google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook, Lebih Baik Mana Dengan Laptop?

Source : http://www.pixabay.com

Meskipun sekilas terlihat seperti laptop kebanyakan, namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan mendasar antara Chromebook dengan laptop pada umumnya. Sebagaimana sebuah perangkat, kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan Chromebook yang bisa dipertimbangkan sebelum membelinya. Apa sajakah itu?

Apabila kamu belum pernah mendengarnya, Chromebook adalah perangkat sejenis laptop yang bekerja dengan menggunakan sistem operasi bernama Chrome OS, bukan menggunakan Windows ataupun MacOS. Dilihat dari namanya, sistem operasi ini cocok sekali untuk pengguna yang memiliki frekuensi berselancar di internet lebih sering dalam keseharian mereka. Sebab, Chromebook dengan sistem operasi di dalamnya memiliki berbagai kesamaan dengan aplikasi peramban atau browser Google Chrome.

ChromeOS yang pada dasarnya merupakan sistem operasi berbasis Linux tersebut, tentu menjadikan Chromebook memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan dibandingkan dengan laptop pada umumnya.

Kelebihan Chromebook

Salah satu kelebihan dari perangkat Chromebook adalah kemudahan dalam mengiperasikannya. Dirancang dengan tampilan antarmuka yang sederhana namun sanggup mengakomodasi kebutuhan semua jenis pengguna bahkan bagi pemula sekalipun. Terutama jika sebelumnya sudah familiar dengan peramban maupun aplikasi berbasis Chrome, tentu hanya butuh sedikit saja penyesuaian karena tampilan antarmuka dan pengoperasiannya tidak jauh berbeda.

Mengenai kemampuannya, kita juga tak perlu khawatir. Chromebook sendiri boleh dikatakan sebagai tipe laptop yang menawarkan kinerja lebih cepat. Sebab, sistem operasi Chrome OS memang tergolong cukup ringan daripada Windows maupun MacOS.

Coba bayangkan apa yang bisa terjadi apabila sumber daya komputer yang sebelumnya harus menangani begitu banyak proses. Sedangkan Chromebook hanya mengerjakan tugas dari aplikasi Chrome ditambah dengan pengoperasian web. Sudah pasti kinerjanya bisa lebih cepat karena proses kerjanya pun minimal.

Bahkan, kita pun tidak perlu spesifikasi teknis yang tinggi untuk bisa mengoperasikan Chrome OS. Kenyataannya, sejumlah orang justru memanfaatkan sistem operasi tersebut untuk menghidupkan kembali laptop-laptop yang sudah lawas. Demikian pula dengan Chromebook, dimana pada umumnya memiliki spesifikasi yang terbilang biasa saja. Keuntungannya, kita bisa mendapatkan laptop jenis ini dengan harga beli yang relatif sangat terjangkau.

Menariknya lagi, saat ini pengguna juga sudah bisa memasang beberapa aplikasi Android pada Chromebook. Sebagai pengembang Chrome OS, Google sudah menanamkan dukungan native untuk melakukan hal tersebut. Dengan adanya layanan Google Play Store di dalamnya, memasang aplikasi Android di Chromebook pun terasa sangat mudah untuk dilakukan. Jadi, kamu hanya perlu memilih layanan mana yang sering kamu gunakan.

Kekurangan Chromebook

Apabila dibandingkan dengan laptop konvensional, sayangnya Chromebook memiliki kompabilitas yang sangat terbatas. Bahkan, mungkin akan sedikit sulit untuk penggunanya dapat menemukan aplikasi-aplikasi komputer yang umumnya berjalan pada sistem operasi Windows maupun MacOS.

Meski demikian, kita tetap dapat mencari alternatif lain untuk mengatasinya, misalnya dengan menggunakan versi Android dari aplikasi terkait. Kabar baiknya, sejumlah platform ternama saat ini sudah membawa produk mereka ke dalam versi seluler walaupun fitur-fitur yang ditampilkan lebih terbatas.

Disamping itu, Chromebook juga tidak memberikan izin kepada penggunanya untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga dengan alasan untuk membuat ekosistemnya lebih aman dan nyaman sewaktu menggunakannya. Semua aplikasi web ataupun Android pada Chromebook akan terdistribusi melalui saluran resmi milik Google, termasuk juga Chrome Web Store maupun Google Play Store di dalamnya.

Kekurangan lainnya adalah kapasitas penyimpanan Chromebook yang bisa dikatakan sangat terbatas. Dengan kata lain, kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih luas mau tidak mau harus memanfaatkan layanan penyimpanan virtual (cloud) seperti Google Drive atau menambahkan kartu memori eksternal ke dalam Chromebook.

Hal terakhir yang agak disayangkan, para pecinta atau pemain game mungkin harus mempertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan membeli Chromebook. Sebab, tidak disarankan untuk menggunakan Chromebook sebagai sarana bermain game. Mengingat spesifikasinya yang terbilang cukup rendah, akan menjadi masalah bagi laptop jenis ini untuk menangani game-game yang berat meskipun hanya versi seluler atau mobile.

Itulah tadi sejumlah daftar kelebihan dan kekurangan Chromebook yang penting untuk kamu ketahui. Chromebook merupakan janis laptop yang layak digunakan oleh kamu yang cenderung menggunakan laptop untuk browsing atau berselancar di internet, namun bukan perangkat yang tepat bagi para gamer atau pemain game versi seluler sekalipun. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli perangkat satu ini, pastikan kamu sudah membaca keseluruhan artikel sampai akhir, ya.