google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Keindahan Pantai di Jember, Tak Kalah Indah Dari Bali, Lho!

Pantai Papuma, salah satu pantai indah di Jember (foto: pinterest/@valeriandwizeva)

Apakah kamu familiar dengan destinasi wisata pantai di Jember? Atau justru baru pertama kali mendengar tentang Jember sebagai destinasi wisata pantai?

Sebagian besar wisatawan domestik mungkin akan menjawab Bali atau Lombok sebagai pilihan destinasi wisata pantai di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, sebenarnya Tanah Air kita kaya akan pantai dengan pesona yang menakjubkan, lho!

Baca juga: Tahukah Traveler, Fakta Unik Bali Berikut Ini?

Bahkan daerah yang tidak terlalu populer memiliki keindahan pantai yang tidak kalah indah dari Bali dan Lombok, diantaranya adalah Jember. Kamu mungkin tidak menyangka, yah? Simak terus yuk, informasi mengenai keindahan pantai di Jember, yang beberapa diantaranya tersembunyi.

Sekilas info tentang Jember

Kalau kamu belum tahu, Jember adalah salah satu kota kecil di Jawa Timur. Kota ini dikenal memiliki berbagai keanekaragaman budaya, wisata alam, dan wisata kuliner. Traveling ke Jember bisa jadi alternatif destinasi liburan kamu, nih!

Kota Jember berbatasan dengan Samudera Hindia, membuat kota ini memiliki beberapa pantai yang sangat memesona. Mulai dari pantai berpasir putih hingga berpasir hitam. Memang, beberapa pantai di Jember masih belum setenar Bali, Lombok, atau destinasi pantai populer lainnya.

Baca juga: Ini 8 Alasan Kamu Harus Liburan Ke Gili Trawangan, Lombok

Tapi, kalau berkunjung ke Jember, wajib nih melihat langsung pesona dan keeksotisan pantainya! Dijamin, kamu akan banyak mengabadikannya dalam bentuk foto!

Pesona keindahan pantai di Jember

Ada banyak pantai di Jember dengan keindahan yang tak kalah keren dibandingkan destinasi wisata pantai populer lainnya. Berikut beberapa pantai yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kota ini.

1. Pantai Papuma

Hamparan batu karang di Pantai Papuma (foto: Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Pantai di Jember yang cukup populer dan menjadi objek wisata andalan Kabupaten Jember adalah Pantai Papuma, yang juga merupakan pantai terindah di Jawa Timur. Berbentuk tanjung atau menjorok ke laut, pantai ini juga disebut Pantai Pasir Putih Malikan. Dengan hamparan pasir putih nan halus dan hijaunya pepohonan, menjadikan tempat ini cocok untuk melepas penat dan pikiran.

Pasir putih yang halus di Pantai Papuma dihiasi dengan batu karang besar yang membuatnya terllihat eksotis. Meskipun harus melewati hutan jati terlebih dahulu untuk menuju pantai, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan hijau di sepanjang jalan.

Bahkan, deretan pohon jati di area taman nasional ini menjadi spot foto populer. Kamu akan disuguhkan pemandangan elok saat memasuki gerbang Pantai Papuma. Oh iya, menjadi destinasi wisata andalan, sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap di sini. Mulai dari restoran, café, hingga penginapan berupa pondok dan cottages.

2. Pantai Watu Ulo

Keindahan Pantai Watu Ulo (foto: tripadvisor.com)

Ini dia pantai lainnya yang jadi favorit wisatawan lokal saat libur, Pantai Watu Ulo. Pantai yang keindahannya tidak kalah dari pantai-pantai di Bali ini selalu ramai dikunjungi, tidak saja siang hari, juga saat malam hari.

Hal ini karena Pantai Watu Ulo juga merupakan lokasi berkemah. Selain itu, ada fasilitas yang memudahkan pengunjung, diantaranya lahan parkir, kursi berpayung dan berjemur, toilet, warung makan dan minum, serta gazebo. Tahukah kamu, kalau nama Watu Ulo diambil dari bahasa Jawa, yaitu Watu yang artinya batu dan Ulo atau ular. Nama Watu Ulo menggambarkan pantai yang berbatu dan memiliki bentuk menyerupai ular.

 3. Pantai Payangan

Pemandangan Pantai Payangan dari atas bukit (foto: backpackerjakarta.com)

Tak kalah unik dan menarik, Pantai Payangan berada di Desa Sumberejo, Kec. Ambulu, Jember dengan akses jalan yang sangat mudah. Pantai ini terkenal karena pesonanya dan letaknya yang dikelilingi oleh beberapa bukit. Kamu bisa menikmati pemandangan hamparan laut luas dan deburan ombak dari atas bukit. Cocok dan sangat Instagenic!

Tidak itu saja, di perjalanan saat mendaki bukit, kamu juga akan disuguhkan pemandangan berupa teluk yang berbentuk lambang cinta. Untuk fasilitas, jangan khawatir! Ada toilet umum yang bisa kamu gunakan sebagai tempat berganti pakaian setelah bermain air. Juga, warung makan yang menyediakan makanan hasil laut dan juga tempat parkir kendaraan.

4. Pantai Bandealit

Surga tersembunyi Pantai Bandealit (foto: via surabaya.tribunnews.com)

Pantai Bandealit merupakan salah satu pantai di Jember yang tidak hanya indah, namun juga dikenal dengan keasrian dan kelestarian pantainya yang masih alami. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Desa Andangrejo, Kabupaten Jember.

Dengan letaknya yang cukup tersembunyi serta adanya pepohonan yang berada di sekitar pantai, tempat ini cocok buat kamu yang ingin sejenak lepas dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan. Hamparan pasirnya pasti sangat menggoda untuk merebahkan diri sambil menikmati semilir angin laut.

Meskipun letaknya di area taman nasional, fasilitas jangan ditanya, deh! Selain penjagaan yang aman, pantai ini sudah dilengkapi dengan area parkir, toilet, hingga pondok wisata. Tidak ketinggalan, tempat penyewaan watersport, seperti body board dan kano.

5. Pantai Paseban

Pantai Paseban (foto: tempatwisata.pro)

Kamu tidak boleh melewatkan untuk datang ke Pantai Paseban, nih kalau sedang di Jember! Pantai yang satu ini terkenal dengan pasir hitamnya yang eksotis dengan garis pantai sepanjang 2km. Kamu bisa duduk-duduk di pinggir pantai menikmati deburan ombak dan juga keindahan sunset di sore hari yang menjadi daya tarik utama pantai ini.

Atau mau berenang merasakan kesegaran air laut yang jernih? Berlokasi di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Pantai Paseban juga memiliki ombak yang cocok untuk surfing, lho! Buat yang hobi memancing, Pantai Paseban memiliki banyak spot dengan potensi ikan yang cukup banyak. Diantaranya delta dan muara dekat pantai.

Kalau datang di waktu yang tepat, kamu juga bisa menikmati acara rutin Pekan Raya Pantai Paseban yang diadakan oleh masyarakat setempat setiap tanggal 1 sampai 10 Syawal. Untuk fasilitasnya sendiri cukup memadai. Ada toilet dan kamar ganti, serta warung-warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga pas di kantong.

6. Pantai Rowo Cangak

Hamparan pasir di Pantai Rowo Cangak (foto: pantainesia.com)

Kamu bisa menikmati keindahan pantai selatan di Rowo Cangak yang berlokasi di Desa Ungkalan, Kabupaten Jember. Dengan air laut jernih, hamparan pasir pantai hitam kecoklatan, tempat ini cocok bagi kamu yang ingin menjauh dari suasana bising perkotaan.

Selain itu, pantai ini juga dikelilingi beberapa bukit yang menambah pesona alam yang masih alami. Kamu juga bisa berfoto sambil menikmati hamparan laut luas dari atas bukit. Atau menikmati pemandangan laut yang indah sambil bersantai di hamparan pasir pantai.

Karena letaknya cukup terpencil, belum tersedia fasilitas umum seperti toilet dan warung makan. Karena akses dan fasilitas kurang memadai, tempat ini cukup sepi. Sehingga suasananya cukup tenang dan bersih dari sampah.

7. Pantai Nanggelan

Pemandangan sunset yang spektakular menjadi daya tarik Pantai Nanggelan (foto: tempatwisataunik.com)

Pantai Nanggelan adalah salah satu pantai di Jember lainnya dengan laut berwarna biru, hamparan pasir luas, dan ombak tenang. Surga tersembunyi ini masih segaris dengan Pantai Papuma dan Watu Ulo dan sama-sama berada di Taman Nasional Meru Betiri.

Namun, tempat ini masih terbilang perawan, karena belum memiliki fasilitas pendukung. Pemandangan matahari terbenam di senja hari merupakan daya tarik utama pantai yang terletak di Desa Curahnongko, Kabupaten Jember.

Nikmati eksotisme pantai di Jember dengan pesona menakjubkan

Itu tadi 7 pantai di Jember yang bisa jadi pilihan destinasi liburan saat kamu traveling ke Jawa Timur, Jember khususnya. Kamu bisa menikmati pesona kebiruan air laut, hamparan pasir putih yang lembut di Pantai Papuma dan eksotisme pasir hitam di Pantai Paseban. Jadi, mana yang akan masuk dalam top three untuk pantai yang akan kamu kunjungi? (ds3)