google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Konsumsi Kurma Secara Rutin Dapat Menyehatkan Kulit dan Tubuh

Manfaat Buah Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki kaitan erat dengan bulan suci Ramadhan. Tidak mengherankan jika setiap kali berbuka puasa, buah manis ini selalu dihidangkan. Konsumsi buah kurma rupanya memiliki manfaat sebab terdapat kandungan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan manusia, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Lantas, apa saja manfaat buah kurma ini dalam tubuh dan kulit manusia? Anda bisa mengikuti penjelasan lengkap kami di bawah ini.

Mengenal Kandungan Nutrisi Di Dalam Buah Kurma

Sebagai informasi tambahan, untuk bisa membedakan kurma yang masih segar dengan kurma dikeringkan ini bisa dilihat dari kondisi kulit budah tersebut. Jika kulit buah kurma ini tampak seperti berkerut, maka kurma tersebut sempat dikeringkan lama dikemas dengan baik.

Sementara itu, bila kulit buah kurma ini terlihat halus, maka ini termasuk dalam kurma segar. Anda tidak perlu khawatir, untuk masalah manfaatnya tidak memiliki perbedaan. Buah kurma bisa disesuaikan dengan selera Anda saja. Sebagian orang ada yang menyukai kurma dengan kondisi kering dikarenakan tidak mudah lengket di tangan.

Selain itu, untuk kandungan yang ada di dalam buah kurma ini memiliki begitu banyak nutrisi yang baik untuk tubuh manusia, di antaranya adalah :

  • Kalori sebesar 281 kcal per 100gr
  • Lemak total sekitar 0.03 gr
  • Karbohidrat total sebesar 5.33 gr
  • Serat sekitar 0.6 gr
  • Gula sebesar 4.5 gr
  • Protein sekitar 0.17 gr
  • Vitamin B6 sekitar  0.012 mg
  • Zat besi sekitar 0.07 mg
  • Magnesium sebesar 3 mg
  • Potassium sebesar 47 mg

Manfaat Konsumsi Kurma Untuk Kesehatan Kulit

Siapa yang tidak menginginkan kulit yang sehat dan cerah, hal ini bisa Anda peroleh dengan cara rutin konsumsi buah kurma. Selain itu, ada beberapa manfaat dari buah manis satu ini yang baik bagi kesehatan kulit, di antaranya adalah :

  • Mampu Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen ini merupakan sebuah protein penting yang dapat membentuk berbagai jaringan di dalam tubuh, termasuk di dalamnya adalah kulit. Pada saat produksi kolagen mengalami peningkatan, maka secara otomatis kesehatan kulit pun bakalan tetap terjaga dengan maksimal.

Salah satu cara supaya bisa meningkatkan produksi kolagen ini adalah dengan rutin mengonsumsi buah kurma. Hal ini dikarerakan buah kurma memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin D yang sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh manusia.

  • Mampu Menangkal Radikal Bebas

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan juga kandungan dari vitamin C dan vitamin D yang ada di dalam buah kurma ini mampu untuk membantu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan pada kulit. Gangguan kulit ini yang biasanya sering kali dirasakan seperti munculnya kerutan, garis – garus halus, tanda – tanda penuaan dini serta flek hitam di wajah.

Akan tetapi, dokter Devia juga memberikan saran untuk mengimbangi konsumsi buah kurma ini dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti halnya rutin berolahraga, rajin membersihkan wajah serta gunakan selalu skincare.

  • Dapat Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Melansir dari Voguem dr. Chiranjiv Chhabra, seorang dermatolog dari Skin Alive di India juga mengatakan bahwa buah kurma ini memiliki kandungan asama pantotenat. Zat asam pantotenat ini dapat memperbaiki kulit dari dalam dan juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersinar.

Buah kurma juga mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan kekuatan jaringan subkutan hingga bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

  • Dapat Melembutkan Kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E yang ada di dalam buah kurma ini diyakini dapat melembutkan tekstur kulit. Nantinya, buah kurma ini akan dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dijadikan sebagai masker wajah untuk membantu proses regenerasi kulit Anda.

Meskipun begitu, Anda harus tetap mengimbangi makan buah kurma ini dengan rutin melakukan eksfoliasi dan juga perawatan lainnya supaya tekstur kulit menjadi lembut maksimal.

  • Mampu Memperbaiki Tekstur Kulit

Tidak sedikit orang yang mempunyai tekstur kulit wajah yang kasar atau pun bruntusan. Akan tetapi jangan terlalu khawatir, memakan buah kurma juga bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk memperbaiki tekstur kulit wajah yang kasar.

Dokter devia Irine Putri juga menjelaskan, ‘’Vitamin B yang ada di dalam buah kurma ini mampu untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga bakal membuat kulit menjadi tampak lebih halus daripada sebelumnya.’’

  • Mampu Untuk Mencegah Penuaan

Hormone yang ada di dalam tubuh ini memiliki peran sangat penting untuk memicu munculnya berbagai tanda – tanda penuaan dini pada kulit. Ekstrak buah kurma diketahui mempunyai fitohormon yang akan menunjukkan efek antipenuaan secara signifikan.

Ekstrak buah kurma diyakini bisa untuk menghambat munculnya kerutan di wajah Anda. Akan tetapi, penelitian tentang berbagai manfaat buah kurma ini bisa mencegah penuaan masih dalam studi lebih lanjut lagi.

  • Mampu Meningkatkan Elastisitas Kulit

Adanya kandungan vitamin C dan vitamin D di dalam buah kurma ini rupanya mampu meningkatkan elastisitas kulit. Sementara itu, buah kurma juga dipercaya mampu untuk mengatasi masalah kulit seperti halnya ruam atau pun gatal – gatal.

Manfaat Konsumsi Buah Kurma Bagi Tubuh Manusia

Setelah Anda mengetahu berbagai macam khasiat dari buah kurma untuk kesehatan kulit manusia seperti di atas, ternyata buah khas bulan suci ramadhan satu ini juga sangat ampuh untuk membantu kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa daftar dari manfaat rutin mengonsumsi buah kurma bagi tubuh Anda.

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi Dan Kalori Di Dalam Tubuh

Dikarenakan kerap kali disajikan dengan buah yang cenderung kering, kadar kalori yang terkandung di dalam buah kurma ini juga relatif cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah – buahan yang lainnya. Ini juga hampir sama dengan buah ara dan kismis.

Sebagian besar dari kalori buah kurma ini datang dari karbohidratnya. Sedangkan untuk sisanya adalah kandung protein. Meskipun tinggi kalori, buah kurma juga mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh manusia.

  • Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat dari buah kurma selanjutnya adalah mampu untuk membantu melancarkan pencernaan. Banyak serat di dalam buah kurma sekitar 7 gram dalam posinya 3,5 ons, Anda tentu bisa memasukkan buah kurma ini ke dalam menu diet harian.

Serat yang ada di dalam buah kurma ini dapat mencegah konstipasi dan mampu membuat gerakan usus besar menjadi lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

  • Mampu Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat dari konsumsi buah kurma secara rutin setiap harinya adalah mampu mencegah dari berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti halnya penyakit kanker, jantung diabetes dan juga Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar antioksidan di dalam buah kurma.

  • Dapat Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal

Khusus untuk manfaat satu ini mungkin lebih digemari oleh para ibu hamil. Jika Anda mengonsumsi buah kurma ini setiap harinya dalam beberapa minggu terakhir sebelum persalinan, hal tersebut dapat membantu melancarkan persalinan normal.

Adapun efek yang akan muncul dari buah satu ini adalah leher Rahim bakalan melebar sehinggi induksi tidak diperlukan lagi. Bahkan dengan memakan buah kurma setiap harinya sebelum melahirkan bisa mengurangi waktu bersalin.

  • Mampu Membuat Stabil Gula Darah Dan Pengganti Gula yang Sehat

Dengan rasa buah kurma yang cenderung manis, buah ini ternyata dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Selain itu juga, buah ini kaya akan serat, nutrisi dan juga antioksidan yang baik bagi tubuh manusia.

Meskipun masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi, buah kurma ini dipercaya dapat juga memperbaiki kesehatan tulang serta membantu mengatur gula darah dalam tubuh.

  • Menu Tambahan Untuk Diet

Buah kurma ini bisa dijadikan sebagai makanan langsung atau bisa juga dikombinasikan dengan makanan sehat yang lainnya, seperti halnya keju, kacang almond, oatmeal, smoothies hingga bisa dimasukkan ke dalam adonan biscuit.

Akan tetapi, dikarenakan kalori buah kurma yang cukup tinggi, tidak perlu menambahkan terlalu banyak bahan makanan yang lainnya.

  • Mampu Menggantikan Elektrolit Tubuh Yang Telah Hilang

Bukan hanya air kelapa saja yang mampu membantu elektrolit tubuh yang hilang, buah kurma juga bisa lho. Dengan adanya kadar potassium yang tinggi, yakni salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma ini bermanfaat sekali untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot di dalam tubuh.

  • Dapat Melindingi Tubuh Dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, tubuh akan membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya adalah polifenol. Buah kurma ini kaya akan polifenol dibandingkan dengan buah yang lainnya.

  • Dapat Meningkatkan Kesuburan

Bukan hanya bisa untuk memperlancarkan persalinan normal saja, manfaat dari buah kurma ini pasti disukai oleh pasangan suami istri adalah mampu untuk meningkatkan kesuburan, baik untuk wanita maupun pria. Ini semua berkat adanya kandungan asam amino dan seng.

Di Timur Tengah, serbuk sari dari kurma ini bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, terutama bagi kaum laki – laki. Biji dan serbuk sari kurma juga mempunyai senyawa yang bekerja seperti halnya hormone pada reproduksi pria dan wanita.

  • Mampu Mencegah Anemi

Manfaat dari buah kurma yang terahir ini adalah bisa mengatasi anemia yang mengakibatkan mudah lelah dan pucat. Dengan konsumsi buah kurma setiap hari, kandungan zat besi akan mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Itu beberapa manfaat dari konsumi buah kurma untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat pula mempercantik kulit.