google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kelebihan dan Kekurangan Material Woodplank

Material woodplank

Kayu masih menjadi pilihan untuk plafon, atap, jendela, pagar kayu, pintu, dinding rumah, dan juga lainnya. Material ini memang memiliki sejumlah kelebihan seperti terlihat lebih indah dan juga alami terutama untuk pagar. Namun, kayu juga mempunyai kekurangan seperti harganya yang mahal dan juga tidak tahan lama. 

Pemilihan bahan material kayu akan menciptakan suasana bangunan yang alami dan natural. Tak hanya itu, penggunaan kayu juga akan membuat bangunan akan terkesan lebih hangat, estetik, dan nyaman. Sayangnya penggunaan kayu memiliki perawatan yang cukup ekstra. Sebab, kayu adalah bahan alami yang rentan terhadap rayap, jamur, dan juga risiko terbakar. Ditambahan harga kayu juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan material lainnya.

Ada alternatif untuk bahan pengganti kayu yaitu bahan woodplank yang memiliki kemiripan dengan kayu, meski terbuat dari bahan lain. Woodplank adalah material papan yang terbuat dari semen, namun mempunyai tekstur mirip kayu. Material ini sering juga disebut sebagai papan fiber semen karena memang terbuat dari campuran semen. Selain itu, material inibisa diaplikasikan pada beragam macam fungsi papan kayu alami seperti dekorasi dingin.

Kelebihan Woodplank

  1. Memiliki Ketahanan yang Prima

Material woodplank berbeda dengan kayu asli, yang membedakannya adalah memiliki ketahanan yang baik. Seperti, tidak mudah terbakar, tahan terhadap rayap. Kelebihan tersebut bisa meminimalisir biaya perbaikan.

2. Penampilan yang Natural dan Estetik

Material ini memiliki berbagai macam motif yang cocok untuk rumah atau tempat tinggal kalian. Lebih bagus lagi dengan penambahan cat berbahan dasar air, penggunaan cat bisa menonjolkan sisi rumah atau tempat tinggal kalian.

3. Sangat Awet dan Tahan Lama

Material woodplank sangat awet karena tidak menyerap air yang menyebabkannya lembab. Kelebihan lainnya yaitu tidak mudah melengkung, memuai, menyusut dan mudah dibersihkan.

4. Ramah Lingkungan dan Mudah dipasang

Material woodplank tidak terdapat kandungan asbeb yang membahayakan, untuk menggunakan material ini cukup mudah kalian bisa menggunakan material lainnya, seperti, metal dan bahan kayu.

Kekurangan Woodplank

  1. Bobot Cenderung Berat

Material woodplank memiliki bobot yang cukup berat, untuk memasangnya kalian harus pastikan rangka untuk menompangnya kuat untuk menahan beratnya material ini. Jika kalian ingin memasangnya lebih baik menggunakan tukang.

2. Tidak Tahan Benturan

Material woodplank cukup rentang dengan benda tajam dan benda berat, karena bila terkena akan mengganggu penampilannya. Jadi kalian harus berhati – hati dalam pemasangannya, bila tidak akan berakibat fatal.

3. Harus Menggunakan Cat Tahan Cuaca

Material woodplank harus menggunakan cat yang tahan cuaca dan juga harus sering dicat ulang secara berkala.