Komentar Hwang Sun-Hong Usai Korea Selatan Dipastikan Bersua Indonesia di Piala Asia U-23

Hwang Sun-Hong
Hwang Sun-Hong antusias usai Korea Selatan akan bertemu Indonesia di Piala Asia U-23.

cr photo: FMT.

Hwang Sun-Hong yang merupakan pelatih kepala Timnas Korea Selatan U-23 memberikan komentarnya usai timnya dipastikan akan bertemu Timnas Indonesia di babak perempatfinal ajang Piala Asia U-23. Kepastian Korea Selatan akan bertemu Indonesia di fase gugur tersebut didapat usai Taeguk Warriors mengalahkan Jepang dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-0. Hal tersebut membuat Korea Selatan menjuarai Grup B dan akan bertemu Indonesia yang lolos ke fase gugur usai jadi runner-up Grup A menemani Qatar. Hwang Sun-Hong sebagai pelatih Timnas Korea Selatan antusias dengan laga melawan Indonesia, dan berkata akan mempersiapkan tim sebaik mungkin.

Timnas Korea Selatan menjadi salah satu kekuatan tersendiri untuk Piala Asia U-23 ini. Bergabung di Grup B, tim muda Taeguk Warriors ini superior dengan menang di dua laga awal fase grup. Kemudian di game day terakhir Grup B mereka bertemu dengan Timnas Jepang untuk menjadi penentu jura grup. Merotasi banyak pemainnya, Korea Selatan sukses memenangkan pertandingan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1 melalui gol yang dicetak oleh Kim Min-Woo. Kemenangan ini membuat Korea Selatan juarai Grup B dengan catatan impresif 9 poin dari 3 kali menang.

Pada babak perempatfinal atau fase gugur nanti, Timnas Korea Selatan sudah ditunggu oleh Timnas Indonesia. Kepastian ini terjadi usai Tim Garuda secara mengejutkan lolos ke babak perempatfinal sebagai runner-up Grup A. Grup tersebut sendiri dianggap grup yang sulit karena di dalamnya Indonesia dikepung tim-tim raksasa seperti tuan rumah Qatar, lalu langganan final Australia, dan juga tim tangguh Yordania. Namun kenyataannya Indonesia lolos sebagai runner-up dengan poin 6 buah dari hasil 2 kali menang, dan 1 kali kalah. Bahkan di laga terakhir fase grup, Indonesia bisa melumat Yordania dengan skor akhir 4-1.

Siap Hadapi Indonesia

Seusai pertandingan melawan Timnas Jepang, pelatih Timnas Korea Selatan, yaitu Hwang Sun-Hong pun memberi komentarnya mengenai pertemuan timnya dengan Indonesia di babak perempatfinal Piala Asia U-23. Hwang mengatakan bahwa ia antusias dengan laga tersebut, menurutnya duel di babak fase gugur nanti akan jauh lebih sulit jadi ia pun menegaskan akan fokus mempersiapkan tim sebaik mungkin.

Hwang juga membagikan cerita menarik, bahwa di sela-sela kompetisi Piala Asia U-23 ini, ia memang pernah bertemu dengan Shin Tae-Yong, pelatih Timnas Indonesia. Pada beberapa kesempatan STY memang kerap menyempatkan diri hadir memantau permainan Korea Selatan. Kala itu Hwang menyebut bahwa ia dan STY sempat membahas kemungkinan pertemuan Indonesia dengan Korea Selatan, dan kini hal tersebut menjadi kenyataan.

Laga perempatfinal ajang Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Korea Selatan akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada hari Kamis (25/4/2024) dini hari Waktu Indonesia. Pertandingan ini akan menjadi momen yang cukup emosional bagi pelatih STY sendiri yang merupakan warga negara Korea Selatan, bahkan ia juga pernah menukangi Timnas Senior Korea Selatan.

Komentar Hwang Sun-Hong

“Laga sebenarnya akan dimulai dari sekarang (babak perempatfinal). Tentu saja Indonesia bukanlah lawan yang bisa dianggap remeh. Saya sendiri akan berusaha yang terbaik, mempersiapkan tim agar kami bisa mencapai target yang sudah ditentukan (lolos ke Olimpiade Paris 2024).” ungkap Hwang dikutip dari laporan Newsis.

“Saya sudah pernah bertemu pelatih Shin dan berbicara mengenai pertemuan ini di babak perempatfinal nanti, dan itu ternyata menjadi sebuah kenyataan. Laga ini tentu saja menjadi momen di mana kami wajib sekali meraih kemenangan, dan kami akan mempersiapkan tim demi meraih hasil tersebut.” tambahnya.