google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Selain Biaya Hidup Murah, Berikut Keuntungan Tinggal di Cirebon

tinggal di cirebon
Cirebon

Tinggal di Cirebon menjadi salah satu referensi menarik untuk melakukan transmigrasi maupun menetap dengan lingkungan baru. Pasalnya, salah satu kota di Jawa Barat ini ternyata menyimpan berbagai inspirasi menarik yang tak bisa kalian lewatkan.

Banyak keunggulan yang ditawarkan kota Cirebon. Mulai dari kuliner dan propertinya yang beragam sampai tempat wisata, semua tersedia. Biaya hidup di kota ini juga terbilang murah. 

Letak geografis Cirebon dan sekitarnya yang berada di tengah jalur Jakarta menuju Jawa Tengah, membuat Cirebon terkenal dengan daerah transitnya. Hal tersebut dimanfaatkan pengusaha untuk membuat bisnis dalam bidang jasa perhotelan dan mall.

Keuntungan Tinggal di Cirebon yang Perlu Kalian Ketahui

  1. Letak Geografis yang Amat Strategis

Keunggulan utama yang sangat dirasakan ada pada letak geografis Cirebon yang amat strategis. Arti kata strategis disebabkan karena Cirebon menjadi jalur utama di wilayah pantura yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

2. Kaya Akan Destinasi Wisata yang Menarik

Perlu diketahui, Cirebon juga memiliki destinasi wisata yang menarik dengan suasana maupun pemandangan indah. Salah satunya adalah Gua Sunyaragi yakni salah satu tempat situs cagar budaya yang populer di Cirebon.

Cirebon juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang indah dan bersejarah. Ada juga Setu Patok yang unik menyerupai miniatur Danau Toba dan Pulau Samosir. Selain itu, Cirebon juga memiliki pesona alam bernama Tebing Batu Lawang yang berdiri di tengah persawahan.

3. Kaya dengan Berbagai Wisata Kuliner yang Nikmat

Salah satu keuntungan tinggal di Cirebon yang sangat terasa ada pada wisata kulinernya yang beragam dengan cita rasa nikmat. Ada beberapa kuliner lezat yang sangat layak untuk dicoba seperti empal gentong, nasi lengko, nasi jamblang, tahu gejrot dan lainnya. 

Cirebon juga dikenal sebagai kota yang memiliki rekomendasi kuliner khas Jawa Barat yang lezat dan menggoda. Selain cita rasanya yang unik, harga yang ditawarkan pun ramah di kantong.

4. Biaya Hidup yang Masih Cukup Terjangkau

Faktor utama yang menjadikan tinggal di Cirebon kian menarik ada pada biaya hidup yang masih cukup terjangkau. Untuk diketahui, UMR wilayah Cirebon kota dan kabupaten periode 2021 adalah Rp.2,271,201 dan Rp.2,269,556. 

Cirebon merupakan salah satu kota dengan biaya hidup murah di Pulau Jawa. Tinggal di kota ini cukup ramah di kantong bagi mahasiswa ataupun pekerja yang baru mulai berkarier.

5. Harga Properti yang Sangat Kompetitif

Selain biaya hidup yang masih terjangkau, harga properti di Cirebon juga masih sangat kompetitif sehingga menguntungkan untuk jangka panjang. Sebagai contoh, harga rumah di Cirebon kota saat ini mulai dari Rp.300 jutaan.

Selain biaya hidupnya yang terbilang murah, harga properti di Kota Cirebon juga cukup murah. Di kota ini, beragam pilihan properti bisa kamu temukan, mulai dari perumahan mewah hingga yang sederhana.

6. Transportasi Umum yang Memadai

Pembangunan infrastruktur yang memadai menjadikan tinggal di Cirebon sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Salah satu faktor yang sangat penting ada pada transportasi umum yang cukup memadai baik antar kota maupun dalam satuan lokal.

Banyaknya pembangunan infrastruktur baru di berbagai area di Cirebon, membuat penghuni kota ini  tidak akan sulit menemukan berbagai pilihan transportasi yang bisa memudahkan mobilitas.

7. Berdekatan dengan Kawasan Industri Baru

Berada di bagian tengah, potensi kemajuan Cirebon juga sangat dipengaruhi dengan keterjangkauan terhadap lokasi industri baru. Untuk diketahui, Cirebon juga cukup berdekatan dengan beberapa lokasi industri baru, seperti kawasan industri di Brebes dan Batang maupun Pelabuhan Patimban dan kawasan industri Subang.

8. Sejarah yang Sangat Kuat

Cirebon juga kaya akan sejarah yang sangat kuat terlebih menjadi bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia. Terdapat tiga buah keraton di Cirebon yang memiliki budaya dan unsur religius yang sangat kuat, yakni Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.

9. Jalur Utama Transportasi

Cirebon adalah kota kecil yang memiliki letak geografis yang strategis. Kota ini merupakan jalur utama transportasi dari Jakarta menuju kota lainnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Letaknya yang strategis tersebut menjadi suatu keuntungan bagi kamu yang tinggal di kota ini, terutama dari segi perhubungan dan komunikasi.

10. Pilihan Sekolah dan Perguruan Tinggi

Cirebon merupakan kota dengan banyak pilihan pusat pendidikan. Di kota ini terdapat 1.100 sekolah dasar, 327 sekolah dengan jenjang SMP/MTs dan 110 sekolah untuk jenjang SMA/MA, baik negeri atau swasta.