google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kelebihan dan Kekurangan Semen Ekspos

Hunian dengan konsep industrial memang sedang naik daun belakangan ini, terutama di kalangan milenial. Salah satu yang menjadi ciri khas dari desain rumah industrial adalah finishing rumah yang seolah – olah tidak di-finishing. Untuk membuat desain finishing rumah seperti itu, ada teknik khusus yang digunakan.

Ingin menampilkan hunian yang berbeda? Mudah saja! Percayakah kalian? Ternyata kita bisa memberikan sentuhan unik pada hunian dengan biaya yang sangat hemat. Tertarik? kalian bisa memberikan sentuhan batu bata ekspos atau semen ekspos. Nah, kalian bisa pilih salah satunya atau bisa juga mengaplikasikan keduanya.

Beton ekspos adalah jenis beton yang digunakan sebagai elemen dekorasi untuk mempercantik rumah dan bangunan modern lainnya. Material ini pun punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri untuk rumah. Elemen dekorasi ini bisa didapatkan dengan cara menghilangkan permukaan halus pada beton sehingga yang tampil adalah permukaan kasar tanpa sentuhan akhir.

Kelebihan Semen Ekspos

  1. Finishing Lebih Natural

Kelebihan semen ekspos yang pertama adalah finishing lebih natural. Dinding dari semen ekspos akan menciptakan kesan hunian lebih natural. Walaupun berwarna abu-abu, secara keseluruhan warna dinding tidak homogen sehingga tampak lebih estetis. Warnanya yang natural juga membuat dinding lebih fleksibel untuk dipadupadankan dengan berbagai material dan furniture.

2. Perawatan Mudah dan Murah

Kelebihan semen ekspos yang ke dua adalah perawatan mudah dan murah. Perawatannya semen ekspos cenderung mudah dan murah. Sebab, material yang digunakan tahan terhadap gesekan, dan cenderung lebih murah dibandingkan jenis finishing lainnya.

3. Beton Ekspos Antiselip

Kelebihan semen ekspos yang ke tiga adalah beton ekspos antiselip. Dengan model permukaan yang kasar, beton yang tak diplaster ini sangat baik meskipun digunakan di lantai karena takkan membuatmu terpeleset. Hal ini sangat menguntungkan terutama di musim hujan karena takkan membuatmu khawatir lantai licin dan menimbulkan bahaya terjatuh karena licin.

4. Ada Beragam Pilihan Gaya

Kelebihan semen ekspos yang ke empat adalah ada beragam pilihan gaya. Bila kalian ingin memasang elemen dekorasi beton ekspos tambahan, maka kalian takkan kehabisan pilihan baik dari segi warna, ukuran, ataupun bentuk. Bahkan, meskipun kalian hanya menginginkan gaya beton yang polos, kalian tetap memiliki beragam pilihan gaya untuk dicoba.

5. Daya Tahannya Kuat

Kelebihan semen ekspos yang ke terakhir adalah daya tahannya kuat. Beton ekspos adalah pilihan yang baik untuk rumah kalian karena daya tahannya kuat meskipun melalui berbagai musim yang panjang. Tak hanya itu, kombinasi beton dan semen di atas permukaannya menghasilkan daya tahan yang kuat akibat pemakaian dan kerusakan.

Kerugian Semen Ekspos

  1. Proses Pengerjaan Sulit

Kekurangan semen ekspos yang pertama adalah proses pengerjaan sulit. Memang, perawatan semen ekspos cenderung mudah dan murah. Namun dalam proses pengerjaannya, dibutuhkan tukang yang benar-benar ahli dan sudah biasa agar hasil akhirnya rata dan rapi.

2. Sulit untuk di Perbaiki

Mengerjakan semen ekspos memang harus sangat hati-hati. Masalah yang umum terjadi pada dinding jenis ini adalah munculnya retakan-retakan kecil pada permukaan material. Jika terjadi kekeliruan dalam proses pengerjaan, atau perawatan yang tidak tepat, kerusakan kecil bukan hanya bisa terlihat sangat jelas tapi juga sulit diperbaiki.

3. Efek Kerusakan Beton Ekpos Cukup Besar

Kekurangan semen ekspos yang ke tiga adalah efek kerusakan beton ekpos cukup besar. Efek kerusakan paling besar ditimbulkan dari air dan juga benda keras. Efek yang ditimbulkan akan semakin besar apabila model beton kasar ini dipasang di lantai rumah atau halaman rumah.

4. Memerlukan Alat Perawatan Khusus

Kekurangan semen ekpos yang ke empat adalah memerlukan alat perawatan khusus. Proses pembersihan beton ekspos memang cukup merepotkan karena membutuhkan sikat kawat dan juga semprotan air yang besar. Tanpa kedua alat tersebut, mustahil dapat membersihkan kotoran hingga ke sela-sela terdalamnya.

5. Sulit Memperbaiki Keretakan

Kekurangan semen ekpos yang terakhir adalah sulit memperbaiki keretakan. Memperbaiki keretakan yang muncul pada beton kasar ini memang lebih menyulitkan daripada beton biasa. Adakalanya, perbaikan tersebut membutuhkan proses yang hampir sama seperti pembuatan ulang dari awal.