Komentar Kapten Rizky Ridho Pasca Indonesia Gagal Capai Olimpiade Paris 2024

Rizky Ridho sebagai kapten Timnas Indonesia U-23 memberikan ucapan yang begitu memotivasi pasca Indonesia sangat disayangkan harus gagal melaju ke Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga sepak bola. Kepastian ini sendiri didapat Indonesia setelah di babak playoff melalui wakil Afrika, yaitu Timnas Guinea, Indonesia harus menelan kekalahan dengan skor akhir tipis saja 0-1 melalui gol yang lahir lewat eksekusi tendangan penalti. Kegagalan Indonesia ini nampak disesalkan oleh semua punggawa Garuda Muda. Namun sebagai kapten, Rizky Ridho mengatakan bahwa semua proses yang dilalui akan mendewasakan dan ini tetap hasil yang membanggakan.

Timnas Indonesia U-23 harus menjalani babak playoff menuju fase gru Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga sepak bola usai saat melakoni laga perebutan tempat ketiga Indonesia kalah dari Iraq. Pada babak playoff yang dimainkan di hari Kamis (9/5/2024) malam waktu Indonesia, Tim Garuda Muda harus berhadapan dengan tim asal Afrika, yaitu Guinea. Semenjak laga dimulai, Guinea memang nampak lebih mendominasi, akan tetapi Indonesia yang tak bisa diperkuat dua pilarnya di lini belakang, yaitu Rizky Ridho dan Justin Hubner tetap bisa memberi perlawanan ketat.

Bahkan Indonesia pun memiliki banyak kans untuk menjungkalkan sang lawan. Namun sayang sekali memang akhirnya Indonesia masih harus kalah dengan skor tipis saja, yaitu 0-1. Satu-satunya gol kemenangan Guinea di laga kali ini lahir melalui eksekusi penalti eks pemain Barcelona dan RB Leipzig, yaitu Ilaix Moriba. Kemenangan ini membuat Guinea lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan mereka akan masuk Grup A bersama Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Sedangkan Indonesia gagal mengulang sejarah di mana sepak bolanya lolos ke Olimpiade setelah terakhir kali terjadi di tahun 1956 silam.

Harus Tetap Bangga

Kekalahan yang didapat Indonesia ini memang nampak membuat semua pemain Timnas Garuda Muda terpukul karena kecewa gagal membawa Indonesia ke Olimpiade. Akan tetapi Rizky Ridho sebagai kapten berusaha menghibur rekan rekannya, salah satunya ia lakukan melalui sebuah unggahan di sosial medianya, yang mana pemain dari klub Persija Jakarta tersebut memberikan kata-kata yang sangat memotivasi.

Pada unggahannya di akun sosial media resmi miliknya, Rizky menyampaikan bahwa perjuangan ini tetap membanggakan terlepas dari hasil akhir yang didapat. Ia pun meminta agar rekan rekannya tak berlarut larut merasakan kekecewaan karena perjuangan yang sudah ditunjukkan sudah sangat luar biasa. Rizky pun mengungkapkan rasa bangganya karena sudah bisa berjuang bersama-sama dengan rekannya.

Sayangnya memang Rizky Ridho sendiri tidak bisa bermain di pertandingan melawan Guinea kemarin karena sang defender muda andalan Indonesia tersebut sedang dalam hukuman atas kartu merah yang ia dapatkan saat babak semifinal melawan Uzbekistan. Selain Rizky, defender andalan Timnas lain yang tak bisa bermain adalah Justin Hubner yang tak diizinkan bergabung oleh klubnya saat ini, Cerezo Osaka.

Pernyataan Rizky Ridho

“Berbanggalah dengan semua proses yang sudah kamu lalui seama ini, hargai dirimu yang tak berhenti berusaha untuk menjadi lebih baik, dan ucapkan juga terima kasih pada dirimu yang sama sekali tidak pernah menyerah.” kata Rizky dalam caption postingan di unggahan Instagram resmi miliknya, Jumat (10/5/2024).

“Bangga sekali rasanya bisa berjuang bersama sama dengan kalian, kalian semuanya terbaik. Sehat dan sukses selalu untuk keluarga. Terima kasih juga untuk segala doa daan juga dukungan yang sama sekali tak pernah berhenti diberikan kepada kami.” tambahnya.