampaknya?

Kebijakan baru tiktok
Source : http://www.pixabay.com

TikTok merupakan platform aplikasi yang berisi video singkat yang sedang populer saat ini. Pasalnya selama dua tahun terakhir ini aplikasi TikTok ini menjadi platom semua jenis kalangan untuk media hiburan, terutama hiburan bagi anak muda. Mengingat tingginya pengguna usia muda di aplikasi ini, disusunlah sejumlah kebijakan baru Tiktok yang dikhususkan bagi pengguna usia belia.

Berbagai macam video dan konten seperti pendidikan, hobi dan juga yang lainnya sudah mulai banyak. Dengan demikian aplikasi ini memiliki kebijakan baru bagi anak di bawah umur 14 tahun.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan sebuah survei Literasi Digital Nasional 2020 yang menunjukkan literasi digital masyarakat indonesia. Termasuk juga tentang keamanan, dimana saat ini masih berada pada posisi sedang.

Dengan demikian TikTok dalam hal ini ingin ikut serta mengedukasi tentang keamanan kepada para pengguna dan juga memberdayakan pengguna  melalui beberapa kontrol keamanan dan privasi pribadi dengan memberi kebijakan baru TikTok untuk pengguna dengan usia di bawah 14 tahun.

TikTok melakukan berbagai perubahan pada fitur keamanan dan juga privasi untuk mewujudkannya. Hal ini untuk memastikan pengalaman penggunaan aplikasi TikTok sesuai dengan umur pengguna. Untuk pengguna yang di bawah 14 tahun TikTok akan memberikan perlindungan keamanan yang lebih ekstra. Seperti apakah kebijakan tersebut?

Kebijakan Baru TikTok

Kebijakan baru untuk keamanan TikTok akan diterapkan kepada seluruh pengguna di berbagai belahan dunia. Termasuk juga dengan negara Indonesia. Perubahan tersebut rencananya akan diadakan beberapa bulan kedepan. Untuk itu, simak beberapa kebijakan baru TikTok untuk pengguna di bawah 14 tahun berikut:

  1. Terdapat Pengaturan Privasi Pada Pesan Langsung

Pengaturan untuk pengguna yang di bawah 14 tahun bahwa pengguna harus meninjau dan memberi konfirmasi pengaturan privasi pada fitur pesan langsung. Dengan demikian secara otomatis fitur pesan langsung pada pengguna di bawah 14 tahun akan langsung muncul dan terpasang.  

Ini berarti bagi mereka yang menggunakan aplikasi TikTok dan masih berusia di bawah 14 tahun tidak bisa saling bertukar pesan dan juga mereka tidak bisa saling tukar foto dan video lewat menu pesan langsung.

  1. Pembatasan Berbagi Video

Saat pengguna TikTok yang berusia di bawah 14 tahun  akan mengunggah sebuah video, maka akan ada notifikasi tersendiri yang muncul. Notifikasi tersebut akan menanyakan yang intinya video tersebut bisa di tonton oleh siapa saja? Dan pengunggahan video tidak akan sukses apabila pengguna tidak memberikan jawaban atas pertanyaan itu.

Disamping itu, akun pengguna yang berusia di bawah 14 tahun akan otomatis di privat. Akun privat tersebut dapat memilih untuk berbagi konten mereka dengan pengikut ataupun teman dan juga opsi semua orang sudah otomatis dimatikan. Bahkan fitur duet dan stitch juga dimaktikan untuk pengguna dengan usia di bawah 14 tahun.

  1. Pengaturan Pengunduhan Video Publik

Tiktok juga menyediakan konteks tambahan untuk pengguna berusia di bawah 14 tahun agar dapat lebih memahami bagaimana pengunduhan bekerja. Jika mereka memilih untuk menyalakan fitur tersebut, mereka akan menerima notifikasi pop-up yang meminta mereka mengkonfirmasi pilihan tersebut.

Selain itu sebelum pengguna lain bisa mengunduh video tersebut. Pilihan ini telah dimatikan secara permanen untuk pengguna akun TikTok yang berusia 14 tahun ke bawah.

  1. Terdapat Pengaturan Notifikasi Push

Untuk pengguna yang berusia di bawah 14 tahun, mereka tidak akan menerima Notifikasi Push berisi informasi dan juga program terkini di TikTok, mulai dari pukul 21.00 malam. Sedangkan untuk pengguna berusia 16-17 tahun, mereka tidak akan menerima Notifikasi Push tersebut di atas pukul 22.00 malam. 

Kebijakan yang sudah diterapkan ini sejalan dengan prioritas dan komitmen TikTok untuk mendukung kesejahteraan dan kesehatan pengguna, termasuk dengan menumbuhkan kebiasaan positif sejak dini mengenai durasi waktu layar atau scren time.

Dampak Dari Perubahan Kebijakan Baru

Peraturan itu juga nampaknya baru saja diperbarui oleh pihak perusahaan. Para pengguna TikTok berusia di bawah 14 tahun akan masuk ke TikTok dengan akun yang lebih pribadi, dan aturan itu akan aktif secara otomatis ketika kamu mendaftarkan diri di aplikasi TikTok. 

Dengan adanya aturan kebijakan terbaru ini, tentu saja ada perbedaan jika dibandingkan dengan pengguna TikTok yang sudah dewasa. Selain itu tentunya memberikan beberapa dampak pada pengguna di bawah 14 tahun, simak beberapa dampak baik dari segi fitur maupun yang lainnya :

  1. Video Konten Tidak Dapat Di Tonton Pengguna Lain

Untuk remaja di bawah 14 tahun, TikTok akan membatasi siapa saja yang dapat melihat konten video. Disebutkan kalau yang bisa melihat video konten tersebut hanya akun yang ditambahkan sebagai teman saja.

  1. Fitur Tidak Disarankan Untuk Pengguna Lain

Akun pengguna di bawah 14 tahun juga tidak akan disarankan atau direkomendasikan kepada pengguna lain. Jadi, akunmu tidak akan muncul di kolom bagian ‘suggestion’ ketika ada pengguna lain yang memiliki kesamaan denganmu.

  1. Keterbatasan Kolom Komentar 

Selain itu, TikTok juga akan membatasi kolom komentar untuk akun-akun yang dimiliki oleh pengguna dengan usia di bawah 14 tahun. Kolom komentar itu hanya bisa diisi oleh akun yang ditambahkan sebagai teman. Bagi yang merasa tidak nyaman dengan kebijakan ini pengguna bisa menonaktifkan saja.

  1. Fitur Duet dan Stitch  Telah Dinonaktifkan

Fitur Duet dan Stitch menurut tujuannya memiliki kegunaan yang memungkinkan pengguna bisa memposting ulang dan menanggapi video orang lain.Namun jika kamu pengguna berusia di bawah 14 tahun, maka TikTok akan menonaktifkan fitur tersebut. TikTok hanya akan mengaktifkan fitur Duet dan Stitch pada akun-akun yang sudah berteman denganmu.

  1. Video Tidak Dapat Di Unduh

Tak hanya itu, fitur download video yang biasanya ada pun akan dihilangkan oleh TikTok. Ditambah lagi, penghilangan fitur ini akan terjadi secara default tanpa ada pengecualian.

Dengan adanya kebijakan baru TikTok untuk pengguna di bawah 14 tahun ini, pada dasarnya TikTok berusaha untuk melakukan penyesuaian yang diklaim untuk melindungi penggunanya yang masih muda. TikTok pun secara bertahap telah menambahkan lebih banyak nehttp://www.baruaja.netkontrol pribadi untuk akun remaja selama satu tahun terakhir.